Tips

Cara Membuat Bubuk Kunyit dan Berbagai Olahan Bubuk Kunyit

Cara membuat bubuk kunyit adalah salah satu ilmu tradisional turun menurun dari generasi ke generasi. Di Indonesia cara membuat bubuk kunyit adalah pengetahuan yang cukup jarang dikuasai oleh generasi saat ini. Padahal bubuk kunyit memiliki banyak sekali manfaat yang baik. Kegunaannya juga sangat bermacam-macam. Mulai dari untuk bumbu memasak hingga untuk kesehatan tubuh.

Misalnya saja untuk bumbu ikan goreng dan bumbu ayam goreng. Selain itu dari sisi kesehatan kunyit bisa menjadi antioksidan yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Mengetahui cara membuat bubuk kunyit bisa menjadi salah satu ilmu yang sangat bermanfaat di era saat ini.

Cara Membuat Bubuk Kunyit

Bubuk kunyit lebih mudah kamu konsumsi daripada kunyit yang masih berbentuk bumbu. Proses untuk cara membuat bubuk kunyit juga tidak terlalu susah. Proses pembuatan yang mudah membuatnya bisa disimpan dengan lebih lama. Jadi penggunaannya lebih mudah dan tidak terlalu sulit dibandingkan dengan kunyit bumbu yang belum diolah. Kamu hanya perlu menyiapkan bahan-bahan berikut ini dan mengikuti cara membuat kunyit bubuk yang tertulis di sini:

Bahan yang diperlukan:

  • Kunyit. Pilih yang masih segar dan masih keras. Jangan pilih yang lunak.

Langkah membuat bubuk kunyit:

  1. Cuci kunyit sampai bersih. Pilih kunyit yang berkualitas, lalu cuci sampai bersih. Pastikan proses pencucian dilakukan dengan tepat, yaitu menghilangkan bekas-bekas tanah di kulit kunyit jika ada. Kamu bisa mengupas kunyit dan menghilangkan bagian kunyit yang rusak.
  2. Rebus kunyit hingga tekstur kunyit menjadi empuk. Gunakan air bersih untuk merebus kunyit hingga empuk. Proses perebusan kunyit cukup kurang lebih 10 hingga 15 menit agar kunyit tidak hancur.
  3. Setelah lunak, potong kunyit seukuran dengan koin. Selanjutnya potong kunyit seukuran koin. Ini untuk memudahkan proses pengeringan dan pemrosesan kunyit nantinya.
  4. Keringkan kunyit. Mengeringkan kunyit bisa dengan menggunakan oven atau dengan menggunakan panas matahari. Jika menggunakan panas matahari, kamu membutuhkan waktu kira-kira 2 hingga 3 hari untuk mengeringkan secara keseluruhan.
  5. Haluskan kunyit. Kunyit yang sudah dikeringkan selanjutnya dihaluskan dengan menggunakan blender atau chopper halus. Lama proses ini tergantung pada berapa banyak kunyit yang kamu blender. Semakin banyak maka akan memerlukan waktu lama.

Setelah bubuk kunyit jadi, kamu bisa menyimpan bubuk tersebut untuk penggunaan jangka panjang. Cara membuat bubuk kunyit tersebut cukup mudah dan bisa dinikmati kapan saja kamu perlu.

Baca juga: 7 Cara Membuat Teh Jahe, Minuman Sehat dan Segar!

Macam-Macam Olahan Bubuk Kunyit

nasi kuning dari kunyit

Kegunaan dari bubuk kunyit ada bermacam-macam. Mulai dari membuat masakan yang nikmat hingga untuk digunakan sebagai jamu tradisional. Jadi, tidak ada salahnya belajar cara membuat bubuk kunyit yang tepat karena kandungan dalam kunyit juga sangat bermanfaat untuk banyak hal. Beberapa penggunaan olahan bubuk kunyit yang sering sekali dipakai untuk sehari-hari di antaranya:

1. Nasi Kuning Menggunakan Bubuk Kunyit

Siapa yang tidak kenal nasi kuning? Nasi kuning adalah salah satu makanan tradisional di Indonesia yang sangat disukai oleh masyarakat. Nasi kuning sering ditemukan di setiap hajatan sebagai salah satu menu yang disajikan untuk tamu. Bahkan saat ini, sudah banyak pedagang yang menjual nasi kuning sebagai salah satu menu sarapan.
Proses membuat nasi kuning membutuhkan bubuk kunyit untuk memberikan warna kuning pada nasi. Bubuk kunyit dicampurkan pada beras untuk memberi warna kuning, selanjutnya beras dimasak dan jadilah nasi yang berwarna kuning. Menggunakan bubuk kunyit jauh lebih mudah dibandingkan dengan menggunakan kunyit bumbu yang harus diparut terlebih dahulu. Kamu juga bisa membuat nasi kuning sendiri di rumah dengan bubuk kunyit yang ada.

Baca juga: 4 Resep Nasi Kuning Rice Cooker dan Lauk  Pelengkapnya

2. Jamu Kunyit Asam dari Bubuk Kunyit

jamu kunyit asam

Jamu adalah salah satu minuman tradisional yang sudah dikenal sejak zaman kerajaan Mataram berkuasa. Mengkonsumsi jamu adalah salah satu cara penyembuhan tradisional ketika belum ditemukan obat untuk berbagai penyakit. Jamu terbuat dari berbagai rempah-rempah tradisional yang berkhasiat dan memiliki antioksidan tinggi. Tidak terkecuali dengan kunyit.
Jamu kunyit asam adalah salah satu jamu yang memiliki kandungan kunyit di dalamnya. Jamu kunyit asam digunakan untuk meningkatkan nafsu makan dan memulihkan tubuh setelah sakit. Kunyit yang dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan memiliki kandungan yang bermanfaat untuk menyehatkan pencernaan. Jika dulu masyarakat membuat jamu kunyit asam dengan menggunakan kunyit bumbu yang diparut satu persatu, kini bubuk kunyit bisa digunakan untuk membuat jamu. Jika kamu suka dengan jamu kunyit asam, kamu bisa mengikuti cara membuat di atas untuk mengolah jamu kunyit asam yang nikmat.

3. Sup Kunyit

Kamu juga bisa menikmati sup dengan kunyit. Sup ayam, jahe, dan kunyit adalah salah satu resep andalan olahan kunyit untuk sup. Kandungan sup ayam yang berkhasiat dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan tambahan vitamin dan antioksidan yang berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh berkat kandungan kunyit.

Resep ini memang tidak banyak yang mengetahui, tapi kamu bisa mencoba jika kamu memerlukan tambahan imun tubuh saat sedang sakit. Tambahkan sedikit bubuk kunyit ke dalam sup dan sajikan selagi hangat. Kunyit akan membantu pemulihan pasca sakit dan meningkatkan nafsu makan sehingga nutrisi tubuh akan tercukupi dengan baik.

4. Nasi Goreng Kunyit

Olahan nasi goreng ada bermacam-macam. Indonesia memiliki berbagai macam menu nasi goreng yang sangat nikmat, tidak terkecuali nasi goreng kunyit yang juga cukup terkenal. Kunyit memberikan rasa khas pada nasi goreng yang bisa kamu gunakan untuk bumbu yang nikmat. Bumbu dasar yang digunakan juga hampir sama dengan bumbu nasi goreng biasa, yaitu bawang merah dan bawang putih.
Warna nasi goreng kunyit akan sedikit kekuningan karena kunyit yang menyatu dengan bumbu nasi. Rasa yang dihasilkan oleh nasi goreng kunyit juga tidak kalah dengan olahan nasi goreng lainnya. Rasa gurih dari kunyit yang digoreng bersama nasi dan rasa asin dari bumbu nasi goreng menyatu dengan baik dalam masakan sehingga membuat siapapun yang mencoba akan ketagihan.

nasi goreng bubuk kunyit

Baca juga: Menu Sarapan Pagi buat Kamu yang Tinggal di Pulau Jawa!

5. Bumbu Ikan Goreng dan Ayam Goreng

Kunyit bubuk juga bisa kamu gunakan untuk bumbu dasar untuk membuat olahan ikan goreng dan ayam goreng. Mencampurkan kunyit bubuk, bawang putih, dan garam bisa menjadi bumbu ikan goreng yang sedap dan gurih. Diamkan sesaat agar bumbu meresap lalu goreng ikan. Bumbu ikan goreng dengan kunyit memiliki rasa yang khas dan gurih.

Begitu juga dengan ayam goreng. Kamu bisa menggunakan bumbu kunyit untuk bumbu ungkep ayam goreng. Mencampurkan bubuk kunyit, bawang putih, garam, dan ketumbar adalah bumbu dasar ayam ungkep yang sangat mudah. Setelah ayam selesai kamu ungkep kamu bisa langsung menggorengnya. Rasa kunyit yang meresap memberikan rasa gurih dan asin sehingga ayam goreng terasa nikmat sampai dagingnya.

Cara membuat bubuk kunyit untuk memasak makanan dan jamu sama saja untuk tujuan keduanya. Kamu hanya perlu memperhatikan bahwa kunyit yang kamu gunakan adalah kunyit yang berkualitas. Kamu bisa mengetahui bagaimana bahan dasar yang berkualitas untuk bubuk kunyit dari tekstur kunyit. Tekstur kunyit yang keras adalah bukti bahwa kunyit berkualitas baik. Jangan memilih kunyit yang lunak dan lembek karena artinya kunyit tidak dalam kondisi yang baik.

Setelah mengetahui bagaimana cara membuat bubuk kunyit, kamu bisa membuat bubuk kunyit sendiri di rumah dan menggunakannya untuk berbagai olahan masakan. Selanjutnya, agar bubuk kunyit dapat kamu pakai dalam jangka waktu yang lama, pastikan kamu menyimpan bubuk kunyit tersebut di tempat yang terlindungi dari sinar matahari. Pastikan juga untuk menggunakan toples kedap udara agar bubuk kunyit tidak mudah rusak. Kamu bisa berbelanja kebutuhan untuk membuat bubuk kunyit di AlloFresh yang lengkap untuk semua kebutuhanmu. Langsung saja cek AlloFresh sekarang!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button