Tips

Jangan Bingung, Begini Cara Menghitung Berat Badan Ideal Yang Tepat 

Cara menghitung berat badan ideal yang paling mudah yaitu dengan menggunakan rumus berat badan ideal yang ditemukan oleh seorang dokter bedah Prancis yang bernama Pierre Paul Broca. Rumus yang dikemukakan oleh Broca ini membedakan cara perhitungan antara pria dan wanita. Hal ini dikarenakan antara pria dan wanita memiliki komposisi tubuh yang berbeda. Pada dasarnya, berat badan ideal adalah berat badan yang dianggap paling menyehatkan bagi seseorang dengan mengacu pada tinggi badannya atau bisa dibilang, berat badan inilah yang akan memberikan angka harapan hidup paling tinggi bagi seseorang. Walaupun tinggi badan merupakan patokan utama, perlu juga dipertimbangkan sejumlah faktor lainnya seperti jenis kelamin, usia, bentuk tubuh, dan massa otot. Memiliki dan menghitung berat badan ideal tentu penting sebagai upaya untuk mempertahankan kesehatan secara keseluruhan. Hal ini juga menjadi salah satu cara untuk mencegah dan mengendalikan berbagai penyakit. Berat badan berlebih dapat meningkatkan risiko terkena penyakit serius seperti jantung, tekanan darah tinggi, dan diabetes melitus. Sementara itu, memiliki berat badan yang terlalu rendah juga bisa menimbulkan berbagai penyakit seperti anemia, osteoporosis, dan gangguan pertumbuhan. Berat badan ideal tidak ditunjukkan dengan seberapa ramping tubuhmu karena nilainya berbeda untuk setiap orang. Misalnya saja, seseorang dengan tinggi badan 150 cm tentunya mempunyai berat badan ideal yang berbeda dengan orang yang tinggi badannya 170 cm. Penasaran mau tahu bagaimana cara menghitung berat badan ideal yang tepat? Simak terus penjelasannya disini ya.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal

1. Rumus Broca

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghitung berat badan ideal yaitu dengan menggunakan rumus Broca. Broca membedakan cara perhitungan berat badan ideal antara pria dan wanita karena perbedaan komposisi tubuh, dimana pria mempunyai massa otot lebih banyak daripada wanita. Dan wanita cenderung lebih mempunyai lemak lebih tinggi. Berikut rumus yang dikemukakan Broca untuk menghitung berat badan ideal:

Pria : Berat badan ideal (kg)= (tinggi badan (cm)-100) – tinggi badan (cm)-100)x10%)

Wanita : Berat badan ideal (kg)= (tinggi badan (cm)-100) – tinggi badan (cm)-100)x15%)  

Contoh: Jika kamu adalah wanita yang memiliki tinggi badan 158 cm maka berat badan ideal kamu adalah 58 – 8,7 = 49,3 kg. 

Jika kamu adalah seorang pria yang memiliki tinggi badan 170 cm maka berat badan ideal kamu adalah 70 – 7 = 63 kg

2. Kalkulator BMI (Body Mass Index)

Body Mass Index yang dalam bahasa indonesia berarti Indeks Massa Tubuh adalah cara menghitung berat badan ideal berdasarkan tinggi dan berat tubuh. Berbeda dengan cara menghitung berat badan ideal dengan rumus Broca yang membedakan perhitungan pria dan wanita, pembeda metode hitung BMI disini yaitu berdasarkan usia. Untuk mengukur BMI, kamu perlu membagi berat badan (dalam kilogram) dengan tinggi badan kuadrat (dalam meter). Hasil pengukuran BMI dapat menunjukkan apakah berat badan kamu berada pada rentang ideal atau tidak. Berikut rumus untuk menghitung BMI :

BMI =            Berat badan (kg)

Tinggi badan (m) x tinggi badan (m)

Setelah menghitung BMI, maka kamu dapat melihat apakah berat badanmu tergolong ideal berdasarkan kategori berikut ini (satuan kg/m2)

Kurus : BMI < 18,5

Normal : 18,5-22,9

Overweight : 23-27,5

Obesitas : MBI > 27,5

Contoh: kamu mempunyai tinggi badan 160 cm dan berat badan 55 kg. Dengan menggunakan rumus tersebut maka BMI kamu adalah 21,48 kg/m2. Ini berarti MBI kamu tergolong normal dan berat badanmu berada pada rentang ideal. 

Baca juga: Ga Pede Karena Terlalu Kurus? Ini Dia Rekomendasi Susu Penambah Berat Badan Terbaik

Rahasia Mendapatkan Berat Badan Ideal

Tidak hanya menghitung berat badan ideal saja yang penting, cara mendapatkan dan menjaga berat badan agar tetap ideal juga tidak kalah pentingnya. Kamu tidak harus membatasi asupan makanan secara berlebihan karena hal tersebut dapat menimbulkan dampak yang buruk bagi kesehatan. yang harus menjadi perhatian yaitu energi yang masuk ke tubuh dan yang keluar dari tubuh. Jika kamu perlu menurunkan berat badan demi mencapai berat badan ideal, itu artinya energi yang keluar dari tubuh harus lebih besar daripada energi yang masuk ke dalam tubuh. Begitu juga sebaliknya. Berikut beberapa rahasia untuk mendapatkan berat badan ideal yang perlu kamu ketahui:

1. Atur Porsi Makan

Aturlah porsi makanmu sesuai dengan kebutuhanmu. Kurangi secara perlahan jika kamu perlu menurunkan berat badan dan tambah jika kamu perlu menambah berat badan. Jika perlu, tambahkan cemilan guna menambah asupan energi harian

2. Konsisten Dalam Menjalankan Pola Makan

Berat badan akan menjadi tidak stabil jika tidak konsisten menjalani pola makan. Oleh karena itu, buatlah menu selama satu minggu kedepan termasuk saat kamu akan bepergian agar pola makan tidak berubah sekalipun kegiatan berubah

3. Jangan Lewatkan Sarapan

Kebanyakan orang melewatkan sarapan demi menurunkan berat badan. faktanya, sarapan tidak hanya memberikan energi bagi tubuh tetapi juga mencegah keinginan untuk makan secara berlebihan pada waktu siang dan sore hari

4. Konsumsi Sayur Dan Buah

Mengkonsumsi sayur dan buah sama pentingnya untuk menambah maupun menurunkan berat badan. Keduanya mengandung serat yang membuat tubuh merasa kenyang lebih lama, melancarkan pencernaan, mengontrol gula darah dan kolesterol, dan juga melindungi tubuh dari berbagai penyakit

5. Konsumsi Makanan Alami

Menambah berat badan bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan junk food. Tapi, makanan tersebut minim zat gizi bermanfaat seperti karbohidrat, protein, dan vitamin

6. Rutin Olahraga

Olahraga membantu membakar kalori bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan. Namun, untuk kamu yang ingin menambah berat badan dengan berolahraga dapat membangun massa otot. Pastikan rutin berolahraga minimal 30 menit setiap hari. 

Baca juga: Rekomendasi Menu Diet DEBM Seminggu untuk Kamu Coba

Nah, itu dia tadi penjelasan mengenai cara menghitung berat badan ideal dan rahasia mendapatkan berat badan ideal. Untuk mendapatkan berat badan ideal tidaklah mudah, diperlukan pengorbanan yang tidak sedikit seperti misalnya pengorbanan waktu untuk berolahraga, pengorbanan untuk membeli makanan sehat dan lain sebagainya. Untuk kamu yang baru ingin memulai untuk mendapatkan berat badan ideal, kamu bisa berbelanja aneka sayuran dan buah-buahan segar untuk persediaan di rumah di AlloFresh. Di AlloFresh, tidak hanya menyediakan sayuran dan buah-buahan saja, kamu juga bisa berbelanja kebutuhan harian dan bulanan lainnya seperti susu, gula, teh, kopi, sirup, dan lain sebaginya. Cara belanjanya mudah, cukup download aplikasi AlloFresh di hp kamu lalu pilih barang yang ingin dibeli misalnya buah apel kemudian lakukan pembayaran selanjutnya tinggal tunggu barangnya sampai di rumah kurang lebih sekitar 2 jam. Mudah dan praktis bukan? Belanja  di AlloFresh ada banyak promo dan potongan harganya juga lho. Jadi, tunggu apalagi. Yuk buruan belanja stok buah dan sayur untuk mendapatkan berat badan yang ideal di AlloFresh sekarang sebelum kehabisan!

download allofesh

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button