Inspirasi

Manfaat Sawi Putih Untuk Kesehatan Tubuh yang Belum Banyak Orang Tau  

Ada banyak sekali manfaat sawi putih yang wajib kamu tau. Tapi, sebelum membahas panjang lebar mengenai manfaat sawi putih ada baiknya kita mengetahui lebih dalam sayuran seperti apa sih sawi putih ini. Sawi putih termasuk bahan makanan yang padat nutrisi dan rendah kalori. Menurut Centers for Disease Control and Prevention  (CDC), sawi putih sebagai sayur paling padat gizi kedua setelah selada air. Sawi putih merupakan sayuran dari familia Brassica bersama dengan sayuran sehat lainnya seperti kubis, brokoli, dan kale. Sawi putih dikatakan sebagai sayuran sehat karena memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan diantaranya mencegah penyakit jantung, menjaga kesehatan mata, menghaluskan kulit, menurunkan resiko penyakit ginjal sampai membantu mencegah kanker. Biar ga penasaran, yuk kita ulas lebih dalam satu persatu. 

Manfaat Sawi Putih Untuk Kesehatan

1. Mencegah penyakit jantung

Sawi putih banyak mengandung vitamin E, betakaroten, dan vitamin C yang dapat mencegah timbulnya penyakit jantung. Selain itu, sawi putih juga mengandung folat yang tinggi yang dapat meningkatkan fungsi jantung dengan baik. Folat bekerja dengan menghilangkan homosistein (asam amino alami) dan kolesterol yang menjadi penyebab serangan jantung pada usia muda.  

2. Menjaga kesehatan mata

Pada mata, manfaat sawi putih yaitu untuk menjaga bagian kornea mata agar tetap sehat. Sawi putih banyak mengandung vitamin A dan alfa- karoten yang bermanfaat bagi kesehatan mata. Sumber alfa-karoten terbaik diantaranya sawi putih, wortel, labu, ubi, dan alpukat. Selain kornea mata, manfaat sawi putih juga bisa dirasakan oleh retina sebab sawi putih juga mengandung antioksidan yang ternyata mampu melindungi retina dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain dua manfaat di atas, manfaat sawi putih  lainnya yaitu dapat mengurangi resiko penyakit mata contohnya katarak hingga rabun senja. 

Baca juga: Bikin Ngiler, Kumpulan Resep Sayur Asem Nusantara Penggugah Selera

3. Menghaluskan kulit

Manfaat sawi putih bagi kulit yaitu dapat membantu menghaluskan kulit karena sawi putih juga mengandung banyak vitamin E. Vitamin E pada sawi putih berfungsi sebagai antioksidan utama di dalam sel. Selain membantu untuk menghaluskan kulit, manfaat sawi putih lainnya yaitu untuk membantu melawan sejumlah infeksi kulit diantaranya jerawat dan eksim. Tidak hanya infeksi kulit, kelainan kulit juga bisa diobati dengan cara mengkonsumsi sawi putih. Contoh kelainan kulit yang dapat diobati dengan mengkonsumsi sawi putih yaitu keriput, noda hitam, perubahan warna kulit, dan alergi kulit. Terakhir, manfaat sawi putih bagi kulit yaitu dapat menjadikan kulit lembut dan kenyal juga membantu menyegarkan kulit. 

4. Menurunkan resiko penyakit ginjal

Manfaat sawi putih lainnya yang tidak kalah baik yaitu menurunkan resiko penyakit ginjal. Bagi penderita penyakit ginjal, sangat disarankan untuk menghindari makanan tinggi kalium karena dapat mempengaruhi keseimbangan cairan tubuh. Sawi putih adalah salah satu sayuran yang mengandung kalium terrendah. 

5. Membantu mencegah kanker

Manfaat sawi putih yang kelima yaitu membantu mencegah kanker yang mana seperti kita ketahui kanker adalah salah satu penyakit kronis. Pada sawi putih terdapat kandungan Indol, Isotiosianat, dan juga Myricetin yang terbukti memiliki sifat anti kanker. Myricetin dapat merusak sejumlah sel kanker manusia, termasuk sel kanker kulit, hati, pankreas, dan usus besar. Ini juga menghambat enzim kunci yang terlibat dalam inisiasi dan perkembangan kanker. 

Nah, itu dia ulasan mendalam tentang manfaat sawi putih yang belum banyak orang tau. Dari ulasan manfaat sawi putih di atas, sedikit banyak sudah dijelaskan apa saja sih kandungan yang terdapat di dalam sawi putih sehingga bisa banyak memberi manfaat bagi kesehatan. Agar lebih paham, yuk kita bahas lagi kandungan apa saja sih yang terdapat pada sawi putih.   

Kandungan Sawi Putih

menu sawi putih

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, sawi putih adalah salah satu sayuran yang memiliki padat nutrisi, padat gizi, dan juga rendah kalori. Berikut beberapa jenis kandungan gizi yang terdapat pada sawi putih.

NutrisiJumlah
Air96,6 gr
Kalori9 kal
Serat0,8 gr
Protein1 gr
Karbohidrat1,7 gr
Kalsium56 mg
Vitamin A223 mcg
Vitamin B20,18 mg
Vitamin C3 mg
Vitamin K45,5 mg
Folat66 mcg
Fosfor42 mg
Kalium193,1 mg
Nutrium5 mg
Zat Besi1,1 mg
Beta-Karoten862 mcg

Itu dia tabel kandungan gizi yang terdapat pada sawi putih, beragam dan banyak sekali bukan. Pertanyaannya sekarang, kira-kira makanan apa ya yang cocok dengan sawi putih? Yuk kita intip beragam jenis makanan yang bisa dinikmati bersama dengan sawi putih. 

Makanan yang Cocok Dengan Sawi Putih

1. Sayur sawi putih dengan tahu

Bahan-bahan:

  1. 1 bonggol sawi putih
  2. 1 bungkus tofu
  3. 1 buah wortel
  4. 2 butir telur (orak arik)
  5. Garam, merica, dan kaldu bubuk secukupnya
  6. 500 ml air

Bumbu halus:

  1. 2 siung bawang putih
  2. 3 siung bawang merah

Cara membuat:

  1. Cuci bersih semua sayuran kemudian potong sesuai selera
  2. Tumis bumbu halus kemudian tambahkan wortel dan air lalu masak hingga wortel setengah empuk
  3. Masukkan sawi putih, tofu, dan telur orak arik kemudian masak hingga matang
  4. Tambahkan garam, kaldu bubuk dan merica secukupnya
  5. Koreksi rasa, jika dirasa sudah enak siap disajikan

Baca juga: 7 Alasan Mengapa Caisim adalah Sayuran yang Menyehatkan

2. Tumis sawi putih teri

menu sawi putih

Bahan-bahan:

  1. 500 gram sawi putih
  2. 3 siung bawang putih
  3. 5 siung bawang merah
  4. 5 cabe rawit
  5. 2 cabe merah besar
  6. 25 gram teri
  7. 1 sdt kecap manis
  8. Garam, gula, dan penyedap secukupnya
  9. 100 ml air

Cara membuat:

  1. Cuci bersih semua sayuran kemudian potong sesuai selera
  2. Tumis teri hingga harum kemudian masukkan masukkan bawang merah, bawang putih, cabe rawit, dan cabe merah besar. Masak kembali
  3. Masukkan sawi putih kemudian tambahkan air sekitar 100 ml dan bumbu lainnya seperti kecap manis, gula, garam, dan penyedap. 
  4. Koreksi rasa, jika dirasa sudah enak siap disajikan

3. Tumis sawi putih tauge

Bahan-bahan:

  1. 1 mangkuk tauge
  2. 3 lembar sawi putih
  3. 10 batang buncis
  4. 5 siung bawang putih
  5. 1 batang daun bawang
  6. 1 batang seledri
  7. 1 sdm kecap inggris
  8. Lada, garam, dan penyedap secukupnya

Cara membuat:

  1. Cuci bersih semua sayuran kemudian potong sesuai selera
  2. Tumis bawang putih geprek kemudian tambahkan air, garam, lada, kecap inggris, dan penyedap
  3. Tambahkan buncis dan sawi kemudian masak hingga agak empuk
  4. Masukkan tauge, daun bawang, dan seledri
  5. Koreksi rasa, jika dirasa sudah enak siap disajikan

Itu tadi beberapa resep makanan yang cocok dengan sawi putih. Ada masih banyak lagi resep makanan lainnya yang cocok dimasak bersama dengan sawi putih. Satu lagi fakta menarik tentang sawi putih, ternyata sawi putih juga bisa bermanfaat untuk ibu hamil lho. Yuk kita cari tau, apa aja sih manfaat sawi putih untuk ibu hamil. 

Baca juga: 7 Manfaat Jus Seledri dan Cara Membuatnya di Rumah!

Sawi Putih Cocok Untuk Ibu Hamil

manfaat sawi putih untuk kesehatan

Ketika sedang dalam keadaan mengandung, kandungan nutrisi yang dikonsumsi harus menjadi perhatian penting karena tidak hanya berpengaruh pada kondisi ibu hamil saja tapi juga berpengaruh terhadap janin yang sedang dikandung. Salah satu sayuran yang kaya akan kandungan nutrisi yaitu sawi putih. Selama masa kehamilan, sawi putih boleh dikonsumsi oleh ibu hamil asalkan sudah dicuci dan dimasak dengan benar. Namun, pada saat kondisi tertentu misalnya perut kembung atau nyeri pada bagian ulu hati sebaiknya sawi putih atau makanan penghasil gas lainnya perlu dihindari terlebih dahulu. Pada saat hamil, mengkonsumsi sawi putih dapat mengurangi tingkat stres ibu hamil yang  mengalami gangguan tidur. Berikut beberapa manfaat sawi putih lainnya bagi ibu hamil yaitu:

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh selama masa kehamilan
  2. Memperkuat tulang ibu serta janin
  3. Mencegah bayi lahir dalam keadaan cacat
  4. Membantu menjaga kenaikan berat badan
  5. Menjaga kesehatan otak

Itulah tadi beberapa contoh manfaat sawi putih bagi ibu hamil. Tapi perlu diingat, sawi putih memang memiliki beragam manfaat namun jika dikonsumsi secara berlebihan maka akan menimbulkan beberapa resiko kesehatan seperti perut terasa panas, perut kembung, diare, dan dapat mengganggu fungsi kelenjar tiroid. Agar kesehatan tetap terjaga, sawi putih bisa dikonsumsi dalam batas wajar dan didampingi dengan jenis nutrisi lainnya. Dimana sih bisa mendapatkan sawi puting yang fresh? Jangan khawatir, sekarang ada aplikasi yang mananya AlloFresh. Di AlloFresh kita bisa berbelanja bahan makanan apa saja yang fresh tanpa harus panas-panasan keluar rumah. Tinggal download aplikasi AlloFresh, pesan, dan bayar. Selanjutnya kita tinggal duduk manis di rumah menunggu pesanan datang. Mudah bukan, yuk download aplikasi AlloFresh sekarang!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button