Inspirasi

Kenali Manfaat Tomat Cery yang Baik untuk Kesehatan

Pernah dengar nama tomat cery? Tomat ini adalah jenis tomat yang terbilang unik. Bagi yang belum tahu, tomat itu memiliki berbagai bentuk dan ukuran, salah satunya adalah tomat cery, yaitu tomat yang memiliki ukuran lebih kecil dari tomat pada umumnya. Sebagai perbandingan, tomat ini kurang lebih memiliki ukuran yang sama dengan buah anggur.

Ukurannya memang lebih kecil, tapi kandungan air dalam tomat ini lumayan banyak dan rasanya pun manis dan lezat. Nggak heran kalau tomat ini sering jadi campuran dalam hidangan seperti salad, bahkan banyak orang yang menjadikannya cemilan. Walau biasa digunakan sebagai sayuran, tapi tomat cery ini termasuk dalam jenis buah-buahan, lho.

Perbedaan paling jelas antara tomat ini dengan tomat biasa adalah ukuran dan bentuknya yang lebih bulat. Saat dimakan, tomat ini juga lebih bertekstur yang membuatnya banyak dikonsumsi sebagai alternatif camilan sehat. 

Meski memiliki ukuran yang berbeda, tomat ini sebenarnya juga memiliki gizi dan manfaat yang sama baiknya dengan tomat biasa. Tomat ini mengandung kalori, karbohidrat, vitamin A, vitamin C, natrium, zat besi, kalsium, dan kalium. Tomat ini juga bisa jadi sumber serat yang bagus.

manfaat tomat cery

Kandungannya yang tinggi serat dan rendah kalorinya juga bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan. Selain itu, ada juga kandungan seperti likopen yang memiliki kualitas antioksidan dan anti kanker di dalamnya.

Menambahkan tomat cery ke dalam menu makananmu tentu akan menambah gizi dan memberi manfaat yang baik untuk kesehatan tubuhmu. Tomat yang satu ini dapat kamu temukan dengan mudah karena banyak yang menjualnya di pasaran, kok.

Penasaran apa saja manfaat dari buah satu ini? Yuk, simak pembahasannya di bawah ini!

Baca juga: Tak Banyak yang Tahu, Ini 10 Manfaat Ubi Ungu bagi Kesehatan

Manfaat Tomat Cery Untuk Kesehatan

1. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat yang pertama adalah untuk menjaga kesehatan kulit. Tomat ini memiliki kandungan vitamin C dan beta karoten yang dapat merangsang pembentukan kolagen. Kolagen adalah protein yang berfungsi untuk menjaga kelembapan, kelenturan, dan kekuatan kulit, sedangkan beta karoten bekerja untuk mencegah terjadinya kerusakan kulit akibat radikal bebas.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat tomat cery yang kedua adalah untuk kekebalan tubuh. Dengan kandungan vitamin C tinggi, tomat ini dapat melawan penyakit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Senyawa antioksidan dalam tomat juga membantu untuk mendukung mekanisme pertahanan alami tubuh dalam melawan infeksi dan penyakit.

Kandungan likopennya juga dapat bekerja untuk menetralkan radikal bebas yang merusak sel-sel sehat yang dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti kanker, tumor, atau penyakit jantung.

kandungan tomat cery

3. Membantu Turunkan Tekanan Darah

Manfaat yang ketiga adalah untuk menurunkan tekanan darah. Kandungan kalium pada tomat ini dapat menurunkan tekanan darah, menjaga keseimbangan cairan tubuh, merangsang pengeluaran natrium dari tubuh, dan mengurangi tekanan pada pembuluh darah. Mengonsumsi tomat ceri secara rutin pun dapat mencukupi 10% kebutuhan kalium harianmu.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat tomat cery yang keempat adalah untuk menjaga kesehatan mata. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan matamu adalah dengan mengonsumsi tomat ini. Kenapa? Karena tomat ini mengandung likopen, beta karoten, dan lutein yang memiliki khasiat untuk menurunkan adanya risiko katarak hingga degenerasi makula akibat penuaan.

5. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat tomat cery yang kelima adalah untuk menjaga kesehatan pencernaan. Tomat yang satu ini mengandung serat tinggi yang dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Adanya serat akan meningkatkan fungsi saluran usus dan menambah jumlah besar pada tinja. Dengan begitu, proses pencernaan pun jadi lebih lancar dan kamu pun dapat memecah makanan dengan lebih efisien.

6. Mengatasi Konstipasi

Manfaat yang keenam adalah untuk membantu mengatasi konstipasi. Tomat cery merupakan buah yang kaya akan air dan serat. Artinya, mengonsumsi tomat ini sangat baik untuk membantu sistem pencernaan sekaligus mencegah sembelit atau konstipasi. Banyak yang menyebutnya sebagai buah yang laksatif atau cocok sebagai pencahar.

Baca juga: Sayuran Baby Kailan, Sayuran Sehat Kaya Manfaat

7. Tomat Cery Bisa Mencegah Obesitas

Manfaat yang ketujuh adalah untuk membantu mencegah obesitas. Tomat merupakan salah satu menu yang direkomendasikan untuk membantu dalam program diet. Tomat ini kaya akan serat dan juga kandungan kalori yang sedikit, sehingga ketika mengkonsumsinya dapat membuat rasa kenyang bertahan lebih lama tanpa perlu khawatir perut kelaparan. Untuk menambah selera makan dan memberi rasa segar yang menyehatkan, kamu bisa menyajikan atau mencampurkan tomat ini sebagai komposisi menu salad.

manfaat tomat cery untuk kesehatan

8. Membantu Pertumbuhan Rambut

Manfaat tomat cery yang kedelapan adalah untuk membantu pertumbuhan rambut. Seperti yang kita ketahui, tomat ini merupakan sumber Vitamin C yang memiliki khasiat untuk mendukung pembentukan kolagen. Kolagen ini juga penting untuk pertumbuhan rambut. Kolagen dapat membuat rambut tumbuh lebih panjang dan kuat, serta membantu untuk mencegah kerontokan rambut.

9. Manfaat Tomat Cery Untuk Meningkatkan Kesehatan Tulang

Manfaat tomat cery yang kesembilan adalah untuk meningkatkan kesehatan tulang. Kandungan gizi tomat ini ternyata juga dapat memberi manfaat dalam menjaga kesehatan tulang. Karena itulah, banyak yang menganjurkan untuk mengonsumsi tomat cery, terutama bagi perempuan untuk menurunkan risiko osteoporosis.

Menurut sebuah studi, tingkat penurunan kepadatan tulang pada perempuan yang mengonsumsi buah tomat secara rutin itu lebih rendah jika dibandingkan mereka yang kekurangan asupan likopen. Karena itulah, terdapat klaim yang mengatakan bahwa tomat cery dapat membantu dalam meningkatkan kesehatan tulang.

10. Tomat Cery Untuk Mencegah Diabetes

Manfaat tomat cery yang kesepuluh adalah untuk mencegah penyakit diabetes. Seperti yang kita tahu, diabetes adalah salah satu penyakit yang berbahaya dan dapat menyerang siapa saja. Nah, mengonsumsi tomat ini adalah salah satu alternatif yang bisa kamu coba untuk mencegah penyakit tersebut.

Dalam beberapa penelitian ditemukan bahwa penderita diabetes tipe 2 yang mengonsumsi tomat secara berkala dapat mengalami perbaikan kadar gula darah. Hal ini disebabkan karena adanya 2 gram serat dalam satu cangkir tomat cery yang berfungsi untuk melancarkan pencernaan.

11. Menjaga Kesehatan Kandung Kemih

Manfaat tomat cery yang kesebelas dan terakhir adalah untuk menjaga kesehatan kandung kemih. Tomat ini dapat membantu menjaga kesehatan sistem kemih dengan cara mencegah infeksi saluran kemih atau kondisi lainnya yang serupa. Kandungan likopen dapat mencegah bakteri tumbuh di uretra dan kandung kemih, serta melawan infeksi dan peradangan.

Itulah tadi pembahasan tentang tomat cery dan manfaatnya. Ternyata, manfaat buah satu ini cukup banyak, ya. Pastinya membuat kamu jadi termotivasi untuk mengonsumsinya juga, bukan?

Nah, kalau mau belanja tomatnya, kamu bisa manfaatkan aplikasi AlloFresh juga, lho. Berbagai pilihan merek tomat cery bisa kamu pilih dan beli dalam satu klik, dan pesanan pun akan langsung dikirimkan ke rumahmu! Biar lebih puas lagi, kamu juga nikmati berbagai promo harian yang ditawarkan aplikasi ini.

Yuk, konsumsi tomatnya sekarang untuk merasakan manfaatnya!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button