Tips

Selai Nanas, Selai yang Serbaguna untuk Teman Makan!

Para pecinta nanas pasti ingin tahu caranya membuat selai nanas. Apalagi selai nanas bisa digunakan untuk bermacam-macam makanan. Cara membuat selai nanas juga tidak terlalu rumit. Pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana caranya membuat selai nanas untuk berbagai sajian.

Nanas sendiri adalah buah yang kaya akan nutrisi, namun kalorinya cukup rendah. Bagi yang menyukainya, nanas adalah buah yang cukup lezat. Seperti beberapa buah lainnya, nanas bisa dimakan langsung dan diolah menjadi makanan lain. Jadi tidak heran kalau kamu melihat makanan rasa buah atau makanan dengan bahan dasar buah. Tapi selain itu, nanas sendiri adalah buah yang banyak manfaatnya dari nutrisi yang buah tersebut miliki. Beberapa manfaatnya adalah sebagai berikut:

Manfaat Buah Nanas

1. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Bagi kamu yang sering mengalami gangguan pencernaan, memakan buah nanas menjadi salah satu pilihan tepat. Buah yang satu ini kaya akan antioksidan dan serat. Karena itu, pencernaan kamu jadi lebih lancar dan terhindar dari masalah pada pencernaan seperti sembelit.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Buah nanas juga adalah buah yang kaya akan vitamin C. Bahkan, 1 cangkir nanas sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian. Manusia membutuhkan Vitamin C untuk membantu meningkatkan imunitas daya tahan tubuh sehingga lebih kuat dalam melewati kegiatan sehari-hari. Apalagi pada masa-masa pandemi seperti ini, daya tahan tubuh sangat penting agar terhindar dari penyakit.

Baca juga: Ini Dia Manfaat Jus Wortel Selain Untuk Kesehatan Mata

3. Mengurangi Peradangan

Ternyata, buah nanas juga bagus untuk mengatasi peradangan lho! Peradangan sering sekali dialami oleh manusia dalam kegiatan sehari-hari, sebut saja saat radang tenggorokan, pilek, sinusitis dan lain-lain. Selain itu, kandungan yang terdapat dalam nanas juga membantu mengurangi batuk dan mengencerkan dahak tenggorokan.

Selain banyak khasiatnya, nanas sendiri kerap dimakan dan diaplikasikan untuk makanan. Salah satu yang paling dikenal menggunakan nanas adalah selai. Selai nanas biasanya digunakan tidak hanya sebagai pendamping roti tawar, namun juga untuk hidangan lain seperti nastar. Berikut adalah beberapa cara membuat selai nanas yang bisa kamu coba!

Cara Membuat Selai Nanas untuk Nastar

Nastar sendiri adalah kue kecil yang paling disenangi kehadirannya ini. Nastar paling sering muncul ketika menjelang lebaran dan saat lebaran. Jadi tidak heran jika menjelang lebaran, banyak yang menjual kue nastar. Kalau mau bikin nastar sendiri juga bisa! Ini adalah beberapa bahan dan langkah yang dibutuhkan sebagai cara membuat selai nanas:

Baca juga: Tidak Banyak Orang Tahu, Berikut Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan

Bahan-bahan

  • Buah nanas 1-2 kg
  • Cengkeh
  • Kayu Manis Batang
  • Gula Pasir

Langkah-langkah:

  1. Parut semua bagian nanas, mulai dari bagian luar hingga daging nanas kemudian buang bagian tengahnya. Lalu saring airnya.
  2. Kemudian panaskan di wajan dengan api sedang.
  3. Masukkan nanas yang sudah diparut, kayu manis dan cengkeh. Lalu aduk semuanya hingga kemudian mengering.
  4. Masukkan gula pasir secukupnya lalu diaduk kembali hingga berwarna kecokelatan dan mengering.
  5. Matikan kompor, lalu tunggu hingga agak sedikit dingin. Bulat-bulatkan dalam bentuk yang sesuai dengan nastar yang kamu inginkan
  6. Selai nanas siap digunakan untuk isian nastar

Cara Membuat Selai Nanas agar Tidak Lengket

Nah selai nanas bisa digunakan berbagai hal seperti untuk roti ataupun untuk nanas. Bisa saja kamu membeli selai nanas sendiri tapi belum tentu rasanya sesuai dengan hal yang kamu inginkan. Karena itu kamu bisa membuatnya sendiri. Ada juga mereka yang mengeluh karena selai nanas yang mereka buat sedikit lengket. Berikut adalah langkah-langkah cara membuat selai nanas agar tidak lengket:

Bahan-Bahan

  • Sebuah nanas yang matang dan sudah dicuci bersih
  • ½ sdt kayu manis bubuk
  • 2 buah jeruk lemon,peras airnya
  • Gula Pasir
  • Garam

Langkah-langkah

  1. Parut bagian nanas dan dikupas pada bagian matanya hingga bersih agar tidak membuat lidah gatal ketika dimakan
  2. Tuangkan pada wajan yang anti lengket dan panaskan menggunakan api sedang. Sebaiknya tidak menggunakan blender untuk menghindari lengket dan mengurangi air yang terdapat di dalam nanas.
  3. Masukkan lemon, gula pasir, kayu putih dan garam ke dalam wajan tersebut lalu diaduk
  4. Saat hampir matang dan mengental, terus aduk adonan tersebut agar tidak lengket ketika selesai.
  5. Setelah selesai, simpan selai di wadah yang kamu inginkan. Sebaiknya simpan di wadah yang mempunyai penutup sehingga bisa awet dan aman dipakai untuk kamu makan.

Baca juga: Menu Sarapan Pagi yang Sehat dan Mudah Diolah di Rumah

Cara Membuat Selai Nanas di Blender

Sebenarnya cara membuat selai nanas banyak caranya. Meskipun pada akhirnya selalu menggunakan wajan namun ada dua cara untuk mengolah nanas. Kedua cara tersebut adalah dengan diparut ataupun diblender. Setelah sebelumnya mengolah nanas dengan cara diparut, berikut adalah cara membuat selai nanas di blender.

Bahan-bahan

  • Buah Nanas
  • Gula pasir
  • Kayu manis
  • Garam

Langkah-langkah

  1. Cuci nanas yang ingin digunakan. Setelah itu, potong nanas menjadi beberapa potongan kecil. Setelah itu blender nanas.
  2. Blender nanas hingga merata. Pastikan agar nanas tersebut hingga lumayan halus.
  3. Taruh dalam wajan kemudian panaskan menggunakan kompor dengan api sedang.
  4. Setelah itu, masukkan gula pasir, kayu manis dan garam. Setelah itu terus diaduk sampai rata.
  5. Aduk hingga adonan hampir kering.
  6. Matikan kompor lalu dinginkan
  7. Pindahkan ke wadah untuk menaruh selai tersebut.

Cara Membuat Selai Nanas untuk Roti Tawar

Selain sedap diminum dan dimakan sebagai buah, nanas juga tidak kalah lezatnya disantap bersama roti tawar. Gabungan roti dan selai nanas di pagi hari tentu saja menggoda. Apalagi jika dibuat sendiri sesuai keinginan kamu. Berikut adalah cara membuat selai nanas untuk roti saat sarapan:

Bahan-bahan:

  • Buah Nanas
  • Kayu Manis 
  • Gula Pasir 
  • Jeruk Nipis 
  • Air 

Langkah-langkah

  1. Parut nanas dan buang bagian yang tidak diperlukan.
  2. Taruh di wajan yang sudah dipanaskan. Lebih baik menggunakan api sedang saat memasaknya. Masukkan air secukupnya dan diaduk.
  3. Setelah itu masukkan perasan jeruk nipis, gula pasir dan kayu manis lalu aduk kembali hingga merata.
  4. Aduk hingga sedikit kecoklatan dan agak mengering. Setelah itu matikan kompor.
  5. Setelah dingin, pindahkan ke wadah yang ingin kamu gunakan untuk meletakkan selai yang ingin kamu gunakan pada roti.

Baca juga: Berbagai Manfaat Pisang Ambon yang Baik Bagi Kesehatan

Demikian adalah penjelasan singkat tentang cara membuat selai nanas. Banyak buah yang sedianya tidak hanya bisa dimakan utuh, namun juga bisa dijadikan selai. Buah-buahan seperti strawberry, nanas, atau apel sering dijadikan selai untuk dimakan roti. Roti dengan selai tidak hanya akan terasa manis, namun juga terasa segar dibandingkan menggunakan isian lain.

Kalau kamu membutuhkan nanas untuk dikonsumsi langsung atau dijadikan selai, kamu bisa beli melalui AlloFresh. Melalui AlloFresh, banyak sekali promo yang bsa kamu dapatkan. Selain itu, buah atau bahan lain yang kamu pesan bisa sampai di depan rumah kamu tanpa perlu capek. Yuk, pakai AlloFresh yang bisa bantu kamu jadi lebih praktis dan nyaman!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button