Inspirasi

Menu Sarapan Pagi buat Kamu yang Tinggal di Pulau Jawa!

Buat kamu yang nggak tahu, ternyata cukup banyak lho menu sarapan pagi orang Jawa. karena Indonesia negara dengan berbagai budaya, nggak heran kalau makanan pun beraneka ragam. Apalagi Jawa sendiri adalah pulau dengan penduduk terpadat di Indonesia. Yuk, cari tahu apa saja menu sarapan pagi orang Jawa. Sarapan sendiri merupakan salah satu siklus makan yang dilakukan manusia di pagi hari. Sarapan sendiri merupakan salah satu waktu makan penting. Ketika memulai hari, sebaiknya manusia mengonsumsi sesuatu dulu agar mempunyai tenaga ketika menjalani hari ke depannya.

Rata-rata sarapan orang Indonesia juga bervariasi. Umumnya di Jabodetabek, yang kerap menjadi sarapan adalah nasi. Contohnya nasi uduk atau nasi kuning. Tapi tak jarang juga yang memakan sarapan bubur ayam maupun lontong sayur. Roti juga tak jarang jadi pilihan untuk mengawali hari. Indonesia sendiri merupakan negara yang mempunyai beragam budaya. Hal tersebut bisa terlihat dari suku budaya penduduknya. Hal itu membuat budaya yang dimiliki tiap daerah pun berbeda-beda. Bahkan di pulau yang sama pun penduduk sebuah provinsi bisa memiliki budaya yang berbeda dengan provinsi lainnya.

Manfaat Sarapan Orang Jawa

Sarapan sendiri merupakan waktu makan yang berharga. Ketika bangun di pagi hari, tentu membutuhkan tenaga untuk kembali beraktivitas. Jadi sebaiknya jangan lupa untuk sarapan di pagi hari. Banyak manfaat yang didapatkan dari sarapan, mulai dari membangun suasana hati yang baik, lalu juga menjaga agar saat makan siang perut tidak terlalu kenyang.

Tak terkecuali bagi orang Indonesia. Tidak peduli di daerah manapun, rata-rata orang Indonesia selalu mengawali hari dengan sarapan. Meskipun terkadang kebiasaan sarapan di tiap daerah berbeda-beda. Terlebih banyak budaya yang ada Berikut merupakan beberapa menu sarapan pagi orang Jawa.

Baca juga: Menu Sarapan Pagi yang Sehat dan Mudah Diolah di Rumah

1. Menu Sarapan Orang Jawa: Nasi Pecel

Jawa Timur cukup terkenal dengan pecelnya. Oleh karena itu, menu sarapan orang di daerah tersebut adalah nasi pecel. Nasi pecel sendiri merupakan nasi dicampur dengan sayur-sayuran rebus seperti bayam dan kacang panjang. Bumbu pecel sendiri terdiri dari kacang yang dicampur dengan bumbu lainnya.

2. Bubur Ayam

menu sarapan bubur

Kalau menu sarapan yang satu ini lebih sering dimakan di Jawa Barat. Bubur yang disajikan bersama suwiran ayam, kacang, serta daun bawang dan kerupuk seringkali menjadi primadona bagi mereka yang harus beraktivitas di pagi hari. Dengan memakan bubur, perut menjadi hangat dan pencernaan pun lebih baik karena mudah diserap.

3. Nasi Uduk

Di daerah Jakarta, menu sarapan pagi orang Jawa biasanya adalah nasi uduk. Nasi gurih yang dibuat dengan dikukus menggunakan santan ini biasanya disajikan dengan berbagai lauk. Mulai dari telur, teri kacang, jengkol, hingga tempe atau tahu bacem dan gorengan. Nasi uduk sendiri menjadi favorit karena rasanya yang gurih. Disajikan saat hangat pun rasanya sangat nyaman bagi perut.

Baca juga: Tiga Resep Varian Nasi Kebuli Yang Wajib Dicoba Di Rumah 

4. Nasi Kuning

menu sarapan nasi kuning

Menu sarapan pagi di daerah Jakarta salah satunya adalah nasi kuning. Nasi yang satu ini seringkali dijual di pagi hari terutama di daerah komplek perumahan. Biasanya disajikan bersama telur dan orek tempe serta sambal yang lezat dan menarik hati. Nasi kuning sendiri menjadi sarapan karena biasanya porsinya yang cukup untuk dimakan saat pagi dan wanginya yang menggugah selera.

5. Menu Sarapan Orang Jawa: Lontong Sayur

Lontong sayur juga merupakan salah satu menu sarapan pagi orang Jawa di daerah Jakarta. Makanan yang satu ini biasanya disajikan dengan kuah bersantan bersama lontong dan sayuran juga telur. Dimakan bersama sayur labu serta tahu, lontong sayur membuat bertenaga di pagi hari tanpa merasa terlalu kenyang.

6. Bubur Kacang Hijau

Salah satu menu sarapan pagi orang Jawa lainnya adalah bubur kacang hijau. Bubur yang satu ini terbilang cukup ringan dimakan di pagi hari. Disajikan bersama roti dan kuah santan, bubur kacang hijau enak dimakan. Kuah santannya yang hangat terasa nyaman di perut serta roti yang membuat perut tetap merasa kenyang.

Baca juga: Cara Membuat Bubur Sumsum Enak yang Mudah Di Rumah

7. Bubur Ketan Hitam

Seperti bubur kacang hijau, bubur ketan hitam merupakan menu sarapan pagi orang Jawa. tak jarang orang memakannya dicampur dengan bubur kacang hijau, lalu dikuahi santan serta roti. Ketan hitam mungkin merupakan makanan ringan, namun ketan membuat perut lebih kenyang dan hangat.

8. Bubur Sumsum

Salah satu aneka menu sarapan pagi lainnya yang bernama bubur. Bagi yang mengingkan sarapan manis bisa memakan sarapan dengan bubur sumsum yang terbuat dari tepung beras lalu dikuahi saus gula merah dan santan. Disertai manisnya cendil, bubur sumsum cocok jika kamu lebih menyukai sarapan manis di pagi hari.

9. Nasi goreng

Menu sarapan lainnya yang menggunakan nasi adalah nasi goreng. Di beberapa daerah di Indonesia, ada yang memakan nasi goreng sebagai sarapannya. Nasi yang digoreng bersama bumbu-bumbu tertentu ini biasanya disajikan bersama telur dan kerupuk. Nasi goreng yang gurih cocok untuk kamu yang sering lapar di pagi hari. Apalagi, nasi goreng mudah dan cepat untuk dibuat sendiri.

10. Menu Sarapan Orang Jawa: Nasi Gudeg

Menu sarapan pagi orang Jawa yang satu ini sebenarnya bukan hanya dimakan saat sarapan saja. Gudeg yang terbuat dari nangka yang dimasak dengan santan ini kemudian disajikan di atas nasi bersama dengan ayam suwir, krecek, dan lain-lain. Meskipun biasanya dimakan kala makan siang, gudeg masih cocok untuk kamu yang menyukai sajian yang lebih berat dari sarapan pada umumnya.

11. Soto Ayam

Bagi yang menyukai makanan hangat di pagi hari, ada juga menu sarapan pagi orang Jawa seperti soto ayam. Dengan kuah bening ditambah dengan bihun, tomat, kentang dan suwiran ayam, soto ayam segar untuk dimakan pagi hari bersama dengan nasi. Terlebih dinginnya pagi hari membuat kehangatan dan gurihnya kuah soto menjadi semakin lezat.

Baca juga: Ini Dia Resep Soto Mie Bogor Segar Dan Nikmat Dijamin Ketagihan

12. Jajanan Pasar

Aneka getuk, gerontol, ketan bumbu dan kue pisang merupakan contoh jajanan pasar yang menjadi sarapan orang Jawa. Beberapa orang memilih jajanan pasar sebagai sarapan karena merasa nasi terlalu berat untuk dijadikan sarapan. Dengan membeli jajanan pasar terutama yang manis, biasanya akan memberikanmu tenaga.

13. Nasi Bakar

Menu sarapan pagi orang Jawa lainnya yang menggunakan nasi. Bedanya kali ini nasi dibungkus dalam daun pisang kemudian dibakar. Biasanya disajikan dengan berbagai pilihan, baik ayam, ikan ataupun daging. Ditambah dengan krupuk atau sambel, nasi bakar membuat sarapan menjadi lebih nikmat. 

14. Menu Sarapan Orang Jawa: Nasi Krawu

Menu sarapan pagi orang Jawa yang biasanya juga bisa dimakan kapanpun. Nasi krawu merupakan makanan dengan lauk seperti daging suwir, serundeng serta sambal yang memanjakan perutmu hingga kenyang.  Biasanya disajikan dengan porsi yang cukup tanpa terlalu mengenyangkan untuk beraktivitas di pagi hari.

15. Umbi-umbian

Umbi-umbian seperti singkong ataupun ubi merupakan menu sarapan yang kadang-kadang ditemui. Disajikan secara rebus ataupun goreng, keduanya cocok bagi mereka yang tidak menyukai hidangan nasi untuk pagi hari. Apalagi dimakan bersama teh atau kopi hangat sebelum beraktivitas, tentunya akan membuatmu semakin bersemangat menjalani hari.

16. Gorengan

Menu sarapan pagi orang Jawa yang kerap ditemui adalah gorengan. Gorengan sendiri adalah makanan kecil yang sering dijual di pinggir jalan, yang terdiri dari bakwan, risol, tahu, tempe dan banyak lainnya ini biasanya dimakan sebagai cemilan. Gorengan biasanya dimakan sebagai pengganjal apalagi bagi mereka yang terlalu sibuk untuk sempat sarapan di pagi hari. Biasanya juga disajikan dengan bumbu kacang dan lontong.

17. Cucur

Cucur juga merupakan menu sarapan pagi orang Jawa. tepung beras dan gula jawa yang digoreng merupakan cucur. Rasanya yang manis namun hangat bisa membuatmu bertenaga sejak pagi hari. Cucur sendiri dapat kamu temui di pagi hari di Jabodetabek. Cucur sendiri cocok bagi yang menyukai sarapan ringan namun manis di pagi hari.

18. Menu Sarapan Orang Jawa: Nasi Jagung

Menu sarapan yang satu ini merupakan nasi yang dibuat dari jagung tua atau lebih dikenal dengan jagung pipil. Nasi yang satu ini biasanya dimakan dengan lauk pada umumnya seperti ayam goreng, tahu tempe, dan lain-lain. Selain rasanya yang gurih, nasi jagung juga baik untuk pencernaan perut di pagi hari.

Demikian adalah penjelasan singkat mengenai daftar menu sarapan pagi orang Jawa. Karena masyarakat Indonesia terkenal sebagai pemakan nasi, tidak heran jika daftar diatas diisi dengan nasi atau hidangan yang terbuat dari beras maupun tepung beras.

Kamu dapat membeli bahan-bahan untuk sarapan kamu dan keluarga melalui AlloFresh. Di AlloFresh, bahan-bahannya dijamin segar lalu diantar sampai ke depan rumah. Gunakan AlloFresh untuk kemudahan berbelanja!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button