Inspirasi

Makanan yang Cocok untuk Dikonsumsi Pasca Operasi Caesar

Bagi kamu yang mengalami atau mempunyai istri yang baru melahirkan secara caesar, ada beberapa makanan yang cepat menyembuhkan luka caesar. Selain perawatan yang baik, ternyata ada juga makanan yang cepat menyembuhkan luka caesar. Oleh karena itu, mari kita simak apa saja makanan yang bagus untuk kamu konsumsi pasca operasi caesar.

Melahirkan tidak pernah mudah bagaimanapun prosesnya. Selama 9 bulan hidup dengan seseorang di dalam perut juga tidak kalah sulitnya. Saat itu, ibu yang mengandung tidak hanya harus menjaga kesehatan dirinya, tapi juga kesehatan bayinya. Begitu juga nutrisi. Nutrisi ibu dan anak harus terpenuhi.

Karena itu, biasanya makanan saat hamil seorang ibu harus dijaga agar saat lahir nanti terpenuhi kebutuhan gizi anaknya. Begitu pula saat menyusui dan bertumbuh kembang nantinya. Makanan selalu menjadi bagian penting dari ibu dan anak. Tapi ternyata, saat baru selesai proses melahirkan, tepatnya melalui proses caesar makanan bisa jadi penting.

Makanan Pasca Operasi Caesar

1. Telur

telur makanan pasca melahirkan

Setelah melahirkan, ibu tersebut membutuhkan protein sebagai makanan yang cepat menyembuhkan luka caesar. Hal tersebut terdapat dari telur, jadi tidak heran jika pada ibu yang baru melahirkan caesar, akan disarankan untuk memakan telur. Telur mampu mempercepat proses penyembuhan luka.

Apalagi penyajian telur terbilang cukup mudah dan murah. Seorang suami bisa menyajikannya dengan berbagai bentuk juga agar tidak bosan. Telur bisa disajikan sebagai telur ceplok, telur dadar, telur rebus, maupun omelet. Telur dipercaya dapat membantu ketahanan tubuh seorang ibu pasca melahirkan.

2. Sayuran Baik Untuk Menyembuhkan Luka Caesar

Makanan lain yang cepat menyembuhkan luka caesar adalah sayuran. Sayuran yang merupakan makanan dengan nutrisi yang baik untuk tubuh, ternyata bagus untuk ibu pasca melahirkan caesar. Tepatnya adalah sayuran berdaun hijau. Apalagi sayuran cenderung murah dan mudah untuk dimasak.

Sayuran seperti kangkung atau bayam, mengandung vitamin c yang dapat membantu luka pasca operasi caesar seorang ibu menjadi cepat pulih. Selain itu, kandungan lain seperti mangan, magnesium dan asam folat juga dapat membantu untuk memulihkan imunitas serta kekebalan tubuh yang sempat menurun.

Baca juga: Sayuran Baby Kailan, Sayuran Sehat Kaya Manfaat

3. Buah-Buahan Untuk Menyembuhkan Luka Caesar

makanan pasca caesar

Masih dari makanan 4 sehat 5 sempurna. Buah-buahan merupakan salah satu makanan yang cepat menyembuhkan luka caesar. Buah-buahan adalah makanan yang banyak mengandung vitamin serta nutrisi lainnya yang dipercaya baik untuk bermacam-macam penyakit dan ketahanan tubuh.

Salah satu manfaat buah-buahan pada ibu melahirkan adalah mengatasi sembelit. Pasca melahirkan dengan operasi caesar, seorang ibu cenderung mengalami efek samping seperti sembelit. Selain sakit, sembelit juga dapat memperlambat penyembuhan luka tersebut. Buah-buahan dapat mengatasi hal tersebut, terutama buah-buahan yang kaya serat. 

Selain itu beberapa buah-buahan mengandung vitamin C dan D yang dapat membantu ibu meningkatkan imun tubuh serta kalsium. Buah-buahan juga memperlancar sistem pencernaan sehingga ibu tersebut terhindar dari sembelit.

Baca juga: Daftar Buah Yang Baik Dikonsumsi Pasca Operasi Caesar

4. Makanan Pasca Caesar: Sup

Sup adalah salah satu makanan yang cepat menyembuhkan luka caesar. Sup yang dimaksud juga sebaiknya adalah sup bening. Selain berisi sayuran, sup tersebut juga dapat berisi potongan daging ataupun ayam. Hal tersebut karena pasca melahirkan, seorang ibu akan mengeluarkan banyak keringat dan akan mudah dehidrasi.

Selain minum air putih, sup juga akan membantu ibu mendapatkan cairan yang dibutuhkan sehingga tidak mengalami dehidrasi. Sup juga membantu untuk menghindari konstipasi yang dapat dialami dan berdampak tidak baik bagi luka pasca operasi. Sup untuk ibu pasca operasi caesa juga bisa kamu tambahkan garam agar terasa asin.

5. Daging Ayam

Ternyata daging ayam juga bisa berperan penting sebagai makanan yang cepat menyembuhkan luka caesar. Makanan yang kerap dimakan dalam hidangan sehari-hari ini ternyata mempunyai kandungan seperti protein dan asam amino yang cukup penting untuk proses penyembuhan.
Kandungan asam amino seperti arganine dan glutamine ternyata dapat meningkatkan sel tubuh pasca mengalami luka. Selain itu, kandungan tersebut juga merangsang kolagen untuk membantu percepatan penyembuhan luka tersebut.

6. Ikan

nutrisi ibu habis melahirkan

Seorang ibu membutuhkan banyak protein pasca melahirkan caesar. Tidak heran jika ikan menjadi salah satu makanan yang cepat menyembuhkan luka caesar. Ikan seperti salmon dapat membantu seorang ibu pasca melahirkan termasuk dalam mengatasi masalah luka pasca operasi caesar.

Selain protein, ikan mengandung zat besi dan omega-3 yang baik nutrisinya untuk seorang ibu apalagi ibu menyusui. Jika dalam keadaan normal saja ikan sudah sangat membantu nutrisi dan gizi yang dibutuhkan, saat dalam keadaan pasca melahirkan daging ikan akan sangat membantu proses penyembuhan.

Baca juga: 12 Ciri-Ciri Ikan Segar, Sehat, dan Siap untuk Dimasak

7. Daging Sapi

Selain daging ikan, daging sapi juga ternyata adalah makanan yang cepat menyembuhkan luka caesar. Daging sapi sendiri kaya akan protein yang merupakan nutrisi penting untuk tubuh seorang ibu pasca melahirkan dengan operasi caesar. Akan lebih baik lagi jika daging sapi yang disantap merupakan daging sapi tanpa lemak.

Masakan daging sapi juga tidak perlu rumit. Potongan daging sapi dalam sup atau potongan dendeng sudah cukup bagi seorang ibu tersebut. Namun, pastikan makanan tersebut tidak pedas. Makanan yang pedas dapat menyebabkan perut menjadi konstipasi dan sembelit yang akan berakibat buruk bagi luka operasi caesar tersebut.

8. Yogurt

Yogurt adalah contoh lain makanan yang cepat menyembuhkan luka caesar. Hal tersebut dikarenakan ibu dengan luka tersebut akan membutuhkan asupan kalsium yang cukup. Kalsium sendiri bisa kamu dapatkan dari yogurt ataupun susu. Kalsium dapat membantu seorang ibu untuk memulihkan luka tersebut lebih cepat. Kandungan kalsium dan zat besi pada yogurt baik juga untuk nutrisi pada ibu yang sedang menyusui.

9. Kerang-Kerangan

Seperti daging ikan, kerang-kerangan adalah makanan yang cepat menyembuhkan luka caesar. Salah satu contoh makanan kerang-kerangan yang dimaksud adalah tiram. Tiram sendiri mengandung nutrisi seperti zinc yang bagus untuk luka pasca caesar dan juga ketahanan tubuh ibu tersebut.

10. Oatmeal

Makanan yang cepat menyembuhkan luka caesar lainnya adalah oatmeal. Oatmeal sendiri adalah makanan yang penyajiannya cukup mudah untuk disajikan. Apalagi, oatmeal mengandung karbohidrat yang dibutuhkan seorang ibu pasca proses operasi untuk penyembuhan luka caesar.

Oatmeal juga dapat membantu seorang ibu yang kerap mengalami konstipasi. Konstipasi sendiri cukup sering terjadi karena perubahan hormon yang dialami seorang ibu pasca melahirkan. Oatmeal tersebut juga bisa disajikan dengan susu rendah lemak serta buah bervitamin sehingga akan bertambah kebaikannya untuk tubuh. 

Baca juga: Membuat Camilan Untuk Diet Dengan Rasa yang Enak Tapi Tetap Sehat

Demikian adalah penjelasan singkat mengenai makanan yang cepat menyembuhkan luka caesar serta nutrisi yang dibutuhkan. Pasca melahirkan dan masa menyusui, seorang ibu masih tetap harus menjaga nutrisi dari makanan yang dikonsumsi. Hal tersebut dengan harapan agar proses pemulihan cepat dan proses perkembangan bayi semakin baik.

Kamu dapat menggunakan AlloFresh untuk membantumu dalam membeli bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat makanan tersebut. Bahan-bahan yang ada dijamin segar dan dikemas dengan baik. Tinggal pesan secara online, bisa sampai di depan rumah kamu. Cobain sendiri nyamannya pakai AlloFresh!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button