Tips

3 Cara Merebus Telur  dan Tips Agar Makin Sedap Disantap

Cara merebus telur memang bagi kebanyakan orang dianggap mudah untuk dilakukan. Kamu tinggal memasukkan telur ke dalam panci berisi air, nyalakan kompor, lalu tunggu beberapa menit, dan telur rebus pun sudah jadi. Tapi, apakah kamu sudah tahu kalau ada beberapa alternatif cara merebus telur yang bisa membuat telur rebus makin sedap?

Yap, telur rebus adalah pilihan kudapan yang mudah untuk dibuat dan cocok untuk disantap kapanpun. Nutrisi yang terkandung dalam telur rebus juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Tidak heran, banyak orang yang menjadikan telur rebus sebagai makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Apakah kamu salah satunya?

Kalau iya, yuk simak artikel ini sampai habis karena AlloFresh akan membahas lengkap tentang telur rebus, seperti manfaat telur rebus dan beberapa cara merebus telur, mulai dari merebusnya dengan kompor, microwave, hingga cara merebus telur yang tepat agar mudah dikupas!

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Mengkonsumsi Telur Rebus untuk Kesehatan Tubuh

Telur tidak dipungkiri adalah salah satu jenis makanan yang mengandung kadar protein cukup tinggi, sehingga mampu untuk memenuhi kebutuhan protein harian manusia. Jumlah kalori dalam satu butir telur rebus sendiri adalah sekitar 78 kalori. Sedangkan, kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya adalah, antara lain:

  • Protein
  • Karbohidrat
  • Lemak
  • Kolesterol (dalam kadar rendah)
  • Vitamin A
  • Vitamin B2
  • Vitamin B12
  • Vitamin B5
  • Fosfor
  • Selenium

Wah, cukup banyak bukan kandungan nutrisi yang terdapat satu butir telur rebus? Kandungan ini tentu berbeda dari kandungan nutrisi telur sebelum direbus. 

Tentu, akan berbeda lagi jika kamu memasak telurnya dengan cara lain, seperti menggorengnya. Kandungan telur rebus bisa dibilang jauh lebih sehat dibandingkan jika digoreng. Oleh karena itulah, kamu perlu tahu cara merebus telur yang benar agar dapat memperoleh manfaat dari kandungan nutrisinya.

Nah, sebelum kamu mengetahui cara merebus telur, berikut adalah informasi tentang manfaat mengkonsumsi telur rebus yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh kita!

Baca juga: 4 Resep Dimsum Ayam Udang Mudah Dibuat, Dijamin Enak!

manfaat telur rebus

1. Dapat Memenuhi Kebutuhan Protein Harian Tubuh

Dalam satu butir telur rebus, kandungan protein yang terdapat di dalamnya adalah sekitar 6,3 gram. Jumlah ini terbilang cukup tinggi lho. Makanya, bagi beberapa orang yang sedang mencoba memperhatikan berat badan, telur rebus adalah opsi makanan sehat untuk memenuhi kebutuhan protein harian.

Protein sendiri memiliki segudang manfaat sebagai nutrisi untuk otot manusia, seperti pertumbuhan massa otot, perbaikan dan menjaga kekuatan sel otot atau jaringannya. Protein pada dasarnya adalah bahan bakar untuk membangun tubuh kita. Manfaat protein bagi tubuh tersebut tentu sangat bermanfaat untuk orang-orang yang ingin membentuk otot tubuh dan sedang melakukan program diet.

2. Sumber Kolesterol Baik

Eits, tidak selamanya yang namanya kolesterol itu jahat lho. Tubuh manusia juga memerlukan kolesterol karena kolesterol dapat membantu tubuh untuk memproduksi hormon seks, membangun pembentukan jaringan tubuh, serta ikut andil dalam membantu hati untuk memproduksi asam empedu.

Telur rebus merupakan makanan sumber kolesterol baik, di mana kandungan kolesterol baik tersebut sekitar 212 miligram. Kolesterol baik yang terkandung di dalam telur rebus ini dapat menekan produksi kolesterol hati. Sehingga, mengkonsumsi telur rebus secara rutin mampu menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Nutrisi Baik untuk Kulit dan Mata

Mineral dan vitamin yang terkandung dalam telur rebus juga mampu menjaga kesehatan kulit dan mata lho. Kandungan ini dapat mencegah kerusakan jaringan di dalam tubuh manusia. Jadi, tidak heran kalau telur juga sering menjadi bahan yang skincare, seperti masker wajah.

Untuk kesehatan mata manusia, telur rebus mengandung zat antioksidan beranam leutin dan zeaxanthin yang dapat menunda penuaan retina. Selain itu, kedua zat tersebut dapat mengurangi risiko terkena penyakit mata, seperti katarak, serta menjaga fungsi mata kita.

Manfaat telur rebus di atas sangat berguna bagi kesehatan tubuh bukan? Tentu, kamu harus memperhatikan juga untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan ya. Tapi, yang pasti, untuk dapat merasakan manfaat telur rebus di atas, kamu perlu tahu cara merebus telur yang benar.

Baca juga: Resep Menu MPASI 6 Bulan untuk Pemenuhan Gizi Bayi

Beberapa Tips Cara Merebus Telur yang Perlu Kamu Ketahui

Kamu mungkin tidak menyadari ada cara merebus telur tertentu yang dapat membuatnya makin mudah dan sedap untuk disantap. Yuk, simak lengkapnya di bawah ini!

tips merebus telur

1. Cara Merebus Telur Agar Gampang Dikupas

Alat dan Bahan:

  • Telur ayam secukupnya
  • Sejumput garam
  • Air secukupnya
  • Air es
  • Es batu
  • Panci rebus
  • Mangkuk

Langkah-langkah:

  1. Masukkan telur ke dalam panci rebus yang sudah diisi air. Pastikan semua bagian telur terendam air ya.
  2. Tambahkan sejumput garam ke dalam panci.
  3. Rebus dengan api yang tinggi, hingga mendidih.
  4. Kalau sudah, matikan kompor dan tutup panci tersebut.
  5. Biarkan telur di dalam panci dan diamkan selama kurang lebih 15 menit.
  6. Kalau sudah, keluarkan telur rebus.
  7. Siapkan mangkuk yang berisi air es dan esbatu.
  8. Masukkan telur rebus ke dalam mangkuk dan diamkan selama kurang lebih 5 menit.
  9. Kalau sudah, kamu bisa mengupas cangkang telur dengan mudah deh! Lakukan dengan perlahan ya.

2. Cara Merebus Telur dengan Microwave

Alat dan Bahan:

  • Telur ayam secukupnya
  • Air secukupnya
  • Mangkuk atau cangkir tahan panas
  • Jarum atau peniti
  • Microwave

Langkah-langkah:

  1. Berbeda dengan cara merebus telur sebelumnya, kamu perlu menusuk tipis bagian ujung telur. Pastikan tidak terlalu dalam agar bagian dalam telur tidak bocor keluar.
  2. Masukkan telur ke dalam mangkuk atau cangkir. Pastikan semua bagian telur terendam air.
  3. Tutup bagian atas mangkuk dengan piring atau bungkus plastik tahan panas.
  4. Panaskan pada suhu tinggi selama 1 menit. Terdapat opsi lain yang lebih aman, yaitu memanaskannya pada suhu sedang selama 4 menit. Kamu juga memanaskannya lebih lama selama 2 menit untuk mendapatkan telur rebus yang lebih matang.
  5. Kalau sudah, telur rebus pun sudah siap dihidangkan.

3. Cara Merebus Telur ala Poached Egg

Alat dan Bahan:

  • Telur ayam
  • Cuka makan
  • Garam
  • Air secukupnya
  • Panci rebus
  • Mangkuk kecil
  • Sendok sayur

Langkah-langkah:

  1. Pecahkan telur terlebih dahulu ke dalam mangkuk kecil agar memudahkanmu membuat poached egg. Cara merebus telur ala poached egg juga berbeda dengan kedua cara sebelumnya, yaitu kamu tidak memerlukan merebus dengan cangkang telurnya.
  2. Siapkan air untuk merebus telur dan tambahkan sedikit cuka dan sejumput garam,
  3. Nyalakan kompor dengan api kecil dan biarkan mendidih terlebih dahulu.
  4. Kalau sudah mendidih, buatlah pusaran kecil dengan mengaduk air rebus dengan sendok sayur.
  5. Masukkan telur dalam mangkuk ke dalam pusaran air dalam rebusan secara perlahan.
  6. Aduk perlahan hingga matang. Kamu bisa merebus hingga tingkat kematangan telur yang kamu inginkan.

Itulah beberapa tips dan cara merebus telur yang bisa kamu lakukan dengan mudah di rumah! Telur rebus sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita dan baik untuk dikonsumsi sehari-hari. Untuk mendapatkan telur yang berkualitas, kamu bisa mendapatkanya di aplikasi AlloFresh! Kamu juga dapat menemukan bahan makanan lainnya hanya dalam satu aplikasi. Yuk, download dan pakai AlloFresh!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button