Inspirasi

Mengenal Beetroot: Tanaman Penuh Khasiat yang Menyehatkan

Beetroot adalah salah satu tanaman yang tidak banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia secara umum sehingga tidak banyak masyarakat Indonesia yang tau. Padahal manfaat dari tanaman ini sangat banyak untuk kesehatan dan mampu memberikan asupan vitamin serta nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Beetroot adalah salah satu bagian akar tunggang dari tanaman beet yang juga biasa dikenal sebagai sayur beets di Amerika atau tanaman beetroot di Inggris. Tanaman ini berasal dari Mesopotamia pada awalnya, tapi penyebaran tanaman ini cukup luas mulai dari daratan Asia hingga ke Eropa. Tanaman beetroot atau bit merupakan anggota dari tanaman umbi-umbian yang memiliki bentuk mirip seperti kentang. Hanya saja warna dari bit adalah warna merah ke ungu gelap.

Tanaman bit memang tidak terlalu populer di kalangan masyarakat. Sebagai tanaman umbi-umbian, di Indonesia masyarakat lebih mengenal kentang, ketela, singkong, dan lainnya sebagai makanan dan berbagai olahannya. Jadi tanaman bit tidak dapat ditemukan dengan mudah di pasar. Kamu bisa mendapatkan tanaman bit di e-grocerries.

Manfaat Beetroot untuk Kesehatan

Beetroot atau tanaman bit memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Mengkonsumsi bit dengan rutin memiliki efek yang baik untuk kesehatan tubuhmu. Karena nutrisi dan vitamin yang terkandung sangat beragam, bit bisa menjadi salah satu makanan sehat yang bisa kamu konsumsi kapanpun. Berikut ini adalah beberapa manfaat beetroot untuk kesehatan:

1. Tinggi Nutrisi dan Rendah Kalori

Beetroot adalah buah yang memiliki nutrisi yang sangat tinggi sedangkan kalori dalam bit cukup rendah. Selain itu, kandungan bit juga tinggi vitamin dan mineral yang sangat diperlukan dalam tubuh. Sebagai contoh, untuk 100 gram beetroot terdapat kandungan sebesar 44 kalori, 1,7 gram protein, 10 gram karbohidrat, serta kaya akan kandungan mangan, potasium dan tembaga. Bit juga tinggi kandungan asam folat yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Tidak hanya itu saja, kandungan vitamin C dalam bit juga mencapai 4% dari kebutuhan harian.

2. Menjaga Tekanan Darah Tetap Normal

Penting sekali agar tekanan darah di dalam tubuh tetap normal. Tekanan darah berhubungan erat dengan kesehatan jantung dan organ tubuh lainnya. Jika tekanan darah terlalu tinggi atau terlalu rendah, maka akan memiliki dampak yang tidak baik untuk tubuh. Jadi mengkonsumsi bit akan sangat membantu tekanan darah selalu normal.

Bit sudah terbukti mampu menurunkan tekanan darah tinggi untuk penderitanya. Mereka yang terkena tekanan darah tinggi bisa mengalami masalah pada jantung. Karena bit mengandung nitrat yang tinggi, maka tekanan darah yang tinggi bisa dikontrol dengan lebih baik. Hanya saja efek dari bit tidak dalam jangka waktu lama. Jadi kamu perlu rutin mengkonsumsi bit agar hasilnya bisa lebih tahan lama.

Baca juga: 10 Manfaat Penting Minyak Canola Untuk Kesehatanmu

3. Cocok untuk Pre Workout

manfaat beetroot

Sebelum berolahraga, kamu bisa mengonsumsi beetroot sebagai salah satu makanan pre workout. Karena bit tinggi dengan nitrat, maka penelitian menemukan fakta bahwa kandungan bit tersebut dapat mempengaruhi mitokondria agar lebih efisien. Jadi, tubuh dapat bekerja dengan lebih maksimal selama berolahraga. Ini karena energi yang dihasilkan menjadi lebih maksimal dan daya tahan tubuh terhadap rasa lelah menjadi lebih lama. Banyak atlet yang juga mengkonsumsi bit sebelum mereka mulai berlatih atau berkompetisi agar bisa lebih maksimal.

4. Anti Inflamasi

Anti inflamasi adalah salah satu manfaat tanaman bit yang diperlukan tubuh ketika terjadi infeksi bakteri atau virus. Fungsi ini bisa mencegah terjadinya peradangan pada luka atau saat terjadi infeksi di dalam tubuh. Jadi luka tidak akan menyebar dan menjadi semakin parah. Inflamasi yang cukup parah bisa berbahaya untuk tubuh karena bisa berpengaruh pada kesehatan jantung, obesitas, penyakit liver, hingga kanker. Jadi mengkonsumsi bit dapat memberikan dampak kesehatan yang baik untuk kesehatan tubuh agar tidak terkena penyakit yang parah.

5. Kesehatan Pencernaan

Beetroot adalah buah yang memiliki kandungan yang sangat tinggi serat sehingga bit bisa memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan pencernaan. Dengan mengkonsumsi bit, kondisi pencernaan akan menjadi lebih sehat dan mudah memproses makanan yang masuk. Hal ini akan mencegah masalah pencernaan seperti kolik, konstipasi, hingga masalah usus yang berbahaya lainnya.

Baca juga: Ini Dia Manfaat Jus wortel Selain Untuk Kesehatan Mata

6. Bermanfaat untuk Kesehatan Otak

Tingginya kandungan nitrat dalam bit dapat membantu darah mengalir dengan lancar ke otak sehingga otak bisa tetap mendapatkan nutrisi yang cukup. Ini akan membantu meningkatkan fungsi kognitif pada otak. Beberapa penelitian bahkan menyatakan bahwa bit membantu meningkatkan kelancaran peredaran darah ke area frontal lobe pada otak. Area tersebut adalah area yang berhubungan dengan pengambilan keputusan dan daya ingat.

7. Anti Kanker

Beetroot memiliki kandungan anti kanker seperti Betaine, ferulic acid, rutin, kaempferol, dan juga caffeic acid. Meskipun masih diperlukan riset lebih dalam, beberapa penelitian sudah menunjukkan bahwa konsumsi bit dapat memperlambat perkembangan sel kanker. Kamu bisa mempertimbangkan bit sebagai salah satu makanan yang bisa dikonsumsi agar memiliki tubuh yang lebih sehat.

8. Diet yang Seimbang

Bit adalah makanan yang sangat cocok untuk konsumsi diet yang seimbang. Dengan kandungan rendah kalori, tinggi protein dan karbohidrat kamu bisa mengkonsumsi bit sebagai salah satu makanan untuk diet seimbang. Karena kebutuhan diet setiap orang berbeda-beda, kamu bisa memanfaatkan nutrisi yang ada di bit untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat dan protein harianmu.

9. Rasanya Enak

Biasanya, makanan yang dikonsumsi untuk mereka yang baru saja memulai diet akan terasa tidak enak. Sebaliknya, bit memiliki rasa yang enak. Karena tergolong sebagai umbi-umbian, bit memiliki sedikit rasa manis yang tidak terlalu dalam. Jadi kamu bisa memakannya dengan menu lain atau memakan bit sendiri sebagai makanan ringan

Baca juga: Kenali Manfaat Tomat Cery yang Baik untuk Kesehatan

Resep Sehat yang Cocok untuk Beetroot

resep jus beetroot

Berikut ini adalah beberapa resep sehat yang cocok sekali untuk bit jika kamu ingin mengkonsumsinya:

1. Salad Bit

Untuk membuat bahan salad bit, kamu bisa menyiapkan bahan berikut ini:

Bahan-bahan: 

  • 500 gram Bit
  • 1 daun bawang 
  • segenggam peterseli
  • segenggam dill
  • 2 siung bawang putih. Cincang halus
  • 6 sendok makan minyak zaitun extra virgin
  • 4 sendok makan cuka anggur merah

Langkah memasak:

  • Cuci bersih bit dan pisahkan dari akar dan daunnya. Kemudian potong-potong bit sesuai selera. Kamu bisa memotong panjang tipis atau potong dadu.
  • Rebus pit dengan air garam terlebih dahulu hingga setengah matang.
  • Jika kamu suka, kamu juga bisa memasukkan batang dan daun dit untuk direbus juga karena bisa dikonsumsi.
  • Setelah selesai direbus, tiriskan semuanya.
  • Tambahkan bawang putih, dill dan peterseli yang sudah dipotong-potong.
  • Tuangkan minyak zaitun dan cuka anggur merah.
  • Tambahkan garam dan merica jika kamu perlu rasa yang lebih kuat.
  • Sajikan salad bit.

2. Jus Bit

Jus bit juga merupakan resep sehat bit yang bisa kamu konsumsi. Berikut bahan dan langkahnya:

Bahan-bahan: 

  • 1 bit berukuran kecil
  • 1 buah apel besar
  • 2 batang seledri
  • 1 buah wortel
  • ½ buah lemon
  • ½ ruas jari jahe yang dikupas

Langkah membuat jus:

  • Cuci bersih semua bahan yang telah disiapkan.
  • Kupas dan potong-potong buah serta sayuran.
  • Masukkan bit, apel, wortel, seledri, dan jahe ke dalam blender atau juicer.
  • Kamu bisa menambahkan 1 cup air jika ingin tekstur yang lebih cair.
  • Setelah selesai, kamu bisa peras air lemon dan tuangkan ke dalam jus lalu sajikan

Manfaat beetroot dan resep sehat di atas bisa kamu ikuti agar tubuhmu menjadi lebih sehat. Kamu bisa membeli bahan yang diperlukan di AlloFresh yang lengkap. Langsung cek AlloFresh sekarang!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button