Inspirasi

Jenis Mangga yang Paling Enak untuk Diolah Menjadi Rujak

Jenis mangga ada bermacam-macam di dunia ini. Masing-masing mangga tersebut memiliki keunikan tersendiri dan ciri khas yang membuat mangga tersebut unik. Mengolah mangga menjadi berbagai jenis makanan juga merupakan satu hal yang umum di Indonesia. Mulai dari makanan sehari-hari hingga makanan ringan untuk dinikmati bersama juga bisa menggunakan mangga.

Salah satu makanan khas dengan menggunakan mangga adalah rujak. Rujak adalah jenis makanan yang berasal dari pulau Jawa. Karena peminatnya sangat banyak, variasi rujak juga bermacam-macam. Mulai dari rujak manis, rujak gobet, hingga rujak asinan. Jenis mangga yang digunakan juga berbeda-beda. Masing-masing rujak memiliki pilihan mangga tersendiri yang khas untuk diolah menjadi rujak.

Jenis Mangga yang Cocok untuk Rujak

Jenis mangga yang dapat diolah menjadi rujak ada sangat banyak. Semuanya memiliki ciri khas rasa tersendiri. Tekstur dari masing-masing jenis mangga juga cukup berbeda satu sama lain. Tekstur dari berbagai mangga inilah yang membuat setiap buah mangga menjadi unik untuk diolah. Berikut ini adalah beberapa jenis mangga yang cocok untuk diolah menjadi rujak:

Baca juga: Tidak Banyak Orang Tahu, Berikut Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan

1. Mangga Gadung atau Mangga Arum Manis

Mangga arum manis atau mangga gadung adalah yang paling sering digunakan untuk rujak di Indonesia. Jenis mangga gadung yang masih muda memiliki tekstur daging yang padat dan rasa asam yang sangat pas untuk diolah menjadi rujak. Rasa asam yang pas dan daging yang masih padat membuat mangga gadung muda menjadi favorit untuk dimakan dengan sambal rujak yang pedas.

Jenis bumbu rujak untuk mangga gadung juga banyak. Ada rujak terasi, rujak bebeg, rujak gobet, dan masih banyak rujak lainnya. Bisa dibilang bahwa mangga gadung sangat cocok untuk hampir seluruh jenis bumbu rujak.

Sedangkan untuk mangga arum manis yang merupakan nama lain dari mangga gadung. Jenis buah mangga ini memiliki rasa yang manis dan segar serta tekstur daging yang lembut. Jika kamu menyukai jenis buah mangga yang manis untuk diolah menjadi rujak, mangga arum manis akan sangat cocok dengan seleramu.

Baca juga: Perbedaan Timun Suri Dan Blewah Buah Yang Kaya Akan Air, Favorit Saat Ramadhan!

2. Jenis Mangga Apel

Mangga apel berasal dari pesisir Kenya. Namun saat ini mangga apel sudah banyak dibudidayakan di Indonesia. Kamu bisa menemukan banyak penjual mangga apel di supermarket atau bahkan pasar.
Bentuknya yang bulat dan kecil serta berwarna kemerahan jika masak membuat jenis mangga ini dikenal dengan mangga apel. Tekstur dari mangga apel saat sudah matang juga sangat lembut dan segar. Rasanya sangat manis dan ketika kamu makan hampir seperti apel karena sangat lembut.

Mangga apel yang masih muda lebih cocok untuk diolah menjadi rujak karena teksturnya yang masih padat dan tidak terlalu berair seperti saat sudah matang. Olahan bumbu rujak untuk buah mangga apel juga hampir sama seperti mangga gadung. Cocok untuk hampir semua jenis sambal rujak. Rasa asam dari mangga apel muda menyatu dengan bumbu pedas rujak yang pas untuk disantap bersama-sama.

Baca juga: Aneka Resep Es Jeruk untuk Melepaskan Dahagamu

3. Jenis Mangga Cengkir atau Mangga Indramayu

jenis mangga untuk rujak

Mangga cengkir memiliki bentuk yang lebih panjang daripada jenis buah mangga biasanya. Ketika sudah masak, jenis buah mangga ini bisa sangat manis dan tidak terlalu berair. Nama lain mangga cengkir adalah mangga Indramayu karena varietas mangga cengkir banyak ditemukan di Indramayu. Mangga cengkir juga merupakan jenis buah mangga khas Indramayu. Meskipun saat ini sudah banyak budidaya mangga cengkir di daerah lain, mangga ini tetap menjadi salah satu ciri khas Indramayu.

Mangga cengkir yang masih muda juga memiliki cita rasa yang khas untuk diolah menjadi rujak. Tekstur daging mangga yang tidak terlalu berair seperti mangga lainnya membuat mangga cengkir lebih enak jika untuk kamu konsumsi dengan sambal rujak. Tidak hanya itu saja, saat sudah masak dan terasa manis, mangga cengkir sangat cocok untuk diolah menjadi rujak asinan. Tekstur yang tidak terlalu berair memang membuat mangga cengkir ini menjadi favorit masyarakat penikmat rujak.

Mangga cengkir yang sudah masak juga memiliki aroma yang lebih menyengat dibandingkan mangga lainnya. Jika sebagian besar buah mangga akan memberikan semerbak aroma wangi yang manis saat masak, aroma mangga cengkir lebih tajam dan masam. Selain itu, dagingnya juga lebih berserat saat masak. Buah mangga cengkir biasanya langsung dikonsumsi anak-anak tanpa dipotong karena seratnya yang banyak.

Baca juga: 7 Manfaat Jus Seledri dan Cara Membuatnya di Rumah!

4. Mangga Manalagi

mangga manalagi

Salah satu jenis mangga yang sering kamu temukan di e-grocery ataupun supermaket adalah mangga manalagi. Mangga manalagi memiliki bentuk yang lebih kecil kamu bandingkan dengan mangga gadung dan mangga cengkir. Bentuknya memanjang dan tidak bulat seperti mangga apel. Jika kamu belah, di dalamnya terdapat ciri khas bercak warna daging mangga yang lebih gelap. Rasanya juga manis meskipun usianya masih muda.
Saat mangga manalagi sudah masak, rasanya menjadi jauh lebih manis.

Tekstur daging mangga manalagi yang sudah masak tidak berair dan rasa manisnya khas mangga manalagi. Berbeda dengan mangga arum manis yang berair dan manis saat masak, mangga manalagi tidak berair dan tetap memiliki rasa manis yang unik. Penggemar mangga dengan rasa manis pasti sangat suka dengan mangga manalagi.
Mangga manalagi yang masih mudah juga menjadi favorit untuk diolah menjadi rujak. Rasa manis dari mangga manalagi bisa sangat pas dengan bumbu rujak sambal kecap. Sambal rujak yang cocok untuk jenis mangga manalagi adalah sambal yang tidak hanya pedas saja, tapi juga asin. Bahkan mangga manalagi juga sangat cocok untuk diolah menjadi rujak asinan.

Selain mangga lokal ada juga mangga yang berasal dari mancanegara yang juga bisa kamu olah menjadi rujak. Misalnya seperti mangga chokanan yang berasal dari Thailand. Mangga chokanan memiliki warna kulit yang berwarna kuning. Daging buah juga terasa manis bahkan ketika buah masih muda. Mangga ini juga sering menjadi buah yang diolah untuk dimakan bersama bumbu sambal rujak.

Hal yang perlu kamu ingat saat memilih mangga yang akan diolah menjadi rujak adalah bagaimana tekstur dan rasa mangga. Setiap orang memiliki selera berbeda-beda dalam hal rujak. Mangga yang masih muda dan memiliki rasa masam biasanya menjadi favorit untuk dijadikan rujak. Sedangkan jika kamu lebih suka jenis mangga yang manis, kamu tetap bisa mengkonsumsi masing-masing sesuai dengan tips di atas.

Semua buah mangga di atas terasa enak jika kamu oleh dengan sambal rujak yang pas. Apalagi Indonesia memiliki berbagai variasi bumbu rujak yang bisa kamu coba untuk macam-macam jenis buah mangga di atas. Kamu juga bisa langsung membeli buah mangga di atas di AlloFresh yang lengkap. Yuk, langsung cek AlloFresh sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button