Inspirasi

Tak Banyak yang Tahu, Ini 10 Manfaat Ubi Ungu bagi Kesehatan

Manfaat ubi ungu sangat banyak untuk kesehatan. Mulai dari kandungan antioksidan yang baik untuk jantung, pencernaan, fungsi kognitif, dan kesehatan hati. Ubi ungu juga baik untuk penderita diabetes. 

Meskipun ubi biasa juga makanan sehat, ubi ungu ternyata lebih baik untuk kesehatan. Ubi ungu memiliki antioksidan (anthocyanin) 2,5 kali lebih banyak daripada ubi biasa yang berdaging oranye.

Cara memasak ubi ungu juga beragam, Kamu bisa memanggang, mengukus, merebus, atau menambahkan ubi ungu ke makanan lain yang akan kamu masak.

Menurut USDA, nutrisi untuk 1 ubi ungu panggang ukuran sedang yaitu 151 kalori, 4 gram protein, 0 gram lemak, 34 g karbohidrat, 3 gram serat, 943 mg potasium (20% Nilai Harian), dan 22 mg vitamin C (24% DV). 

Lantas, apa saja manfaat ubi ungu dari berbagai kandungan nutrisi tersebut? Artikel AlloFresh kali ini akan membahas manfaat-manfaat ubi ungu untuk kesehatan. Yuk, simak artikel di bawah!

1. Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Memasukkan lebih banyak ubi ungu ke dalam makanan kamu bisa bermanfaat bagi kesehatan kamu terutama jika kamu menderita hipertensi.

Salah satu studi yang melibatkan orang dewasa dengan tekanan darah tinggi menemukan bahwa manfaat ubi ungu yaitu bisa membantu menurunkan tekanan darah. Subjek mengkonsumsi jus ubi ungu sebanyak 250 ml setiap hari selama 4 minggu. Para peneliti mencatat bahwa tekanan darah sistolik secara signifikan lebih rendah pada akhir masa percobaan. 

Penelitian lain menemukan bahwa ubi ungu dengan kandungan antosianin yang tinggi memiliki efek positif dalam menurunkan hipertensi. Hasil dari banyak penelitian menunjukkan efek yang baik dari antioksidan ubi ungu dalam membantu menurunkan tekanan darah.

Baca juga: 8 Cara Membuat Sale Pisang Sederhana, Enak, dan Renyah

2. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Manfaat ubi ungu selanjutnya adalah memberikan efek positif pada aktivitas otak kamu. Antosianin dari ubi berdaging ungu bisa mengurangi peradangan yang memengaruhi kinerja kognitif sehingga berpotensi meningkatkan fungsi memori dan berdampak positif pada otak.

Dalam salah satu satu percobaan, para peneliti menemukan bahwa antosianin dari ubi ungu memiliki efek perlindungan pada aktivitas otak. Antosianin membantu otak pulih setelah stroke dengan meningkatkan protein tertentu yang memperbaiki jaringan otak yang rusak.

Secara tidak langsung, manfaat ubi ungu pada akhirnya bisa meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan fokus kamu.

3. Membantu Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Jus ubi ungu atau ubi ungu panggang bisa membantu melancarkan pencernaan kamu.

Sebuah studi tahun 2016 menemukan bahwa manfaat ubi ungu yakni membantu meningkatkan mikrobiota usus. Dengan kata lain, antosianin dalam ubi ungu bisa meningkatkan jumlah probiotik yang bermanfaat dan membantu pencernaan. 

Alasan peningkatan kesehatan pencernaan adalah karena ubi ungu memiliki kualitas prebiotik yang bertindak sebagai “makanan” untuk bakteri usus yang sehat (probiotik).

Manfaat ubi ungu juga baik jika kamu menderita kondisi pencernaan kronis atau akut. Jurnal Digestive Diseases and Sciences melaporkan bahwa ubi termasuk makanan yang tidak memicu gejala kondisi pencernaan seperti gastroparesis (pengosongan lambung yang tertunda).

Bahkan, jika kamu baru sembuh dari serangan gastroenteritis, kamu bisa menambahkan ubi ungu ke dalam makanan ringan untuk membantu sakit perut kamu agar pulih lebih cepat.

4. Membantu Mencegah Asam Urat

Manfaat ubi ungu selanjutnya yaitu ubi ungu baik untuk kamu yang menderita asam urat karena membantu menurunkan asam urat.

Jurnal Food & Function melaporkan bahwa antosianin pada ubi ungu bisa menurunkan asam urat. Studi menemukan bahwa ekstrak ubi ungu secara signifikan menghambat enzim yang memengaruhi kadar asam urat. 

Baca juga: Berbagai Manfaat Pisang Ambon yang Baik Bagi Kesehatan

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Jika kamu sedang mencoba untuk menurunkan berat badan, memasukkan ubi ungu ke dalam makanan kamu bisa membantu kamu untuk menghilangkan lemak.

Manfaat ubi ungu lainnya yang mungkin tidak sangka yaitu mengkonsumsi ubi ungu bisa membantu menurunkan berat badan. Pertama, kandungan serat ubi yang tinggi membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Juga, antosianin dalam ubi ungu bisa mencegah lemak menumpuk di tubuh kamu.

Misalnya, salah satu penelitian menemukan bahwa suplemen yang mengandung ubi ungu mencegah penambahan berat badan dan penumpukan lemak. Para ilmuwan juga mengamati bahwa manfaat ubi ungu yaitu memperbaiki fungsi hati dan ginjal serta mengurangi risiko komplikasi obesitas.

Tentu, jika ingin menurunkan berat badan, kamu perlu melakukan lebih dari sekadar makan ubi ungu.

6. Meningkatkan Kesehatan Hati

Senyawa dalam ubi ungu memiliki efek yang cukup menguntungkan hati di tubuh kamu dan bisa mencegah kerusakan hati.

Menurut jurnal Food and Chemical Toxicology, manfaat ubi ungu jika diekstrak bisa membantu untuk mengurangi jaringan parut pada hati. Antosianin ubi juga dapat membantu memperbaiki gejala fibrosis hati. Jurnal yang sama melaporkan bahwa senyawa ubi ungu menurunkan peradangan hati.

7. Memperlambat Proses Penuaan

Karena anthocyanin ubi merupakan antioksidan kuat, ubi satu ini bisa membantu kamu untuk menunda penuaan.

Dalam sebuah penelitian, para ilmuwan mencatat bahwa manfaat ubi ungu yaitu antosianinnya bisa membunuh radikal bebas dalam tubuh. Bahkan, ubi ungu berpotensi menurunkan glukosa darah dan mencegah tumor.

8. Baik untuk Penderita Diabetes

Mengonsumsi ubi ungu bisa membantu kamu mengelola gejala diabetes karena kandungan flavonoidnya bisa menurunkan kadar glukosa darah. Salah satu studi menemukan bahwa mengonsumsi ekstrak ubi ungu terbukti mampu menurunkan kadar lemak darah dan kadar glukosa darah. 

9. Memiliki Sifat Antikanker

Ubi jalar ungu merupakan sayuran fungsional yang kaya akan antioksidan sehingga manfaat ubi ungu lainnya yakni bisa mencegah perkembangan dan penyebaran sel kanker.

Satu percobaan laboratorium menemukan bahwa antosianin ubi ungu bisa membantu  mencegah kanker kolorektal dengan membunuh sel-sel ganas. Beberapa ilmuwan juga menemukan bahwa fraksi antosianin membantu mencegah mutasi sel.

Tentu saja, kanker adalah penyakit yang kompleks dan tidak ada satupun makanan yang dapat menyembuhkannya. Namun, memasukkan makanan kaya antioksidan dalam diet kamu bisa membantu mengurangi risiko kanker tertentu.

10. Mengurangi Gejala Asma

Pada intinya, manfaat ubi ungu sangat banyak untuk kesehatan dan sebagian besar karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Namun, kamu juga harus berhati-hati agar tidak mengonsumsi ubi termasuk ubi ungu secara berlebihan karena justru tidak baik untuk kesehatan.

Asma adalah penyakit peradangan kronis pada saluran udara. Penelitian menunjukkan bahwa makan makanan tinggi antioksidan dikaitkan dengan penurunan risiko asma. Studi juga menunjukkan bahwa makanan yang asupan vitamin C-nya rendah memiliki peningkatan risiko asma sebesar 12 persen. Jika ubi ungu kaya akan antioksidan termasuk vitamin A dan C, berarti bisa membantu tingkat asupan harian vitamin tersebut.

Selain itu, kamu juga harus pintar dalam memilih ubi ungu. Kamu harus bisa memilih ubi ungu yang manis, berkualitas baik, dan tidak busuk. Untuk mempermudah menemukan kualitas ubi ungu yang bermutu, kamu bisa membeli ubi ungu di aplikasi AlloFresh.

Ubi ungu dijamin berkualitas tinggi, pesanan sampai hanya dalam waktu 3 jam, dan kamu bisa berbelanja kebutuhan sehari-hari lainnya dengan harga terjangkau! Yuk, unduh aplikasi AlloFresh di Google Play atau App Store sekarang.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button