Inspirasi

Berbagai Manfaat Pisang Ambon yang Baik Bagi Kesehatan

Ingin tahu manfaat pisang ambon? Ya, ada berbagai macam manfaat pisang ambon bagi kesehatan kita, lho. Kandungan gizi pisang ambon membuatnya memiliki banyak manfaat yang menguntungkan. Karena banyak manfaat pisang ambon ini membuat buah satu ini jadi kegemaran banyak orang.

Pisang memang termasuk salah satu buah yang disukai di seluruh dunia. Buat satu ini memiliki variasi warna, bentuk, dan juga jenis. Nah, pisang ambon inilah salah satu jenisnya.

Kira-kira, kandungan pisang ambon apa saja ya yang ada di dalamnya? Penasaran dan ingin merasakan sendiri manfaat pisang ambon? Yuk, langsung aja simak kandungan pisang ambon apa saja yang bisa memberikan manfaat bagi tubuh kita dalam artikel ini!

Kandungan Gizi Pisang Ambon

  • Karbohidrat: 22,84 gr
  • Energi: 89 Kcal
  • Protein: 1,09 gr
  • Serat makanan: 2,60 mg
  • Lemak total: 0,33 gr
  • Vitamin A: 64 IU
  • Vitamin B: 0,08 mg
  • Vitamin C: 8,7 mg
  • Vitamin E: 0,10 mg
  • Vitamin K: 0,5 mcg
  • Folat: 20 mcg
  • Niasin: 0,665 mg
  • Asam pantotenat: 0,334 mg
  • Piridoksin: 0,367 mg
  • Riboflavin: 0,073 mg
  • Thiamin: 0,031 mg
  • Kalium: 358 mg
  • Sodium: 1 mg
  • Kalsium: 5 mg
  • Magnesium: 27 mg
  • Tembaga: 0,078 mg
  • Besi: 0,26 mg
  • Fosfor: 22 mg
  • Mangan: 0,270 mg
  • Selenium: 1,0 mcg
  • Seng: 0,15 mg
  • Karoten: 25 mcg
  • Luten-zeaxanthin: 22 mcg
manfaat pisang ambon untuk kesehatan

Manfaat Pisang Ambon Bagi Kesehatan

1. Sumber Energi

Manfaat pertama adalah sebagai salah satu sumber energi. Kandungan kalorinya dapat membantu untuk memberikan kalori ekstra yang tubuh butuhkan dalam proses metabolisme. Walau nggak terlalu besar, tapi dengan adanya kandungan kalori ini membuat pisang ambon dapat kamu jadikan sebagai makanan alternatif untuk menutup rasa lapar.

Baca juga: Kenali Manfaat Tomat Cery yang Baik untuk Kesehatan

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat pisang ambon selanjutnya yaitu untuk membantu melancarkan pencernaan. Pola makan atau konsumsi makanan yang salah dapat menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan tubuh kita. Nah, pisang ambon yang kaya akan produk serat dapat membantu pencernaan kita. 

Selain itu, kandungan vitamin pada pisang ambon, yaitu vitamin B, bisa berfungsi untuk menangkal diare. Pisang ambon juga bermanfaat untuk asam lambung, karena buah ini memiliki khasiat antasida sehingga baik untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit asam lambung.

3. Menurunkan Berat Badan

Manfaat pisang ambon juga dapat dirasakan bagi yang sedang menjalani program diet. Kandungan karbohidrat kompleks yang dimiliki pisang ambon nggak akan berpengaruh pada peningkatan kadar glukosa darah yang drastis. Selain itu, buah ini juga memiliki kadar lemak yang rendah, jadi aman untuk membantu program diet. Seratnya pun berpengaruh untuk mempercepat proses metabolisme tubuh dan bisa membantu menurunkan berat badan.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

75% kandungan di dalam pisang ambon terdiri atas air. Nah, kandungan airnya yang tinggi ini dapat meremajakan kulit serta melindungi dan menghidrasi kulit dari kekeringan. Selain konsumsi langsung, pisang ambon juga cocok untuk dijadikan masker wajah. Kandungan vitamin A-nya dapat membantu menjaga kelembaban kulit dan mengangkat sel-sel kulit mati.

5. Mendukung Perkembangan Janin

Untuk ibu hamil satu ini sangat penting untuk janin yang sedang dikandung. Dalam pisang ambon, ada suatu kandungan yang dibutuhkan oleh janin untuk perkembangan otak dan tulang belakangnya, yaitu folic acid. Nah, ibu hamil yang mencukupi kebutuhan folic acid ini selama masa kehamilannya diklaim dapat menurunkan kemungkinan terjadinya keguguran.

6. Meningkatkan Libido

Ya, ada juga manfaat pisang ambon untuk pria, yaitu untuk meningkatkan libido. Buah ini dapat membantu untuk meningkatkan fungsi organ reproduksi pria dan menjaga organ tersebut untuk tetap dalam kondisi prima. Kandungan enzim bromelain yang pisang ambon miliki dapat meningkatkan aliran darah serta libido pada pria.

Baca juga: Tak Banyak yang Tahu, Ini 10 Manfaat Ubi Ungu bagi Kesehatan

7. Mengurangi Gangguan Usus

Kandungan dalam pisang ambon memiliki efek penyembuhan yang baik untuk gangguan organ usus dan lambung. Pisang ambon dan beberapa jenis pisang lainnya sangat baik untuk menenangkan perut karena dapat menetralkan asam di lambung.

Bagi yang ingin merasakan manfaat pisang ambon untuk asam lambung, kamu dapat coba dengan mengonsumsi jus pisang ambon dan campur dengan susu secara rutin setiap hari.

kandungan gizi pisang ambon

8. Mencegah Serangan Jantung

Serangan jantung terjadi karena berbagai faktor, salah satunya adalah berkurangnya aliran oksigen ke jantung yang diakibatkan adanya penyempitan pembuluh darah dari penumpukan lemak di dinding pembuluh darah. Nah, kandungan kalum pada pisang ambon dapat berfungsi sebagai tonikum atau tambahan tenaga yang baik untuk jantung.

Sedangkan kandungan vitamin pada pisang ambon, yaitu vitamin C dan senyawa flavonoid yang terdapat dalam pisang ambon dapat berperan sebagai antioksidan yang berfungsi untuk mencegah terjadinya oksidasi lemak yang dapat menyebabkan terjadinya serangan jantung.

9. Melindungi Tubuh dari Zat Beracun dan Logam Berbahaya

Bukan cuma teh, ternyata pisang ambon juga memiliki kandungan katekin, yaitu suatu senyawa yang memiliki aktivitas antioksidan. Adanya katekin dalam tubuh berkaitan erat dengan berbagai manfaat kesehatan, misalnya untuk penurunan risiko penyakit kardiovaskular.

Aktivitas antioksidan pada katekin yang dikandung buah ini juga bisa mengeluarkan zat beracun dan logam berbahaya dari dalam tubuh, seperti merkuri, krom, dan kadmium. Mengonsumsi satu atau dua buah pisang ambon dan secangkir teh di pagi hari diklaim dapat dijadikan kebiasaan baik untuk diterapkan demi kesehatan tubuh.

10. Melindungi Kesehatan Tulang

Pisang ambon merupakan salah satu buah yang kaya akan mineral, salah satunya yaitu mineral tembaga. Sekitar 50% dari kandungan tembaga dalam tubuh kita ditemukan dalam tulang dan otot.

Mineral ini dibutuhkan dalam pembentukan kolagen yang berfungsi untuk mempercepat penyerapan zat besi dan meningkatkan energi. Adanya kekurangan mineral tembaga dalam tubuh dapat meningkatkan risiko yang berkaitan dengan kesehatan tulang, misalnya seperti osteoporosis dan rheumatoid arthritis.

Dengan memulai konsumsi pisang ambon secara rutin, akan memberikan manfaat bagi kesehatan tulang kita di masa depan. Tentu kamu kan memiliki tulang yang sehat walaupun sudah lanjut usia nanti?

11. Meningkatkan Kadar Dopamine

Pisang ambon termasuk salah satu makanan yang dapat membantu meningkatkan kadar dopamine secara alami. Dopamine adalah salah satu neurotransmitter paling penting untuk membantu pengiriman pesan di otak.

Pelepasan dopamine dari otak akan menciptakan perasaan gembira, rasa percaya diri, dan motivasi. Nah, kalau kamu ingin merasakan hari-hari yang terasa menyenangkan, kamu bisa coba untuk mengonsumsi pisang ambon untuk merasakan manfaat memikat yang satu ini.

Bagaimana? Ingin merasakan manfaat pisang ambon? Nah, kalau mau langsung belanja buahnya, kamu bisa gunakan aplikasi AlloFresh, di mana kamu bisa membeli buahnya dalam satu klik, dan pesanan pun akan langsung dikirimkan ke rumahmu. Praktis, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button