Inspirasi

Makanan Vegetarian yang Mudah Dimasak untuk Pemula

Mencari resep-resep makanan vegetarian sangat mudah kamu temukan di internet. Sayangnya sebagian resep tersebut banyak yang terlalu susah untuk diikuti oleh masyarakat Indonesia yang masih pemula dalam hal makanan vegetarian. Apalagi, jenis sayuran yang digunakan juga beberapa ada yang cukup susah dicari dan memiliki harga yang mahal. Padahal makanan vegetarian tidak harus menggunakan standar resep yang sama seperti negara barat. Masakan Indonesia sendiri sudah banyak sekali yang tergolong ke dalam menu masakan vegetarian.

Sayuran di Indonesia juga sangat berlimpah karena Indonesia adalah wilayah yang subur dan mudah ditanami berbagai sayuran. Tidak hanya itu saja, makanan pokok masyarakat Indonesia sudah termasuk ke dalam makanan vegetarian yaitu nasi. Kamu bisa mendapatkan berbagai jenis nasi dengan harga yang cukup terjangkau di Indonesia. Berikut ini adalah makanan vegetarian ala Indonesia yang bisa dengan mudah kamu masak sebagai pemula. 

1. Tumis Kangkung

tumis kangkung - makanan vegetarian

Makanan vegetarian satu ini mungkin adalah jenis makanan yang paling sering ditemukan di setiap rumah yang ada di Indonesia. Bahan-bahannya bisa dengan mudah ditemukan di pasar atau supermarket. Tumis kangkung juga tidak memerlukan proses masak yang rumit. Kamu tinggal menyiapkan bawang merah dan bawang putih, lengkuas, dan kangkung. Selanjutnya, kamu cukup menggunakan kecap dan tidak perlu memakai saus tiram untuk menu vegetarian. Menu ini sangat mudah untuk dibuat karena bumbu yang diperlukan adalah gula dan garam saja. Jika ingin menambahkan vetsin atau penyedap rasa, kamu juga bisa menambahkan kaldu jamur agar tetap menjadi menu vegetarian.

2. Sayur Sop

Menu sayur sop juga merupakan jenis menu yang paling mudah untuk pemula. Kamu bisa memasak sendiri sayur sop di rumah tanpa menggunakan daging atau ayam agar tetap mengikuti resep vegetarian. Kamu juga bisa memasukkan berbagai jenis sayuran yang kamu suka mulai dari wortel, buncis, kubis, kentang dan lainnya. Bumbunya juga cukup mudah dibuat. Kamu hanya memerlukan bawang merah, bawang putih, sedikit merica atau lada putih sesuai selera. Sayur sop adalah makanan yang nyaman dimakan saat musim hujan. Menu ini akan lebih nikmat disantap dengan sambal kecap dan nasi yang hangat.

Baca juga: Resep Sop Ayam Spesial yang Nikmat Saat Musim Hujan

3. Sayur Bayam

Menu sayur bayam juga merupakan jenis makanan vegetarian yang cukup sering dimasak di rumah-rumah Indonesia. Di antara semua menu sayur ala Indonesia, sayur bayam adalah yang paling mudah. Kamu hanya perlu menambahkan bawang merah, gula, dan garam sebagai bumbu saja. Selanjutnya kamu juga perlu memasukkan Temu Kunci yang bisa dibeli di pasar agar rasa sayur lebih sedap. Sayuran lain yang bisa dimasukkan adalah wortel dan juga gambas.

4. Kimbab Vegetarian

Kimbab adalah menu makanan dari korea. Makanan ini cukup populer juga di Indonesia karena rasa dan tampilannya yang menarik. Kimbab sendiri adalah makanan yang memiliki isian berbagai macam sayuran dan daging. Kemudian isian tersebut dibungkus oleh nasi dan rumput laut yang gurih. Dalam menu makanan vegetarian, isian dari kimbab memiliki beberapa modifikasi. Misalnya dengan tidak menggunakan daging dan telur sebagai isian dan hanya fokus pada sayuran saja. Kamu juga bisa membuat kimbab sendiri di rumah.

Kamu perlu menyiapkan wortel yang diiris tipis memanjang, bayam atau sawi, timun. Kemudian, tumis ringan semua sayuran. Untuk pengganti daging, kamu bisa menggunakan jamur tiram yang ditumis terlebih dahulu. Kemudian kamu bisa menyiapkan rumput laut kering dan nasi, tata isian dengan rapi, dan gulung kimbab dengan rapi. Selanjutnya kamu bisa memotong kimbab menjadi beberapa bagian agar mudah dimakan. Jenis isian lain yang bisa kamu tambahkan adalah alpukat atau sayuran lain yang kamu suka.

5. Perkedel Tahu

Menu perkedel tahu bisa menjadi alternatif lauk vegetarian untuk dimakan para vegetarian pemula. Agar lebih sesuai dengan aturan makanan vegetarian, kamu bisa tidak perlu menggunakan daging giling sebagai tambahan. Cukup menggunakan tahu dan tepung saja bisa menjadi menu makanan yang enak. Kamu juga perlu memastikan bahwa kondisi adonan tidak memiliki terlalu banyak air agar tidak lembek dan jangan terlalu kering juga agar tidak pecah. Jika adonan tepat, maka kamu juga tidak akan memerlukan telur sebagai tambahan. Cukup masukkan bumbu garam, lada putih, daun bawang agar masakan menjadi lebih enak.

Baca juga: Cara Membuat Tahu Crispy Renyah dan Gurih di Rumah

6. Nasi Goreng

makanan vegetarian indonesia

Nasi goreng bisa menjadi solusi menu vegetarian yang paling mudah untuk kamu masak. Bahan yang perlu digunakan adalah nasi dan sayuran sesuai selera. Jenis makanan ini juga sangat banyak kamu temukan jika kamu ingin membeli makanan di luar. Sebagian besar restoran dengan menu makanan Indonesia pasti menyediakan nasi goreng sebagai salah satu menunya.
Untuk memasak nasi goreng vegetarian, kamu cukup menggunakan bumbu bawang merah, bawang putih, dan garam kamu haluskan. Kamu bisa menambahkan cabe jika kamu suka pedas. Selanjutnya masak nasi goreng dan bumbu hingga merata. Tambahkan sayuran seperti sawi atau kubis jika kamu suka. Menu ini bisa dibuat kapan saja selama ada nasi dan bumbu yang diperlukan.

7. Olahan Tempe Goreng

Tempe sebagai salah satu menu makanan yang menjadi kesukaan banyak masyarakat Indonesia. Tempe terbuat dari kedelai sehingga tergolong sebagai makanan untuk vegetarian. Olahan tempe bisa bermacam-macam. Kamu bisa membuat perkedel tempe, tempe goreng, penyetan tempe dan sebagainya. Menu masakan Indonesia memang cukup sederhana, sehingga kamu bisa menambahkan sambal agar bisa lebih nikmat.

8. Pecel

Menu makanan vegetarian yang juga sangat mudah untuk dibuat adalah pecel. Bumbu pecel bisa dengan mudah kamu beli di supermarket terdekat. Isi pecel sendiri juga sangat sederhana. Kamu bisa mengukus kacang panjang, kecambah, daun pepaya, dan menambahkan timun. Lalu siram dengan menggunakan sambal pecel yang sudah dilarutkan. Untuk lauknya, kamu bisa menggunakan tempe goreng atau tahu goreng sesuai selera.

9. Sayur Asem

makanan vegetarian - sayur asem

Menu ini juga merupakan menu yang sering ditemukan di rumah-rumah Indonesia. Sayur asem sangat mudah untuk dibuat. Bumbunya hanya memerlukan bawang merah, bawang putih dan asem jawa. Untuk kaldu, kamu bisa menggunakan kaldu jamur untuk menu vegetarian yang sesuai selera. Selanjutnya tinggal tambahkan garam dan gula sesuai seleramu.

Baca juga: Bikin Ngiler, Kumpulan Resep Sayur Asem Nusantara Penggugah Selera

10. Aneka Penyetan

Penyetan terkenal sebagai salah satu makanan yang sangat nikmat untuk disantap di Indonesia. Menu penyetan ada bermacam-macam. Mulai dari tempe hingga ayam. Untuk makanan vegetarian, kamu bisa menggunakan menu penyetan tempe, tahu, terong, dan lainnya agar sesuai dengan seleramu. Menu ini cukup mudah kamu buat karena bisa dimakan dengan nasi hangat yang pas.

Menu masakan Indonesia memang banyak yang sesuai dengan menu vegetarian. Banyak sayuran dan bahkan jajanan vegetarian yang bisa kamu coba sebagai pemula dalam hal vegetarian. Sayuran juga sangat mudah kamu dapatkan. Kamu juga bisa membeli kebutuhan makanan untuk vegetarian hanya di AlloFresh. Langsung cek AlloFresh sekarang juga!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button