Inspirasi

Jamu Beras Kencur untuk Kesehatan Tubuh? Yuk, Cari Tau!

Manfaat jamu beras kencur untuk kesehatan tubuh bisa dirasakan baik oleh orang dewasa maupun anak-anak. Jenis jamu beras kencur merupakan jamu yang memang sudah banyak ditemukan di Indonesia terutama di area Pulau Jawa. Asal jamu beras kencur sendiri sudah ada sejak jaman kerajaan Mataram berkuasa. Jamu menjadi minuman khas yang diminum oleh banyak orang pada saat itu. Bermacam-macam jamu yang diminum menjadi minuman khas yang hingga saat ini masih turun temurun diteruskan kepada setiap generasi yang ada.

Tidak terkecuali dengan jamu beras kencur. Rasanya yang khas dan unik membuat jamu beras kencur menjadi kesukaan banyak orang. Olahan jamu beras kencur yang segar bahkan bisa menjadi teman minum di hari yang panas. Kamu juga bisa membuat jamu beras kencur sendiri di rumah. Berikut ini adalah bahan dan langkah yang bisa kamu ikuti untuk membuat jamu beras kencur.

Cara Membuat Jamu Beras Kencur

Bahan yang perlu disiapkan:

  • 1500 ml air bersih
  • 150 gram gula jawa
  • 125 gram kencur
  • 50 gram beras
  • 5 sendok makan gula
  • 5 ruas jahe
  • Asam jawa sesuai selera
resep jamu beras kencur

Siapkan bahan-bahan utama untuk membuat jamu beras kencur terlebih dahulu seperti di atas. Selanjutnya kamu bisa mengikuti langkah berikut ini:

Langkah membuat jamu beras kencur:

  • Cuci beras hingga bersih kemudian rendam ke dalam air bersih selama kurang lebih 1 jam.
  • Masukkan gula jawa, gula pasir, asam jawa, dan jahe ke dalam air. Rebus hingga mendidih.
  • Cuci kencur hingga bersih kemudian kupas dan potong-potong.
  • Jika air rebusan gula jawa dan asam jawa sudah masak dan tercampur dengan baik, sisihkan dan tunggu dingin terlebih dahulu.
  • Tiriskan beras yang sudah direndam
  • Masukkan beras ke dalam blender bersama kencur dan air asam jawa yang telah dingin. Blender sampai halus.
  • Saring jamu hingga tidak ada ampas yang tersisa. Kamu bisa saring dengan menggunakan kain untuk hasil yang maksimal. Jamu beras kencur siap disajikan.

Proses membuat jamu beras kencur memang sangat mudah. Kamu bahkan tidak memerlukan bahan yang sulit didapat. Semua bahan tersebut dapat kamu beli di e-grocery atau supermarket terdekat. Proses pengolahannya juga tidak terlalu sulit. Kamu bisa meminum jamu beras kencur dalam keadaan hangat maupun dingin. Saat diminum hangat, jamu beras kencur akan memberikan kehangatan di tubuh. Sedangkan ketika diminum dingin, jamu beras kencur akan mendinginkan tubuh.

Baca juga: Cara Membuat Bubuk Kunyit dan Berbagai Olahan Bubuk Kunyit

Manfaat Jamu Beras Kencur untuk Tubuh

manfaat jamu beras jencur

Ada banyak sekali manfaat jamu beras kencur yang diberikan untuk tubuh. Karena bahan yang digunakan untuk membuat jamu beras kencur adalah bahan-bahan alami, manfaat jamu beras kencur untuk tubuh tentunya sangat baik. Berikut ini adalah manfaat jamu beras kencur yang bisa kamu dapatkan:

1. Menghilangkan Pegal di Tubuh

Manfaat jamu beras kencur yang pertama adalah dipercaya untuk menghilangkan pegal-pegal di tubuh. Ini karena kencur mengandung flavonoid yang berperan sebagai antioksidan di tubuh. Antioksidan sangat dibutuhkan tubuh untuk melindungi sel-sel yang ada di tubuh melawan radikal bebas seperti polusi, zat-zat tidak baik, serta pemicu penyakit yang mungkin masuk ke dalam tubuh.

Secara tidak langsung, kandungan tersebut membantu menghilangkan rasa pegal di tubuh karena sel-sel tubuh lebih sehat. Kandungan asam jawa juga memiliki flavonoid yang membantu merawat sel dalam tubuh. Jadi, mengonsumsi jamu beras kencur sangat cocok untuk tubuh karena bisa menghilangkan pegal dan membuat tubuh terasa lebih segar.

2. Menghilangkan Pegal di Tubuh

Manfaat jamu beras kencur yang sudah diketahui secara turun temurun adalah sebagai pereda flu dan batuk. Ini adalah salah satu manfaat yang sangat berfungsi dengan baik ketika dirasakan oleh tubuh. Ini karena kandungan flavonoid yang ada di dalam kencur dan asam jawa juga memiliki khasiat anti radang atau anti inflammatory.

Khasiat anti radang sangat diperlukan oleh tubuh terutama jika terdapat infeksi virus dan bakteri dalam tubuh. Flavonoid juga menjaga sel-sel tubuh dari kerusakan yang terjadi akibat infeksi virus dan bakteri tersebut. Jika kamu mengalami gejala flu dan batuk, kamu bisa mencoba mengonsumsi jamu beras kencur hangat yang akan meredakan gejala tersebut.

Baca juga: 7 Cara Membuat Teh Jahe, Minuman Sehat dan Segar!

cara membuat jamu beras kencur

3. Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat jamu beras kencur lainnya adalah melancarkan peredaran darah. Ini karena jamu beras kencur memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan dalam jamu beras kencur bisa membantu melancarkan peredaran darah. Dengan lancarnya peredaran darah, kamu juga bisa mendapatkan manfaat lainnya seperti menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh hingga menyehatkan jantung.

Tingginya antioksidan dalam jamu beras kencur juga memberikan manfaat untuk kesehatan jantung secara tidak langsung. Selain itu, peredaran darah yang lancar juga bisa mengurangi resiko tekanan darah tinggi. Peredaran darah yang lancar bisa menghindarkan tubuh dari penyakit berbahaya lain yang mungkin terjadi. Asam Jawa juga memiliki kandungan yang sangat baik untuk jantung sehingga kamu akan terhindar dari berbagai penyakit jantung.

4. Meningkatkan Nafsu Makan

Manfaat jamu beras kencur lainnya yang juga sangat sering dirasakan adalah meningkatkan nafsu makan. Ini karena kandungan jahe sangat baik untuk gastrointestinal yang berhubungan dengan sistem pencernaan tubuh. Nah, kalau kamu memiliki masalah nafsu makan, jamu beras kencur bisa membantu meningkatkan nafsu makanmu.

Kandungan yang ada di dalam jahe membantu proses mencerna makanan dengan lebih baik. Dengan mengonsumsi jamu beras kencur, secara tidak langsung kamu akan menyehatkan sistem pencernaan karena jahe membantu pencernaan untuk bekerja dengan lebih efektif. Ketika pencernaan lebih sehat, tentunya nafsu makan menjadi lebih bertambah. Tidak hanya itu saja, kandungan jahe juga sangat bagus untuk mengurangi sensasi mual.

5. Mengurangi Nyeri Saat Menstruasi

Manfaat jamu beras kencur bagi wanita yang paling sering dirasakan adalah untuk mengurangi nyeri saat menstruasi. Nyeri menstruasi terasa sangat menyiksa bagi sebagian besar perempuan. Sejauh ini obat pereda nyeri bisa membantu mengurangi rasa nyeri. Namun, kalau tidak ingin ketergantungan meminum obat saat haid, kamu bisa mencoba jamu beras kencur.

Kandungan jahe yang ada di dalam jamu beras kencur bisa membantu mengurangi nyeri saat menstruasi. Kandungan jahe seperti antiradang dan pereda nyeri akan sangat membantu perempuan yang mengalami nyeri menstruasi. Meskipun tidak sepenuhnya menghilangkan rasa nyeri, jamu beras kencur bisa mengurangi rasa nyeri tersebut. Karena jahe mampu mengurangi rasa nyeri yang diakibatkan oleh prostaglandins. Jadi rasa nyeri selama menstruasi dapat dikurangi dengan lebih baik.

Baca juga: Minuman Pelancar Haid Dari Bahan Alami

Nah, itu dia berbagai manfaat jamu beras kencur yang bisa dirasakan oleh tubuh. Kamu juga bisa merasakan manfaat jamu beras kencur di atas jika rajin mengonsumsi jamu tersebut. Apalagi proses membuat jamu beras kencur cukup mudah dan bahan-bahannya bisa dibeli dengan mudah di pasar maupun supermarket. Oh iya, kamu juga bisa lho membeli bahan-bahan tersebut di AlloFresh yang lengkap. Yuk, langsung cek AlloFresh sekarang!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button