Tips

3 Cara Merebus Telur Setengah Matang, Modal Alat Seadanya!

Cara merebus telur setengah matang memang memerlukan trik tersendiri agar dapat mendapatkan tingkat kematangan yang kita inginkan. Bisa dibilang, untuk membuat telur rebus setengah matang itu susah untuk sebagian kalangan. Tenang aja, kamu tidak sendiri kok!

Tidak sedikit orang-orang yang kesulitan untuk membuat telur setengah matang. Mungkin, kamu juga termasuk yang kalau membuat telur setengah matang dengan mengandalkan feeling aja. Padahal, cara merebus telur yang bisa kamu pelajari lho!

Nah, kalau kamu masih membuatnya dengan menggunakan feeling, nah kali ini AlloFresh akan kasih kamu beberapa cara merebus telur setengah matang yang mudah untuk diikuti.

Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Cara Merebus Telur Setengah Matang
Cara Merebus Telur Setengah Matang

Beberapa Cara Merebus Telur Setengah Matang yang bisa Kamu Ikuti

Di sini, kami akan memberikan tiga variasi cara merebus telur setengah matang yang bisa kamu lakukan dengan bermodalkan alat seadanya yang ada di dapur kamu!

1. Cara Merebus Telur Setengah Matang Metode Cold Start

Alat dan Bahan:

  • Telur secukupnya
  • Air dingin
  • Panci rebus
  • Jarum peniti, pin, atau benda lainnya yang memiliki ujung tajam
  • Timer atau stopwatch

Langkah-Langkah:

  1. Cuci telur hingga bersih.
  2. Tusuk ujung telur dengan menggunakan jarum dengan perlahan agar tidak retak. Perhatikan untuk tidak menusuk telur hingga terlalu dalam. Hal ini untuk mencegah putih telur bocor ke lubang yang kamu buat tersebut.
  3. Rendam telur ke dalam air dingin. Pastikan semua sisi telur terendam air ya. Kalau kamu merebus telur dalam jumlah yang banyak, gunakan panci yang lebih besar. Penggunaan panci yang besar dapat memperlambat tingkat perebusan sehingga telur tidak cepat matang.
  4. Rebus telur dengan api sedang hingga tinggi. Nah, tetap biarkan panci dalam keadaan terbuka ya agar tidak cepat matang. 
  5. Setelah kamu melihat air mulai menunjukkan tanda-tanda mendidih, seperti muncul buih-buih dengan cepat, matikan kompor dan mulai ambil timermu.
  6. Kemudian, kamu bisa merebus telur sesuai tingkat kematangan yang kamu inginkan. Cara merebus telur setengah matang dapat dilakukan dalam durasi rebus tertentu, misalnya:
    • Dua menit: bagian kuning telur masih mentah/cair dan putih telur masih lembut sekali.
    • Empat menit: bagian kuning telur lebih kental dan putih telur bertekstur lebih padat.
    • Enam menit: kedua bagian kuning dan putih telur lebih padat.
    • Delapan menit: kuning telur sudah benar-benar mengeras dan putih telur yang lebih padat.

Untuk mendapatkan kematangan setengah, ada baiknya kamu mengikuti cara merebus telur setengah matang di atas dan merebusnya dalam durasi 2-4 menit.

Baca juga: Rekomendasi Menu Diet DEBM Seminggu untuk Kamu Coba

2. Cara Merebus Telur Setengah Matang Metode Hot Start

Alat dan Bahan:

  • Telur secukupnya
  • Air secukupnya
  • Panci rebus
  • Timer atau stopwatch
  • Sendok sayur

Langkah-Langkah:

  1. Berbeda dengan metode sebelumnya, cara merebus telur yang ini mengharuskanmu untuk memanaskan air terlebih dahulu.
  2. Rebus air tersebut hingga mendidih. Lalu, turunkan api ke tingkat kecil. Jangan sampai mematikan kompor, tapi tetap biarkan menyala dan api mendidih juga.
  3. Masukkan telur satu per satu dengan bantuan alat, seperti sendok sayur agar tanganmu tidak kepanasan.
  4. Siapkan timer untuk memantau durasi rebus telur.
  5. Rebus telur sesuai dengan tingkat kematangan setengah matang yang kamu inginkan. Nah, ada perbedaan durasi juga dalam cara merebus telur setengah matang dengan metode hot start. Durasi tersebut antara lain:
    • Lima menit: bagian kuning telur masih cair dan bagian putih telur sudah lebih padat
    • Enam menit: bagian kuning telur lebih kental dan bagian putih telur jauh lebih padat
    • Tujuh menit: Kedua bagian telur akan lebih padat.

3. Cara Merebus Telur Setengah Matang untuk Poached Egg

Alat dan Bahan:

  • Telur secukupnya
  • Kecap asin (soy sauce)
  • Garam
  • Air secukupnya
  • Cuka makan
  • Lada hitam
  • Panci rebus

Langkah-Langkah:

  1. Rebus air terlebih dahulu. Lalu, masukkan satu sdm cuka makan dan garam secukupnya.
  2. Kalau air sudah mendidih, kecilkan api kompor tapi jangan sampai kompor mati ya.
  3. Nah, berbeda dengan kedua cara merebus telur setengah matang sebelumnya, masukkan telur dengan memecahkan cangkangnya secara perlahan agar bagian kuning telur tidak meluber. Agar lebih aman, kamu bisa pecahkan telur terlebih dahulu di mangkuk.
  4. Rebus 2-5 menit atau hingga poached egg mengambang dan bisa diangkat.
  5. Sajikan poached egg di atas nasi panas dan taburkan lada hitam untuk menambah rasa yang lebih sedap.

Gimana? Mudah untuk diikuti bukan tips di atas? Eits, tidak hanya enak untuk disantap, ternyata mengkonsumsi telur setengah matang juga dapat mengandung beberapa khasiat baik untuk manusia lho!

Manfaat Telur Setengah Matang
Manfaat Telur Setengah Matang

Manfaat Mengkonsumsi Telur Setengah Matang

Adapun kalau dimasak dengan mengikuti cara yang benar, telur setengah matang dapat menyerap nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh kita lho. Berikut ini adalah beberapa daftar manfaatnya!

1. Sehat untuk Jantung

Salah satu zat yang terkandung dalam telur setengah matang adalah kolin. Nah, kolin ini memiliki peran yang dapat menyehatkan jantung manusia lho. Jadi, telur setengah matang bisa jadi pilihan konsumsi sehat untuk mencegahmu dari risiko penyakit jantung.

Baca juga: Membuat Camilan Untuk Diet Dengan Rasa yang Enak Tapi Tetap Sehat

2. Baik untuk Kesehatan Mata

Kandungan nutrisi lain yang terkandung dalam telur setengah matang adalah vitamin A dan zat antioksidan, seperti lutein dan zeaxanthin. Vitamin A dapat memelihara kesehatan mata. 

Sedangkan, zat antioksidan tersebut dapat membantu tubuh untuk melawan radikal bebas dari penyakit mata, misalnya seperti penyakit mata yang disebabkan oleh degenerasi sel. Zat antioksidan ini juga berkhasiat untuk bikin kamu awet muda lho!

3. Membentuk Massa Otot

Sering melihat atlet atau binaragawan mengkonsumsi telur rebus? Nah, itu tentu bukan alasan lho. Pasalnya, telur rebus setengah matang mengandung protein, amino acid, dan lemak tak jenuh yang lebih banyak dari pada lemak jenuh lho.

Jadi, telur rebus setengah matang bisa jadi opsi buatmu yang ingin membentuk otot tubuhmu!

4. Membantu Penanganan Anemia

Telur rebus setengah matang juga mengandung vitamin B12. Nah, vitamin B12 adalah vitamin yang bermanfaat untuk mencegah sekaligus digunakan untuk penanganan penyakit anemia. Anemia sendiri adalah penyakit kekurangan sel darah merah.

5. Memperkuat Metabolisme Tubuh

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, telur rebus setengah matang mengandung amino acid. Amino acid adalah zat yang dapat meningkatkan metabolisme tubuhmu. Kalau metabolisme tubuhmu rendah, terdapat kemungkinan kamu bisa merasakan mudah cepat lelah.

Jadi, kandungan amino acid ini dapat memberikanmu energi yang lebih tahan lama dan juga dapat memperbaiki metabolisme tubuhmu lho!

Yap, itulah manfaat kalau kamu mengkonsumsi telur rebus setengah matang. Tidak hanya cara merebus telur setengah matang di atas yang mudah untuk kamu praktikkan sendiri di rumah, dengan mengkonsumsinya tubuhmu dapat mendapatkan segudang manfaat baik!
Tentu aja kalau kamu ingin membeli telur ayam dengan kualitas bagus dan cepat, kamu bisa membelinya di aplikasi AlloFresh! Selain telur ayam, kamu bisa menemukan bahan makanan sehat lainnya yang fresh! Yuk, coba pakai dan download AlloFresh sekarang!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button