Inspirasi

Daftar Kandungan Pisang yang Bermanfaat Untuk Tubuh

Kandungan pisang ada bermacam-macam. Setiap kandungan tersebut memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Maka dari itu mengonsumsi pisang memberikan manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Tidak hanya itu saja berbagai macam kandungan pisang terbukti dapat menjaga tubuh dari berbagai macam penyakit. Ini karena kandungan yang ada di pisang merupakan yang cukup baik dan bergizi.

Daftar Kandungan Pisang dan Manfaatnya untuk Tubuh

Jika kamu suka mengkonsumsi pisang, berarti tubuhmu bisa mendapatkan manfaat yang bagus dari kandungan positif yang ada di dalam buah pisang. Dengan rajin mengkonsumsi pisang secara tidak rajin kamu juga menjaga daya tahan tubuh dari berbagai penyakit yang akan menyerang tubuhmu. Berikut ini adalah daftar kandungan pisang yang bermanfaat untuk tubuh:

1. Vitamin B6

Vitamin B6 adalah salah satu kandungan dalam pisang yang berperan penting untuk perkembangan otak. Selain itu manfaat Vitamin B6 adalah menjaga sistem imun dan sistem saraf tubuh manusia agar tetap bekerja dengan baik. Kekurangan vitamin B6 biasanya akan ditandai dengan anemia, bibir kering dan pecah-pecah, bahkan dermatitis yang muncul di kulit. Dengan mengkonsumsi pisang yang kaya dengan kandungan vitamin B6, kamu telah menjaga tubuhmu dari asalah yang mungkin muncul karena kekurangan vitamin B6.

2. Serat

Pisang juga merupakan jenis buah yang tinggi akan serat. Satu buah pisang memiliki kurang lebih 3,1 gram serat yang membantu tubuh. Kandungan gizi pisang yang paling tinggi selanjutnya setelah vitamin B6 adalah serat yang merupakan kandungan penting untuk melancarkan sistem pencernaan tubuh. Tanpa adanya sistem pencernaan yang lancar, tentunya akan kesulitan bagi manusia untuk menjalankan kesehariannya. Selain itu, serta juga mampu mengurangi kolesterol, menjaga kandungan gula di dalam darah, dan tentunya menjaga berat badan tubuh agar tetap stabil. Serat juga salah satu kandungan jantung pisang yang cukup tinggi.

Baca juga: Jangan Dibuang! Ternyata Ini Manfaat Kulit Pisang

3. Potassium

Kandungan dalam pisang yang juga bermanfaat adalah Potasium. Potasium memiliki manfaat untuk menjaga kadar cairan dalam sel tubuh. Jadi sel-sel dalam tubuh tidak mengalami dehidrasi dan tetap bisa bekerja dengan baik. Terutama sel otot yang selalu diperlukan untuk bekerja setiap saat.

gizi buah pisang

4. Magnesium

Kandungan pisang selanjutnya yang juga sangat penting untuk tubuh adalah Magnesium. Manfaat magnesium untuk tubuh adalah menjaga tekanan darah dan gula darah dalam level yang normal, serta membuat protein, tulang, dan DNA dalam tubuh. Kasus kekurangan magnesium memang jarang terjadi karena tidak menunjukkan tanda-tanda yang terlihat jelas. Hanya saja kekurangan magnesium dalam tubuh dapat mengakibatkan kelelahan, mual, tidak nafsu makan, dan tubuh yang merasa lemah.

5. Vitamin C

Vitamin C dalam pisang sangatlah bermanfaat untuk tubuh. Manfaat vitamin C adalah menjaga agar sel-sel tubuh tetap sehat, menjaga tulang, pembuluh darah, serta kulit agar tetap sehat, dan juga membantu penyembuhan luka. Vitamin C ini sangat bermanfaat ini memberikan dampak positif dari rajin mengkonsumsi pisang.

6. Mangan

Kandungan gizi pisang yang juga sangat terkenal adalah Mangan. Mangan membantu tubuh untuk membentuk jaringan ikat, tulang, faktor pembekuan darah dan juga hormon seksual dalam tubuh. Kekurangan mangan dapat mengakibatkan tulang-tulang yang lemah, fertilitas rendah, metabolisme yang tidak normal bahkan obesitas. Jadi mangan sangat dibutuhkan oleh tubuh agar lebih sehat.

Tidak hanya kandungan di atas saja, jantung pisang juga sangat bermanfaat. Apalagi jantung pisang sangat kaya dengan kalsium, fosfor, dan zat besi yang bermanfaat untuk tubuh. Jadi tidak hanya pisang saja, mengkonsumsi jantung pisang bisa bermanfaat juga untuk tubuh.

Baca juga: Berbagai Manfaat Pisang Ambon yang Baik Bagi Kesehatan

Manfaat Mengkonsumsi Buah Pisang

manfaat buah pisang

Mengkonsumsi buah pisang dapat memberikan manfaat yang baik dalam tubuh. Karena kandungan pisang di atas adalah jenis kandungan yang sangat diperlukan oleh tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan rajin mengkonsumsi pisang:

1. Kaya Nutrisi

Pisang adalah jenis buah yang kaya dengan nutrisi. Satu buah pisang memiliki 112 kalori. Sebagian besar kandungan buah pisang juga terdiri dari air dan karbohidrat. Pisang juga mengandung sedikit protein dan tanpa lemak.

2. Meningkatkan Gula Darah

Pisang yang tinggi akan serat larut dapat membantu proses pencernaan. Serat larut akan larut dalam cairan dan membentuk gel. Dengan begini, pisang bisa memperlambat proses pengosongan lambung setelah makan dan menjaga gula darah di level yang normal. Jadi kamu tidak akan merasa mudah lapar.

3. Menyehatkan Pencernaan

Kandungan serat yang ada di dalam pisang merupakan salah satu faktor yang membantu pencernaan lebih sehat. Bahkan serat yang terkandung dalam pisang dapat membantu mengurangi terjadinya konstipasi dalam usus. Jadi pencernaan akan lebih sehat dengan rajin mengkonsumsi pisang.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan pisang yang juga bermanfaat adalah potassium. Manfaat potasium dalam pisang adalah kandungan yang menjaga tekanan darah dalam tubuh sehingga secara tidak langsung dapat menjaga kesehatan jantung juga. Pisang juga memiliki kandungan Magnesium yang sangat bagus untuk kesehatan jantung. Karena kekurangan magnesium bisa berakibat meningkatnya resiko terkena penyakit jantung, meningkatnya tekanan darah, dan meningkatkan lemak dalam darah yang sangat berbahaya untuk kesehatan jantung.

5. Kaya akan Antioksidan

Kandungan pisang juga sangat kaya akan antioksidan untuk tubuh. Pisang memiliki kandungan flavonoid dan amines yang merupakan salah satu antioksidan untuk menjaga kesehatan sel-sel yang ada di tubuh. Bahkan antioksidan tersebut dapat memberikan manfaat berupa mengurangi penyakit jantung dan penyakit menurun. Tentunya, antioksidan tersebut juga akan menjaga sel dari kerusakan yang berbahaya dan serangan radikal bebas.

Baca juga: Lebih Sehat! Resep Bolen Pisang Anti Gagal Meski Tanpa Korsvet

6. Menjaga Kesehatan Ginjal

Kandungan pisang lainnya yang bermanfaat adalah potasium yang sangat bermanfaat untuk kesehatan ginjal dan sirkulasi darah. Potasium dapat mengurangi proses penyakit yang menyerang ginjal sehingga kamu bisa tetap menjaga kesehatan ginjal dengan baik.

7. Menjaga Tetap Kenyang

Pisang dapat membantumu merasa lebih kenyang. Meskipun pisang merupakan buah yang rendah kalori, kandungan pisang sangat tinggi dalam serat. Jadi pisang dapat memperlambat proses pencernaan dan menjaga agar kamu tetap merasa kenyang dalam jangka waktu yang lama. Mengkonsumsi pisang sangat cocok sebagai selingan makanan ringan setelah jam makan.

8. Kandungan Pisang Bagus untuk Diet

Jika kamu sedang menjalankan program diet, pisang adalah salah satu jenis buah yang sangat mudah untuk ditambahkan ke dalam daftar makanan dietmu. Selain mudah dibeli di e-groceries atau supermarket, harga pisang juga sangat terjangkau. Apalagi kandungan pisang yang kaya vitamin dan mineral serta membantu sistem pencernaan bekerja dengan lebih baik. Kamu bisa mengolah pisang dengan yogurt, susu, bahkan sereal untuk makanan selama diet.

Mengkonsumsi pisang dapat memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Pastikan kamu rajin mengkonsumsi pisang agar tubuhmu bisa tetap sehat. Pastikan kamu membeli pisang berkualitas hanya di AlloFresh yang lengkap memenuhi kebutuhan belanjamu. Langsung saja cek AlloFresh sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button