Inspirasi

Kenali Isi Sembako Lengkap Yang Harus Ada Di Rumah Beserta Harganya Saat Ini

Isi sembako saat ini terdiri dari beragam barang, yang tadinya kebutuhan pokok sekarang beralih menjadi bahan keperluan dapur sehingga penyebutannya tidak hanya mencakup sembilan barang kebutuhan pokok saja seperti beras, gula pasir, minyak goreng, daging sapi dan ayam, telur, susu, bawang merah dan bawang putih, ikan, serta garam tetapi juga beberapa komoditas lainnya. Sembilan bahan pokok (sembako) diatur didalam Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Nomor 115/MPP/Kep/2/1998 tanggal 27 Februari 1998. 

Komoditas sembako menjadi bahan pokok yang pada saat tertentu harganya meningkat sehingga membuat heboh kalangan ibu rumah tangga. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kenaikan harga sembako, mulai dari kelangkaan, distribusi yang terganggu, atau kebijakan tertentu seperti pembatasan kuota impor. Kenaikan harga sembako juga biasanya terjadi ketika mendekati hari raya atau hari besar seperti idul fitri atau lebaran, idul adha, tahun baru, dan menjelang bulan suci ramadhan. Jadi, apa saja sih macam-macam isi sembako yang wajib ada di rumah dan kira-kira berapa ya harganya sekarang. Biar ga penasaran, yuk simak penjelasan berikut. 

Macam-Macam Sembako Dan Harganya 

1. Beras

Kebutuhan paling pokok masyarakat Indonesia karena seperti yang kita ketahui bersama, sebagian besar daerah di Indonesia mengkonsumsi nasi sebagai makanan utamanya. Beras dijual baik secara eceran maupun karungan. Beras eceran memudahkan orang untuk membeli sesuai kebutuhan di rumah, misalnya 1 atau 2 kg. Untuk harga beras sendiri bervariasi tergantung merk dan kualitas dari beras. Harga beras biasanya mulai dari Rp 10.650/kg untuk beras kualitas bawah dan Rp 13.050/kg untuk beras kualitas super. Untuk yang karungan biasanya dijual dari ukuran paling kecil yaitu 2 kg, ada juga 3 kg, 5 kg, 10 kg, 20 kg, 25 kg, dan 50 kg.

2. Gula pasir

Isi sembako kedua yang juga wajib ada di rumah adalah gula pasir. Gula tidak hanya berperan sebagai pemanis minuman ataupun makanan tetapi juga sebagai penyeimbang rasa pada masakan. Gula juga menjadi bahan utama pada saat membuat kue. Di pasaran ada berbagai macam gula yang dijual seperti misalnya gula tebu dan juga gula jagung. Jenis gula yang paling banyak digunakan di Indonesia adalah jenis gula tebu dengan bentuk butiran yang mudah larut. Untuk harga gula sendiri biasanya mulai dari Rp 13.050/kg.

3. Minyak goreng

Sebagian besar masyarakat Indonesia sangat menyukai gorengan sehingga minyak goreng wajib ada di dalam daftar isi sembako di rumah. Ada berbagai macam jenis minyak goreng seperti minyak kelapa, minyak kelapa sawit, minyak zaitun, minyak kanola, dan minyak wijen. Tapi masyarakat Indonesia paling sering menggunakan minyak kelapa sawit untuk memasak sehari-hari. Minyak goreng yang tersedia di pasaran ada yang berbentuk curah maupun berbentuk kemasan. Harga jual untuk minyak goreng curah saat ini sekitar Rp 14.450/kg sedangkan untuk minyak goreng kemasan sekitar Rp 18.200/kg. 

Baca juga: Konsumsi Lebih Sehat? Minyak Sayur Adalah Jawabannya!

4. Daging sapi dan ayam

Sebagai protein hewani yang penting, daging sapi maupun daging ayam cenderung menjadi pilihan masyarakat Indonesia karena cocok sebagai makanan pendamping apapun. Daging sapi penuh dengan zat besi yang bisa memberikan energi untuk tubuh yang letih dan lesu sedangkan daging ayam kaya akan kandungan nutrisi yang memiliki keutamaan tersendiri. Untuk harga jual daging sapi saat ini berkisar antara Rp 126.700/kg sedangkan daging ayam Rp 28.500/kg. 

Baca juga: Teknik-Teknik Grilling dan Contoh Makanan yang Dihasilkan

5. Telur

Telur sebagai sumber protein alternatif selain daging sehingga telur wajib masuk ke dalam daftar isi sembako di rumah. Untuk harga telur juga jauh lebih murah dibandingkan dengan daging. Selain bisa dimasak langsung, telur juga digunakan sebagai bahan untuk membuat makanan dan kue. Telur yang yang beredar di pasaran kebanyakan jenis ayam ras. Jenis telur juga beragam mulai dari telur biasa dan telur yang mengandung omega tiga. Untuk harga jual telur saat ini berkisar antara Rp 27.800/kg.

6. Susu

Minuman satu ini adalah penyempurna menu makanan empat sehat lima sempurna. Ada beragam jenis susu, mulai dari susu bayi, susu anak, remaja, dewasa, ibu hamil hingga lansia. Mengkonsumsi susu setiap hari bisa menjaga kesehatan dan membantu pertumbuhan khususnya tulang. Susu dapat dijadikan campuran makanan ataupun minuman. Untuk harga jual susu bayi mulai dari Rp 13.900/150gr, susu anak mulai dari Rp 63.300/400gr, susu dewasa mulai dari Rp 34.900/200gr, susu ibu hamil mulai dari Rp 11.499/120gr, dan terakhir susu lansia mulai dari Rp 53.000/175gr.

7. Bawang merah dan bawang putih

Bawang merah dan bawang putih termasuk bahan pokok yang mudah ditemukan baik di pasar tradisional maupun di pasar modern. Fungsi utama dalam memberikan rasa membuat bawang merah dan bawang putih menjadi salah satu daftar isi sembako yang wajib ada di rumah. Baik bawang merah maupun bawang putih dapat dicincang dan ditumis ataupun dihaluskan. Ada juga yang menggunakan bawang merah goreng sebagai topping pada makanan. Untuk harga jual bawang merah saat ini Rp 41.700/kg sedangkan bawang putih Rp 29.900/kg. 

8. Ikan

Ikan terdiri dari dua jenis yaitu ikan air laut dan ikan air tawar. Keduanya adalah makanan sumber protein yang penting bagi pertumbuhan tubuh. Ikan sering disebut sebagai makanan untuk kecerdasan. Daging ikan memiliki serat-serat protein lebih pendek daripada serat-serat protein daging sapi ataupun daging ayam. Oleh karena itu ikan dan hasil produknya banyak dimanfaatkan oleh orang-orang yang mengalami masalah pencernaan sebab ikan mudah untuk dicerna. Untuk harga jual ikan saat ini bervariasi tergantung jenis ikan dan daerah penjualannya karena harga masing-masing daerah berbeda. Ikan kembung contohnya, saat ini harga jualnya mulai dari Rp 40.000/kg. Sedangkan untuk ikan air tawar seperti ikan mas harga jual mulai dari Rp 30.000/kg. 

Baca juga: 7 Manfaat Ikan Gindara dan Resep Mudah Mengolahnya!

9. Garam

Salah satu daftar isi sembako paling penting yang terakhir yaitu garam karena tanpa garam masakan akan terasa hambar. Untuk pemilihan garam lebih baik menggunakan garam beryodium karena kandungan yodium penting untuk kesehatan dan bisa mencegah berbagai penyakit. Garam tersedia dalam ukuran kecil maupun besar. Untuk harga jual garam ukuran kecil saat ini Rp 4.000/250gr sedangkan ukuran besar Rp 8.000/500gr.

Nah, itu dia tadi daftar isi sembako beserta harganya saat ini. Dari sembilan jenis sembako di atas, hampir seluruhnya wajib ada di rumah. Hanya mungkin untuk daging baik sapi maupun ayam tidak semua orang mengkonsumsinya setiap hari. Selain karena harganya yang lumayan mahal, mengkonsumsi daging setiap hari juga kurang baik untuk kesehatan. Jadi, apa aja sih isi sembako yang harus siap sedia di rumah? Yuk, kita cari tahu. 

Sembako Yang harus Ada Di Rumah

Pada dasarnya manusia memiliki tiga jenis kebutuhan primer mulai dari sandang, pangan, dan papan. Untuk memenuhi kebutuhan pangannya, manusia membutuhkan bahan-bahan pokok atau yang sering disebut sembako (sembilan bahan pokok). Sembako merupakan sembilan jenis kebutuhan pokok masyarakat menurut Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan tahun 1998. Namun saat ini, istilah sembako tidak hanya merujuk pada sembilan jenis kebutuhan saja namun juga komoditas penting lainnya. Lalu,  jenis sembako apa saja sih yang umum digunakan di masyarakat dan harus ada di rumah? Ini dia daftarnya.

  1. Beras
  2. Minyak goreng
  3. Tepung
  4. Sagu
  5. Gula pasir
  6. Bumbu dapur
  7. Telur 
  8. Susu
  9. Margarin
  10. Teh dan kopi
  11. Gas elpiji
  12. Mie instan 

Itu dia jenis-jenis sembako yang umumnya digunakan pada masyarakat Indonesia dan harus ada di rumah. Tidak jauh berbeda dari isi sembako yang sudah diatur dalam keputusan menteri tahun 1998. Hanya saja, untuk saat ini isi sembako sedikit berkembang seperti adanya tambahan tepung, sagu, margarin, teh dan kopi, gas elpiji dan juga mie instan. Apakah isi sembako yang demikian sesuai dengan kebutuhan? Yuk, kita simak lagi isi sembako yang memang sesuai dengan kebutuhan berikut.

Isi Sembako Sesuai Kebutuhan

Istilah sembako pertama kali populer setelah terjadinya krisis moneter sekitar tahun 1998 lalu. Kesembilan bahan pokok ini dibutuhkan oleh semua kalangan mulai dari kalangan ekonomi rendah sampai menengah ke atas untuk memenuhi kebutuhannya setiap hari. Mau tau seperti apa isi sembako yang sesuai dengan kebutuhan? Berikut ini daftarnya.

  1. Beras
  2. Gula pasir
  3. Sayuran dan buah-buahan
  4. Daging (sapi, ayam, ikan)
  5. Minyak goreng
  6. Susu
  7. Telur
  8. Gas elpiji
  9. Garam beryodium

Nah, kesembilan isi sembako itulah yang sesuai dengan kebutuhan sebagian besar masyarakat di Indonesia. Isi sembako ini wajib dan harus ada disetiap rumah setiap harinya. Isi sembako di atas sangat mudah didapat, kamu tinggal membelinya di Allofresh. Ada beragam isi sembako yang bisa kamu beli tanpa harus keluar rumah, tinggal pesan, bayar dan tunggu barangnya sampai. Banyak promo dan voucher menarik juga yang bisa bikin belanja kamu makin hemat. Yuk buruan download aplikasi AlloFresh sekarang!

download allofesh

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button