Inspirasi

Jangan Dibuang! Ternyata Ini Manfaat Kulit Pisang

Kamu pasti sering liat kulit pisang, tapi bingung apa manfaat kulit pisang? Kalau selama ini orang-orang fokusnya sama manfaat buah pisang, tapi ternyata banyak juga manfaat kulit pisang. Karena sebenarnya ada beberapa buah yang bermanfaat bukan hanya isinya saja, tapi juga kulitnya.

Seperti yang kita ketahui bersama, buah-buahan adalah salah satu asupan yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Nutrisi yang terdapat pada buah membantu dan menyehatkan tubuh. Apalagi sejak kecil, kita selalu diajarkan bahwa buah-buahan termasuk dalam 4 sehat 5 sempurna.

Cara orang menikmati buah pun berbeda-beda. Ada yang menyantapnya langsung, ada yang memilih untuk dibuat jus. Ada juga yang menggunakan buah sebagai bahan dari masakan atau dijadikan dessert. Yang pasti, buah-buahan sehat dan bergizi serta nikmat dan menyehatkan selama tidak dikonsumsi berlebihan.

Begitu juga buah pisang. Buah yang satu ini bisa dibilang sedikit berbeda dengan buah-buah lain. Jika buah-buah lain biasanya berbentuk bulat, buah pisang sedikit lebih panjang dengan warna kuning yang khas. Pisang adalah salah satu buah yang sangat disukai oleh banyak orang.

Buah yang kaya akan vitamin A ini juga sangat berguna bagi tubuh. Selain menguatkan tulang, pisang juga sering disebut bagus untuk kulit. Selain itu, pisang juga dianggap mampu membantu kekebalan tubuh dan melancarkan aliran oksigen ke otak. Dengan harga yang terbilang masuk akal, wajar kalau pisang menjadi favorit.

Baca juga: Daftar Kandungan Pisang yang Bermanfaat Untuk Tubuh

Selain itu, cara menyantap pisang pun terbilang gampang. Buka pisang dari kulitnya, dan kamu bisa menikmati pisang tersebut. Harga pisang yang bisa dibilang terjangkau membuat buah pisang digemari berbagai lapisan masyarakat. Pisang juga mudah dibawa ke mana-mana. Kamu bisa melihat di beberapa tempat makan biasanya menyediakan pisang dan bukan buah lain.

Tapi, apakah kamu tahu kalau kulit pisang ternyata juga bisa digunakan? Selama ini kulit pisang lebih sering diasosiasikan sebagai sesuatu yang sering membuat jatuh, apalagi pada tayangan kartun. Usut punya usut, ternyata kulit pisang cukup bermanfaat bagi tubuh. Mau tahu apa saja manfaat kulit pisang bagi manusia?

Manfaat Kulit Pisang

Siapa yang menyangka kalau ternyata yang bisa dikonsumsi bukan hanya isinya saja, tapi juga kulitnya. Berikut adalah beberapa manfaat kulit pisang yang perlu kamu ketahui. 

1. Mencerahkan Wajah

Salah satu manfaat kulit pisang yang paling menarik adalah manfaat kulit pisang untuk wajah. Kulit pisang dianggap bisa membantu wajah menjadi lebih cerah. Jadi tak heran jika terdapat para gadis yang menggunakan kulit pisang sebagai salah satu pilihan untuk wajahnya menjadi lebih cerah.

2. Mengurangi Kerutan

Kalau tadi mungkin manfaat yang lebih disenangi para gadis muda, manfaat yang satu ini yang membuat kulit pisang juga diminati oleh manusia. Kemampuannya mengurangi kerutan juga menjadi kemampuan yang tak kalah seksinya. Kapan lagi memakan buah yang isinya dinikmati dan kulitnya juga mampu dimanfaatkan untuk diri sendiri.

Baca juga: 8 Cara Membuat Sale Pisang Sederhana, Enak, dan Renyah

3. Menghilangkan Jerawat

Salah satu manfaat kulit pisang untuk wajah kembali. Jerawat sendiri juga tidak bisa dibilang penyakit. Jerawat akan datang dan pergi tapi bagi beberapa orang, tak ada salahnya untuk mewujudkannya dengan menggunakan kulit pisang yang ia sering makan. Apalagi tak jarang posisi jerawat dan cukup mengganggu.

kulit pisang untuk wajah

4. Memutihkan Gigi

Selain dengan cara rutin menggosok gigi serta berkumur-kumur sebelum tidur, ternyata menggunakan kulit pisang juga dapat membuat gigimu lebih putih, atau setidaknya lebih cerah. Hal tersebut bisa dilakukan dengan menggosokkan gigimu dengan kulit pisang yang ada. Pastikan paling tidak gigi bersih sebelumnya.

5. Meredakan Nyeri

Kali ini manfaatnya yang bagi tubuh juga. Ternyata, kulit pisang mengandung anti inflamasi. Oleh karena itu, kulit pisang dianggap mampu membantu meredakan nyeri yang dialami oleh seseorang. Cukup dengan menggosokkan bagian yang terasa nyeri dengan kulit pisang. Jangan lupa gunakan minyak gosok agar lebih licin dan lebih mudah menggosokkan kulit pisang tersebut.

Baca juga: Tidak Banyak Orang Tahu, Berikut Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan

6. Membantu Mengatasi Psoriasis

Masih tentang manfaat kulit pisang untuk tubuh. Ternyata, kulit pisang dapat membantu seseorang untuk mengatasi psoriasis. Psoriasis sendiri adalah penyakit kulit yang membuat kulit seseorang meradang. Psoriasis akan membuat kulit seseorang menjadi kering, berwarna kemerahan, bersisik dan mudah terkelupas. Jika itu terjadi, selain konsultasi dengan dokter kamu juga bisa dibantu dengan kulit pisang. Dengan menggesekkan kulit pisang pada bagian yang terkena, bagian yang berwarna kemerahan tersebut perlahan warnanya akan pudar.

7. Mengobati Luka

Ternyata, manfaat kulit pisang juga bisa membantumu mengobati luka. Kandungan kulit pisang yang terdapat antioksidan di dalamnya, dipercaya dapat membantu seseorang perlahan mengobati lukanya. Tak jauh berbeda dengan proses lainnya, yang kamu harus lakukan adalah menggosokkan kulit pisang pada bagian yang luka secara perlahan. Setelah itu, pastikan gunakan air bersih.

manfaat kulit pisang untuk luka

8. Menghilangkan Mata Panda

Manfaat kulit pisang yang satu ini cocok untuk kamu yang suka begadang karena tugas kuliah atau karena lembur yang tak kunjung habis. Biasanya mereka yang kegiatannya begitu akan mempunyai kantung mata hitam di bawah. Kalau itu terjadi, kamu bisa memanfaatkan kulit pisang yang kamu makan. Caranya adalah dengan memakai sebagian kulit pisang tersebut dan dicampur dengan aloe vera kemudian digosokkan di sekitar area bawah mata selama 15 menit. Setelah itu jangan lupa untuk mencuci muka dengan air bersih.

9. Menghilangkan Memar

Terlepas dari ceroboh atau tidak, terkadang manusia sering mendapatkan memar di tubuhnya. Tak jarang memar tersebut akan membuat warna kulit sedikit berubah. Jika itu terjadi, manfaat kulit pisang bisa kamu gunakan agar membantumu menghilangkan memar. Cukup gosokkan di bagian yang berwarna memar, lalu dibilas dan diulang kembali prosesnya.

Baca juga: Daftar Buah yang Baik Pasca Operasi Caesar dan Manfaatnya

10. Membantu Menghilangkan Sakit Kepala

Ternyata bukan masalah kosmetik atau luka saja yang bisa bantu diatasi dengan kulit pisang. Penyakit migrain atau sakit kepala kerap dialami orang-orang. Tak peduli, umur atau pekerjaannya, biasanya sakit kepala biasa terjadi. Kalau itu sering terjadi. Kamu bisa memanfaatkan kulit pisang, Bagaimana caranya? Dinginkan kulit pisang pada kulkasmu. Jika sudah cukup dingin, letakkan kulit pisang di bagian jidat selama beberapa waktu.

11. Menjaga Kesehatan Rambut

Kandungan kulit pisang yang terdapat antioksidan, ternyata bagus untuk rambut. Jadi bagi kamu yang suka makan pisang dan merawat diri, tak ada salahnya memanfaatkan kulit pisang tersebut sebagai bagian perawatan diri. Biasanya kulit pisang tersebut digunakan sebagai bagian dari masker rambut.

manfaat kulit pisang untuk rambut

Demikian adalah sedikit penjelasan singkat mengenai manfaat kulit pisang bagi kehidupan manusia. Siapa sangka kalau kulitnya yang biasa dibuang begitu saja ternyata bisa membantu manusia untuk menjaga kesehatan dan kecantikkan dirinya. Itulah bukti bahwa tidak ada sesuatu yang tidak berguna jika dimanfaatkan dengan baik.

Bagi kamu yang gemar memasak atau cuma memasak untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, kamu bisa belanja di AlloFresh. Di AlloFresh, produk yang ada selalu segar sehingga sedap untuk dimasak nantinya. Belum lagi kurir yang dapat dipercaya. Tunggu apalagi, langsung aja pakai AlloFresh!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button