Inspirasi

12 Ciri-Ciri Ikan Segar, Sehat, dan Siap untuk Dimasak

Bagaimana ciri-ciri ikan segar saat kamu sedang membeli ikan di pasar atau swalayan? Mengetahui mana ikan segar, sehat, dan siap dimasak sangat penting untuk kamu pahami terlebih bagi kamu yang akan memasak menggunakan ikan.

Selain memberikan dampak yang baik bagi kesehatan dan terhindar dari keracunan, ikan yang segar juga bisa memberi kamu kandungan nutrisi secara optimal. 

Meski bisa terlihat segar secara fisik dan sekilas mata, sebaiknya kamu perhatikan dahulu ciri-ciri ikan segar ala AlloFresh di bawah agar tidak salah pilih ikan saat kamu membelinya.

1. Insang Memiliki Warna Merah dan Tekstur Basah

Salah satu cara mengetahui ciri-ciri ikan segar bisa telihat dari warna dan tekstur insang ikan. Jika warna insang sedikit kemerahan dan memiliki bau yang segar maka ikan tersebut merupakan ikan segar. Warna kemerahan tersebut juga bisa mirip dengan warna darah segar. Insang ikan segar juga bisa memiliki tekstur yang basah.

Sementara ikan yang tidak segar dan tidak siap dimasak akan memiliki insang dengan warna cokelat atau keabu-abuan. Jangan ragu untuk mengecek warna insang sebelum membeli ikan.

2. Mata Ikan Cerah dan Jernih

 Ciri-ciri ikan segar kedua yaitu dari matanya. Mata ikan segar terlihat seperti melotot, cerah, jernih, tidak kusam, dan lebih menonjol. Sementara ikan yang tidak segar terlihat seperti berbentuk cekung ke dalam, keruh, dan memiliki warna merah. 

Namun, ciri satu ini tidak berlaku untuk semua ikan karena terdapat beberapa ikan yang memang mempunyai mata yang kusam seperti ikan lele.

Baca juga: Resep Gurame Asam Manis Pedas Mudah untuk Menu Rumahan

3. Ikan Berlendir Bening

Ciri-ciri ikan segar yang ketiga yaitu bagian lendir dari ikan itu sendiri. Saat kamu melihat ikan dan ikan tersebut mempunyai badan dengan lendir yang bening maka ikan tersebut merupakan ikan segar, sehat, dan siap untuk dimasak.

Akan tetapi, apabila ikan yang kamu lihat mempunyai lendir yang menutupi insang maka ikan tersebut tidak segar dan tidak sehat untuk dimasak. Selain itu, lendir pada insang juga cencerung berwarna kusam dan gelap. Hal ini menandakan bahwa ikan sedang mengalami pembusukan.

4. Tidak Berbau Aneh

Ciri-ciri ikan segar selanjutnya yaitu bau ikan. Ikan yang segar mempunyai bau yang wajar seperti bau laut. Sementara ikan tidak segar akan mempunyai bau amis yang berlebihan.

Bau ikan ini biasanya terjadi karena proses saluran pencernaan ikan memiliki kandungan enzim. Jika ikan mati, enzim ini membantu bakteri untuk menembus dinding lambung sehingga daging ikan akan membusuk lalu mengeluarkan bau amis yang cukup menyengat.

5. Daging Ikan Padat, Kenyal, dan Elastis

Selain hal-hal yang terlihat secara fisik, kali ini kamu bisa menekan-nekan tubuh ikan untuk mengetahui apakah ikan yang akan kamu beli memiliki ciri-ciri ikan segar, sehat, dan siap untuk dimasak atau tidak.

Pastikan kamu mencoba untuk menekan tubuh ikan dan merasakan bahwa ikan terasa kenyal atau tidak lembek. Kamu juga bisa menekan tubuh ikan hanya dengan satu jari kamu. Setelah menekan, ikan segar tidak akan memberi bekas pada bagian yang telah kamu tekan dengan satu jari kamu.

Sementara jika kamu menekan ikan dengan satu jari dan melihat ada bekas tekanan pada tubuh ikan maka kemungkinan besar ikan tersebut sedang mengalami pembusukan. Dengan kata lain, ikan yang segar akan kembali ke bentuk semula setelah kamu tekan-tekan.

6. Ekor Ikan Keras dan Kaku 

Apakah ciri-ciri ikan segar bisa dilihat dari ekornya? Tentu bisa. Ikan segar dan sehat biasanya memiliki ekor yang keras dan kaku saat kamu pegang.

Selain keras dan kaku, warna ekor ikan segar juga biasanya memiliki warna yang tidak jauh berbeda dengan warna daging tubuh ikan. Tentu terlihat cerah dan tidak kusam.

Sementara itu, ikan yang sudah busuk mempunyai warna coklat atau keabu-abuan dan ekornya terlihat tidak bagus.

Baca juga: Cara Menyimpan Ikan Di Kulkas yang Aman Dan Tidak Berbau

7. Sisik yang Rapat

Kamu juga bisa memerhatikan ciri-ciri ikan segar dari sisik yang ada pada ikan. Saat kamu melihat ikan dengan sisik yang rapat dan menempel kuat pada tubuh ikan maka ikan tersebut merupakan ikan segar.

Begitu pun sebaliknya, jika sisik tidak terlihat rapat dan menempel pada tubuh ikan maka ikan tersebut tidak segar dan tidak sehat untuk dimasak. Bahkan, sisik ikan tidak segar mudah lepas atau terlepas dengan sendirinya.

8. Perut yang Elastis

Ciri-ciri ikan segar selanjutnya yang bisa kamu lakukan yaitu dengan meraba bagian perut ikan. Ikan yang segar memiliki perut yang seperti elastis dan tidak keras jika kamu raba. Elastisitas pada perut ikan menandakan bahwa ikan siap dimasak.

Sementara jika kamu menemukan benjolan atau gumpalan yang mencurigakan, bergelembung dan lembek, atau ikan mengeluarkan isian perut saat diraba, sangat memiliki kemungkinan besar kalau ikan sudah tidak segar.

9. Mulut yang Tertutup

Kamu juga bisa mengetahui ciri-ciri ikan segar dari bagian mulutnya. Jika mulut ikan seperti akan tertutup dan tidak menganga maka ikan tersebut segar. Sebaliknya, jika mulit ikan terbuka maka ikan bisa dikatakan tidak terlalu segar. 

10. Tenggelam di Air

Kamu juga bisa mencoba untuk menenggelamkan ikan yang sudah mati di air untuk mengetahui apakah ikan tersebut memiliki ciri-ciri ikan segar atau tidak.

Apabila kamu sudah menenggelamkan ikan di air dan ikan tersebut tenggelam maka ikan tersebut ikan segar, sedangkan apabila kamu melakukannya dan ikan mengapung maka ikan sedang mengalami pembusukan.

11. Tidak Awet

Selain beberapa hal di atas, kamu juga harus tahu bawah ciri-ciri ikan segar itu tidak awet, tidak tahan lama, dan cukup mudah mengalami pembusukan. Berapa lama? Tidak lebih dari 7 hari saat kamu melakukan penyimpanan ikan di freezer

Oleh karena itu, meski terlihat bagus, sebaiknya hindari memasak ikan yang sudah disimpan lebih dari 7 hari di freezer

Baca juga: 7 Manfaat Ikan Gindara dan Resep Mudah Mengolahnya!

12. Dubur Ikan Pucat

Ciri-ciri ikan segar terakhir yaitu warna dubur ikan. Dubur pada ikan segar pada umumnya cenderung berwarna merah jambu dan terlihat pucat, sedangkan ikan tidak segar memiliki dubur sedikit berwarna dan seperti menonjol keluar.

Hal ini disebabkan enzim-enzim pada tubuh ikan yang tidak bekerja dan terpapar suhu maupun udara ruangans sehingga partikel radikal bebas seperti polusi dapat masuk ke daging. Perubahan ini pun membuat ikan membusuk dan menyebabkan warna dubur yang juga alami perubahan.

Demikian beberapa ciri-ciri ikan segar yang bisa kamu ketahui sebelum kamu membeli ikan di pasar atau swalayan. Kamu juga bisa kok membeli ikan segar, sehat, dan siap dimasak dengan mengandalkan aplikasi AlloFresh

Selain kualitas ikan yang berkualitas dan bermutu, aplikasi ini juga menjamin harga yang terjangkau dan pengiriman hanya dalam waktu 3 jam! Bahkan, kamu bisa berbelanja kebutuhan masak lainnya hanya dalam satu aplikasi. Sangat lengkap dan semua ada di satu aplikasi.

Yuk, jangan sampai menyesal kalau sampai gunakan bahan-bahan tidak segar untuk masakan di rumah! Unduh AlloFresh melalui smartphone kamu di Google Play Store atau App Store sekarang juga.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button