Inspirasi

Horenzo, Bayam Jepang yang Lezat dan Juga Kaya Gizi

Bagi kamu yang tidak begitu familiar dengan horenzo pasti bingung nama sayur apa itu. Horenzo sendiri sebenarnya salah satu jenis sayur bayam yang ada di Indonesia. Kalau bayam pasti kamu familiar kan? Apalagi bayam merupakan salah satu sayur yang sering disajikan di hidangan-hidangan Indonesia.

Sayur sendiri adalah salah satu jenis makanan yang harus dikonsumsi oleh tubuh manusia. Itu karena sayur-sayuran mengandung banyak nutrisi alami yang bisa didapatkan tanpa perlu mengonsumsi suplemen buatan manusia. Maka tak heran jika di Indonesia, sayur masuk dalam kategori sajian 4 sehat 5 sempurna.

Lihat saja bagaimana makanan di Indonesia menyediakan salad atau lalapan sayur sebagai pelengkap hidangan dan bagaimana pada tiap sup terdapat sayur selain daging ayam atau daging sapi. Bahkan di beberapa daerah tertentu, ada yang menggunakan sayur sebagai sajian utamanya seperti pecel sayur.

Bahkan saat ini sudah banyak yang menjadi vegetarian atau bahkan vegan, di mana mereka tidak memakan produk hewani maupun turunannya. Jadi mereka memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan dari sayur-sayuran dan tumbuhan lainnya. Sayur juga bisa dijadikan jus untuk membantumu jika kamu lebih menyukainya dalam bentuk cairan.

Salah satu sayur yang sering digunakan adalah sayur bayam. Sayur bayam sering dijadikan berbagai hidangan oleh masyarakat Indonesia. Sebut saja, sup bayam, tumis bayam, perkedel bayam hingga keripik bayam. Jadi, sayur bayam sendiri sudah akrab di lidah penikmat masakan Indonesia.

Bayam sendiri ternyata mempunyai beberapa jenis, di antaranya adalah bayam hijau, bayam batik, bayam duri dan bayam jepang. Pada kesempatan ini, artikel ini akan membahas Bayam Jepang atau lebih dikenal dengan nama Horenzo, kandungan di dalamnya, serta resep untuk mengolahnya.

Bayam Jepang sendiri sebenarnya tumbuh di Indonesia. Bayam organik yang satu ini merupakan sebuah bayam yang hanya bisa tumbuh di dataran tinggi. Sekilas bentuknya sama dengan bayam biasa hanya daunnya lebih besar. Teksturnya sendiri juga lebih empuk saat dimakan dibandingkan bayam biasa.

Kandungan Gizi Horenzo

Seperti sayur-sayur lainnya, Horenzo juga mempunyai kandungan gizi yang baik bagi tubuh. Berikut adalah beberapa kandungan yang terdapat dalam Horenzo:

  • Betakaroten
  • Zat Besi
  • Kalsium
  • Protein
  • Sodium 
  • Natrium 
  • Vitamin B2
  • Vitamin A
  • Vitamin K

Horenzo sendiri berguna mempunyai beberapa manfaat, seperti:

  • Mencegah Anemia
  • Menjaga Kesehatan Mata
  • Mengurangi Resiko Penyakit Jantung
  • Melancarkan Pencernaan, dan lain-lain.

Cara Mengolah Horenzo

Horenzo atau bayam Jepang juga bisa diaplikasikan ke makanan lainnya seperti bayam pada umumnya. Berikut adalah beberapa cara mengolah horenzo:

1. Tumis Bayam Sederhana

Buat kamu yang mempunyai horenzo tapi tidak sempat membeli bahan lain, kamu dapat memasak tumis bayam sederhana untuk dimakan bersama nasi. Yang kamu butuhkan hanyalah beberapa bawang putih serta bumbu seperti garam, gula dan lada. Kamu juga dapat menambahkan penyedap rasa jika kamu menyukainya.

2. Tumis Bayam Taoge

Atau kamu adalah penyuka sayur-sayuran? Kamu juga bisa mencampurnya dengan taoge. Tumis taoge sendiri juga cara masaknya sama dengan tumis lainnya. Tapi pastikan saat kamu memasak, tunggu hingga bayam dan taogenya layu. Bumbui sesuai dengan keinginan kamu sehingga rasanya pas di lidah.

3. Tumis Bayam Jagung

Biasanya bayam dan jagung disajikan dalam sop, kali ini kamu bisa memakannya bersama saat menumis. Masih tidak jauh berbeda dengan tumis bayam lainnya, namun kamu bisa menambahkan potongan cabe agar tumis tersebut juga makin kaya rasa.

4. Tumis Bayam cah Sapi

Kalau kamu ternyata pemakan daging juga, tidak ada salahnya dengan membuat tumis bayam cah sapi menggunakan horenzo. Kamu bisa merendam atau membumbui daging sapi tersebut sesuai selera, kemudian ditumis. Jika kamu rasa tingkat kematangannya sudah pas, kamu bisa menggabungkannya ke tumis bayam.

5. Tumis Bayam Saus Tiram Tempe

Kalau kamu bosan menumis bayam dengan rasa itu-itu saja, kamu juga bisa lho memberikan rasa lain supaya enak seperti memakai saus tiram contohnya. Setelah itu, kamu bisa memberikan potongan tempe supaya nggak cuma daun bayam aja. Bahan-bahannya dijamin murah banget! Apalagi dengan saus tiram, bayam akan makin terasa gurih dan lezat buat dijadikan teman makan

6. Sayur Bening Horenzo

Saat kamu menginginkan sesuatu yang berkuah, gurih dan juga hangat, kamu bisa memasak sayur bening horenzo. Sebenarnya ini tidak jauh berbeda dengan sayur bening biasa, namun kali ini menggunakan bayam jepang sebagai pengganti bayamnya. Dengan potongan jagung serta kuahnya yang asin, sayur bening paling enak dimakan bersama ayam goreng baik di siang hari maupun malam hari

7. Tumis Tahu Bayam

Kalau kamu termasuk orang yang menyenangi tahu, kamu bisa membuat tumis tahu bayam. Selain rasanya enak, memasaknya pun membutuhkan bahan dan proses yang tidak rumit. Kamu bisa menumis horenzo terlebih dahulu. Kemudian goreng tahu hingga matang dan campurkan ke horenzo dan ditumis kembali.

8. Jus Bayam

Horenzo sendiri merupakan jenis dari bayam. Jadi sama sekali tidak heran jika horenzo juga bisa untuk dijadikan sebuah jus. Kamu tinggal mencampurnya sesuai selera kamu. Kamu bisa meminumnya di pagi hari jika kamu tidak menginginkan makanan yang berat untuk sarapan di pagi hari.

9. Omelet Bayam

Jika kamu penyuka telur, kamu juga bisa membuat omelet bayam horenzo. Yang perlu kamu lakukan hanyalah memotong dan mencampurkan ke adonan omelet yang terdiri dari telur dan bumbu seperti lada dan garam.

10. Sosis Sayur Bayam

Kamu bisa memadukan horenzo dengan sosis. Pertama-tama kamu harus memotong sosis dengan ukuran sesuai yang kamu inginkan. Setelah itu berikan minyak olive di wajan dan masukkan bawang putih dan merah yang sudah dipotong. Lalu masukkan horenzo dan bumbui dengan garam. Tunggu hingga matang lalu diangkat.

11. Salad Bayam 

Kamu juga bisa memakan horenzo dijadikan sebagai salad. Kamu bisa mengkombinasikan dengan sayur-sayur lainnya. Jangan lupa gunakan dressing sesuai selera kamu agar salad tersebut semakin terasa nikmat.

12. Nasi Goreng Bayam

Memasak dengan nasi goreng ternyata juga nggak kalah enak. Kamu bisa menggunakan lauk seperti telur, ikan, ataupun suwiran ayam. Setelah memasak lauk tersebut hingga matang, campurkan dengan nasi putih dan bumbu lainnya. Lalu masukkan horenzo yang sudah dipotong kecil dan tipis.

13. Bibimbap

Horenzo juga cocok untuk dimakan seperti makanan korea yang lagi kekinian seperti bibimbap! Kamu tapi harus memotong kecil-kecil horenzo, begitu pula sayuran lain seperti tauge dan wortel. Pastikan sudah direbus dulu ya. Lalu ditata dalam mangkung bersama ayam dan telur. Nanti cara memakannya dengan dicampur semua menggunakan saus gochujang dan wijen.

Demikian adalah penjelasan singkat mengenai horenzo atau bayam Jepang serta kandungan dan resep-resep yang digunakan untuk mengolah horenzo. Kamu dapat memadukan bayam menjadi sesuatu yang lezat jika kamu tidak menyukai bayam sebagai pendamping makanan kamu.

Jika kamu membutuhkan horenzo atau sayur dan bahan lainnya, kamu bisa memesannya di AlloFresh. Dengan AlloFresh, bahan-bahan yang ada dijamin segar dan diantar sampai depan pintu rumah. Langsung aja pakai AlloFresh buat ngerasain manfaatnya!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button