Tips

Ini Dia Cara Memasak Beras Hitam Agar Tetap Bergizi!

Cara memasak beras hitam sebenarnya tidak jauh berbeda dengan memasak beras biasa. Beras hitam sendiri biasanya digunakan oleh mereka yang mencoba diet. Sebenarnya apa sih perbedaan beras biasa dengan beras hitam? Lalu bagaimana cara memasak beras hitam yang baik?

Seperti yang kita sama-sama tahu, masyarakat Indonesia tidak pernah lepas dari nasi. Lauk yang silih berganti namun makanan utama yang dimakan tetaplah nasi. Untuk beberapa orang, tidak lengkap rasanya makan tanpa memakan nasi. Namun di satu sisi, nasi menjadi pantangan untuk beberapa orang yang sering mencoba diet.

Rata-rata diet tidak hanya membuat orang mengurangi porsi makan secara umum, namun juga nasi. Nasi sendiri mengandung karbohidrat dan kalori yang cukup tinggi. Sementara beras hitam mengandung kalori yang cukup rendah, bahkan cukup rendah dibanding beras merah. Hal itulah yang membuat banyak orang menggunakan beras hitam untuk menjadi nasinya saat menjalani program diet atau sekedar mengubah pola hidupnya menjadi lebih sehat.

Beras hitam sendiri merupakan kumpulan dari beras berjenis Oryza Sativa L. Indica. Berasnya sendiri berwarna hitam karena tidak melalui proses pemutihan yang biasanya dijalani oleh beras biasa. Beras hitam sendiri sedikit lengket dan mempunyai tekstur yang bisa dibilang cukup padat.

Baca juga: 4 Resep Nasi Kuning Rice Cooker dan Lauk  Pelengkapnya

Cara Memasak Beras Hitam

Cara memasak beras hitam sebenarnya tidak jauh berbeda dengan memasak beras biasa. Kamu bisa menggunakan rice cooker, atau kamu bisa menggunakan panci untuk cara memasak beras hitam tersebut menjadi nasi. Nasi yang dihasilkan pula nantinya akan berwarna hitam. Tapi ada beberapa langkah yang perlu kamu perhatikan dalam cara memasak beras hitam. Ini adalah langkah cara memasak beras hitam.

1. Dicuci dengan Bersih

Saat memasak beras hitam, pastikan kamu sudah mencucinya dengan bersih dan teliti. Jangan sampai masih ada barang asing yang tertinggal seperti gabah atau kerikil kecil yang kerap ditemui ketika memasak nasi. Kamu juga jangan biarkan hingga menggumpal saat mencucinya. Cuci beras hitam hingga airnya tidak lagi berwarna ungu. 

2. Rasio Air

Saat mencuci beras hitam, pastikan tidak lebih dari dua kali. Sama seperti nasi biasa, pencucian beras yang terlalu sering akan membuat gizi yang ada pada beras tersebut akan hilang secara perlahan yang membuatnya menjadi percuma. Setelah itu, pastikan rasio air yang digunakan ketika cara memasak beras hitam adalah 1:2 dalam ukuran liter.

3. Memasak Nasi Hitam

Cara memasak beras hitam selanjutnya adalah dengan memasukkannya ke dalam rice cooker. Nasi tersebut akan matang sesuai dengan beras yang kamu masukkan. Rata-rata waktu nasi matang adalah 20-30 menit. Ketika matang, pastikan jangan langsung membuka dan melihat nasi tersebut. 

Berikan waktu 15 menit tambahan agar nasi tidak lengket dan menjadi lebih pulen. Setelah itu, kamu bisa mengaduk nasi yang sudah matang agar tidak menggumpal dan menjadi mudah keras nantinya. Cara memasak beras hitam menggunakan panci juga sebenarnya tidak jauh berbeda. Tips yang bisa kamu gunakan dalam cara memasak beras hitam menggunakan panci adalah dengan menggunakan api kecil atau sedang saat proses cara memasak beras hitam.

kandungan gizi beras hitam

Itu adalah sedikit proses dari cara memasak beras hitam. Ketika matang, kamu bisa memakan nasi hitam dengan lauk yang kamu inginkan. Tapi kalau kamu sedang diet, sesuaikan lauk tersebut agar dietnya tidak percuma. Selain itu kamu juga harus memikirkan kalori dan nutrisi harian yang tetap dibutuhkan oleh tubuh.

Baca juga: Tiga Resep Varian Nasi Kebuli Yang Wajib Dicoba Di Rumah 

Manfaat Beras Hitam

Selain untuk diet, ada beberapa hal lain yang membuat orang menggunakan beras hitam dan mencari tahu cara memasak beras hitam. Berikut adalah beberapa manfaat beras hitam yang perlu kamu ketahui:

1. Membantu Diet

Seperti yang disebutkan sebelumnya, beras hitam disebut-sebut baik untuk diet. Bahkan beras hitam disebut lebih baik dari beras merah. Mengapa begitu? Usut punya usut, ternyata beras hitam mempunyai kalori yang lebih rendah. Selain itu, beras hitam kaya akan serat dan cukup padat yang akan membuat kamu kenyang lebih lama meskipun porsi nasi yang kamu makan tetap tidak sebanyak biasanya.]

2. Mencegah Penyakit Diabetes

Nasi sendiri disebut-sebut tidak terlalu baik bagi penderita diabetes. Karena itu banyak penderita diabetes yang akhirnya menggunakan beras hitam. Hal itu dikarenakan beras hitam lebih berserat sehingga tidak terlalu menaikkan glukosa darah. Oleh karena itu, banyak penderita diabetes yang mengendalikan glukosa darah agar tidak tinggi dengan memakan nasi hitam daripada nasi biasa.

3. Beras Hitam Bergizi Tinggi

manfaat beras hitam

Kalau pada saat cara memasak beras hitam disebutkan agar tidak mencuci beras terlalu sering. Itu dikarenakan beras hitam juga kaya akan nutrisi. Nutrisi yang ada pada beras hitam antara lain seperti mineral, zinc, Vitamin E, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B3 dan Vitamin B6. pencucian terlalu sering dan banyak nantinya akan menghilangkan gizi yang sebenarnya bisa kamu dapatkan.

Vitamin E sendiri dapat membantu tubuhmu terlindung dari berbagai penyakit karena membantu memperkuat sel imun yang ada pada tubuhmu. Sedangkan Vitamin B lainnya merupakan karbohidrat yang dapat menjadi sumber energi untuk tubuhmu. Dengan begitu, meskipun sedang diet kamu tetap mempunyai tenaga alih-alih menjadi lemas.

4. Melancarkan Pencernaan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa serat sangat membantu untuk melancarkan pencernaan. Biasanya orang-orang akan memakan buah atau sayur yang kaya serat akan pencernaan mereka yang terganggu menjadi lancar kembali. Kamu juga dapat melakukan hal yang sama dengan memakan beras hitam. Beras hitam akan membantu meningkatkan aktivitas gerak usus dan mampu mencegah penyerapan zat beracun dan membuangnya dari tubuh

5. Kaya Antioksidan

Beras hitam adalah beras dengan tingkat antioksidan yang tinggi, bahkan dibanding jenis-jenis beras lainnya. Kandungan antioksidan yang terdapat pada beras hitam antara lain antosianin, flavonoid dan karotenoid. Antosianin sendiri adalah senyawa yang mampu mencegah penyakit jantung dan menghindari peradangan yang menjadi cikal bakal penyakit seperti arthritis dan kanker.

Bahkan kandungan antioksidan yang terdapat dalam beras hitam lebih tinggi dibandingkan blueberry. Padahal, buah blueberry merupakan buah dengan kandungan antioksidan paling tinggi di antara buah-buahan dan sayur-sayuran lainnya. Karena itu, memakan beras hitam sangat baik efeknya untuk menjaga tubuhmu tetap sehat.

Demikian adalah penjelasan singkat mengenai beras hitam, cara memasak beras hitam serta manfaat yang terdapat pada beras hitam. Perlu diingat mengganti beras saja tidak cukup, pola hidup dan makan yang buruk harus ditinggal dan melakukan olahraga secara rutin agar tetap sehat. Lauk yang dimakan juga sebaiknya kaya gizi dan melalui proses memasak yang baik.

Untuk mendapatkan bahan masak yang baru dan juga segar, kamu dapat menggunakan AlloFresh. Lewat AlloFresh, kamu cukup memesan yang kamu inginkan secara online. Banyak promo yang bisa didapatkan dan dipastikan aman. Langsung aja pakai AlloFresh untuk tahu sendiri kenyamanannya!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button