Inspirasi

Mencukupi Asupan Antioksidan Tubuh dengan Terong Lalapan

Salah satu manfaat terong lalapan untuk tubuh adalah sebagai antioksidan. Vitamin yang dikandung dalam terong lalapan juga sangat bergizi dalam tubuh. Dengan mengonsumsi terong secara mencukupi, ada banyak gizi yang dapat diambil oleh tubuh. Terong juga merupakan jenis sayuran yang bisa dengan mudah didapat oleh masyarakat Indonesia. Terong juga bisa diolah menjadi berbagai macam jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk sehari-hari.

Berikut ini adalah beberapa manfaat terong lalapan yang bisa didapatkan oleh tubuh jika kamu rajin mengonsumsi terong lalapan. 

Vitamin C

Terong memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Tubuh akan membutuhkan vitamin C untuk menjaga sel-sel tubuh agar tetap sehat. Vitamin C sangat dibutuhkan untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Vitamin C juga berperan untuk antioksidan yang menjaga regenerasi sel tetap berlangsung. Jadi, mengonsumsi terong lalapan bisa bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh juga.

Baca juga: Macam Aneka Resep Es Jeruk untuk Melepaskan Dahagamu

Vitamin B6

Vitamin B6 juga merupakan salah satu kandungan yang terdapat dalam terong lalapan. Manfaat vitamin B6 untuk tubuh adalah untuk membantu perkembangan otak dengan baik serta menjaga daya tahan tubuh. Kekurangan vitamin B6 akan mengakibatkan anemia, bibir pecah-pecah, hingga munculnya dermatitis. Kandungan ini sangat diperlukan oleh tubuh karena bisa menjaga sistem saraf tubuh.

Vitamin K

Salah satu vitamin yang diperlukan untuk mencegah terjadinya penggumpalan darah dalam tubuh. Vitamin K juga merupakan salah satu vitamin yang membantu penyembuhan luka agar lebih cepat. Selanjutnya vitamin K dalam tubuh juga berperan sebagai salah satu zat yang menjaga tulang agar tetap kuat

Magnesium

Magnesium memiliki banyak fungsi penting dalam tubuh. Misalnya sebagai zat yang membantu produksi energi. Jadi kamu dapat beraktivitas sehari-hari karena energi yang tercukupi. Selain itu magnesium juga membantu sistem saraf dan otot-otot di tubuh sehingga bisa bergerak dengan mudah dan tetap sehat.

Fiber

Terong memiliki fiber atau serat yang tinggi. Serat sangat dibutuhkan tubuh untuk sistem pencernaan yang sehat. Dengan serat yang tercukupi, kadar gula dalam tubuh juga menjadi lebih teratur. Tubuh jadi tidak mudah lapar dan tentunya sistem pencernaan menjadi lebih sehat.

terong lalapan

Asam Folat

Tidak hanya bermanfaat untuk ibu hamil saja, asam folat berperan penting dalam pembentukan sel darah merah dalam tubuh. Jika sel darah merah tercukupi, kamu tidak akan mengalami kekurangan darah, dan tubuh bisa mendapatkan nutrisi serta oksigen yang cukup. Dengan demikian, tubuhmu akan selalu sehat karena nutrisi yang tercukupi.

Kandungan tersebut merupakan beberapa kandungan penting yang sangat diperlukan oleh tubuh. Ada banyak kandungan lain yang juga ada di dalam terong dan memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Jadi, mengonsumsi terong bisa sangat bermanfaat untuk tubuh. Tidak hanya itu saja, terong adalah jenis sayuran yang bisa dengan mudah dibeli di pasar. Harga dari terong juga sangat terjangkau, sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk bisa mengonsumsi terong yang kaya manfaat untuk tubuhmu.

Cara memasak terong juga sangat mudah. Selain digunakan sebagai terong lalapan, aneka olahan terong ada bermacam-macam. Mulai dari terong balado, terong penyetan, tumis terong kecap, hingga terong krispy. Olahan terong tersebut dapat disesuaikan dengan selera makanmu. Jadi, kamu nggak bosan dengan hanya memakan terong lalapan saja. Apalagi cara memasak terong juga sangat mudah dan tidak memerlukan waktu lama.

Menu Makanan yang Cocok dengan Terong Lalapan

terong balado


Mengonsumsi terong bisa menjadi salah satu solusi agar tubuh mendapatkan asupan vitamin yang cukup. Sayangnya banyak orang merasa bosan jika harus mengonsumsi terong lalapan secara terus menerus. Padahal terong adalah jenis sayur lalapan yang juga bisa cocok dikonsumsi dengan jenis makanan lainnya. Berikut ini adalah jenis makanan yang cocok dikonsumsi dengan terong lalapan.

1. Tempe Penyet

Tempe penyet memang tidak bisa lepas dengan aneka lalapannya. Salah satu lalapan yang juga disediakan dalam tempe penyet adalah terong. Terong yang dikukus akan menjadi lalapan yang nikmat untuk dikonsumsi tempe penyet dengan sambal yang pedas. Rasa terong yang sudah dikukus lembut dan tanpa bumbu bisa menetralkan lidah setelah makan tempe penyet yang gurih dan pedas.

Baca juga: 10 Resep Tempe Mendoan, Dijamin Enak Dan Bikin Ketagihan

2. Sambal Terong Kelapa

Salah satu menu yang jarang diketahui masyarakat Indonesia adalah menu sambal terong kelapa. Menu ini menggunakan terong sebagai lalapan yang dikukus terlebih dahulu, lalu dimasukkan ke dalam sambal kelapa. Cara mengonsumsinya langsung dengan nasi yang masih hangat dan bisa ditambahkan lauk pauk lain yang kamu suka.

3. Ayam Geprek

Menu yang juga cukup terkenal ini memang tidak lepas dari lalapan. Mengonsumsi ayam geprek tidak akan sempurna tanpa adanya lalapan. Salah satu lalapan yang tidak bisa dilewatkan tentu saja terong. Terong bisa menjadi lalapan ayam geprek yang saling melengkapi dengan mentimun dan juga kubis.

4. Ayam Penyet

ayam penyet lalapan

Menu yang juga mirip dengan ayam geprek ini juga memerlukan lalapan sebagai pelengkap makan. Beberapa lalapan yang sering digunakan adalah timun, daun kemangi dan terong. Terong kukus selalu menjadi solusi pelengkap lalapan untuk ayam penyet. Rasa makan juga menjadi lebih nikmat dengan adanya terong sebagai lalapan.

5. Ikan Bakar

ikan bakar lalapan

Pastinya menu ikan bakar adalah salah satu menu favorit masyarakat Indonesia. Menu ini hadir di hampir setiap restoran keluarga yang ada. Menu ikan bakar selalu menjadi favorit untuk acara keluarga dan acara makan bersama lainnya. Mengonsumsi ikan bakar tentu saja tidak bisa jika tanpa lalapan. Lalapan adalah pelengkap saat mengonsumsi ikan bakar dengan sambal yang pedas. Lalapan seperti kacang panjang, kubis, timun, kemangi, dan tidak lupa terong akan membantumu mengonsumsi menu ikan bakar dengan cara yang lebih nikmat.

Baca juga: Resep Gurame Asam Manis Pedas Mudah untuk Menu Rumahan

6. Ayam Bakar

Sama seperti ikan bakar, mengonsumsi ayam bakar tidak akan lengkap tanpa adanya lalapan. Lalapan lengkap yang hadir untuk menemanimu menyantap ayam bakar dengan sambal yang pedas bisa meningkatkan selera makanmu. Mengonsumsi ayam bakar dengan lalapan juga memberikan gizi seimbang untuk tubuhmu.

7. Rujak Terong

Menu ini cukup jarang ditemukan, tapi bumbu rujak asinan bisa digunakan untuk menyantap terong dengan nikmat. Jika kamu ingin mengonsumsi terong tanpa lauk pauk dan nasi, kamu bisa mengolah terong menjadi rujak. Cukup gunakan bumbu rujak yang sesuai dengan seleramu. Bisa dengan menggunakan bumbu rujak asinan, dan bisa juga menggunakan bumbu rujak manis. Terong yang kriuk kriuk bisa menjadi salah satu menu yang nikmat untuk dikonsumsi dengan sambal rujak.

8. Pecel

Pecel memiliki isian berbagai macam sayuran. Terong juga bisa digunakan sebagai salah satunya. Terong yang digunakan bisa dikukus terlebih dahulu kemudian disiram dengan bumbu pecel bersama dengan sayuran lain seperti kecambah dan kacang panjang.

Manfaat terong lalapan ada banyak sekali. Dengan mengetahui menu-menu di atas, kamu bisa mempelajari bagaimana cara mengonsumsi terong dengan nikmat. Jadi asupan gizi di tubuhmu menjadi cukup. Tentunya kamu bisa berbelanja terong dan bahan lainnya hanya di AlloFresh. Langsung saja cek AlloFresh sekarang!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button