Resep

Ini Dia 3 Resep Kastengel Premium, Enak, dan Renyah!

Resep kastengel premium itu yang seperti apa sih? Kalau kamu ingin mengupgrade kastengel yang biasa kamu buat, kamu berada di tempat yang tepat karena pada artikel ini AlloFresh akan memberitahumu beberapa resep kastengel premium yang bisa kamu coba di rumah.

Omong-omong soal kastengel, kue kering yang identik dengan keju ini adalah salah satu camilan yang disajikan saat hari besar, seperti Lebaran. Kastengel punya ciri khas tersendiri yang membedakannya dengan kue lainnya, yaitu rasa dari kue kering ini yang asin dan gurih ketimbang kue lainnya yang manis.

Kastengel tentu dapat kamu buat sendiri di rumah. Tapi, bagi kebanyakan orang, membuat kastengel itu gampang-gampang susah. Tidak sedikit yang kesusahan untuk mendapatkan tekstur renyah atau garing. Banyak yang niat ingin membuatnya demikian, tapi malah berujung kastengel jadi gosong.

Nah, di artikel kali ini selain resep kastengel premium, kamu juga akan tahu beberapa tips membuat kastengel agar teksturnya renyah tanpa perlu takut gosong!

cara membuat kastangel premium

Baca juga: 5 Resep dan Cara Membuat Popcorn agar Bisa Mengembang!

Tips Agar Tekstur Kastengel Renyah

Membuat kastengel mungkin bisa dibilang simple. Tapi, kamu perlu memperhatikan beberapa hal agar kastengel yang kamu buat renyah sekaligus lembut!

1. Memilih Tepung yang Tepat

Buat kamu yang belum seberapa familiar dengan dunia baking, sebenarnya terdapat dua jenis tepung yang bisa kamu gunakan untuk membuat kue, yaitu tepung serbaguna (protein sedang) dan tepung protein rendah. Nah, untuk menghasilkan tekstur kastengel yang renyah, pilihlah tepung protein rendah ya.

Hal ini karena tepung protein rendah mengandung gluten yang rendah yang berpengaruh ke tekstur kastengel yang renyah. Selain itu, saat kamu hendak membuat adonan, ada baiknya kamu untuk mengayak tepung terlebih dahulu agar tercampur rata. Adonan yang tercampur rata juga dapat membuat tekstur kue yang ringan.

2. Mengaduk Adonan dengan Tidak Berlebihan

Saat mencampur adonan pun, sebenarnya kamu tidak perlu mengaduknya lama-lama. Hal ini karena mengaduk adonan yang terlalu lama dapat membuat tekstur kastengel keras lho. Lantas, bagaimana kalau adonan yang kamu buat masih lembek dan kamu tidak bisa mengaduknya lebih lama lagi?

Nah, tips buatmu, yang juga ada dalam cara membuat kastengel premium adalah memasukkan adonan yang masih lembek ke dalam lemari es dan mendiamkannya selama 30 menit. Kamu bisa mencobanya ya!

tips bikin kastangel premium

3. Memakai Margarin dan Mentega

Banyak yang mengira kalau margarin dan mentega itu hanya sinonim, tapi nyatanya kedua bahan ini berbeda lho. Mentega digunakan untuk membuat kue kering bertekstur lembut dan penambah aroma harum. Sedangkan margarin dapat menghasilkan tekstur kue kering yang garing.

Dalam kebanyakan resep kastengel premium, paduan margarin dan mentega sering dipakai lho. Nah, kalau kamu ingin memakai margarin dan mentega, pastikan untuk menggunakan rasio 2:1.

Baca juga: Ini Dia Perbedaan Margarin Dan Mentega

4. Mengangin-anginkan Kastengel Setelah Dipanggang

Tips selanjutnya yang ada juga dalam resep kastengel premium adalah mendinginkan kastengel setelah keluar dari oven. Sebaiknya jangan meninggalkan kastengel yang sudah jadi di loyang. Pindahkan kastengel tersebut ke cooling rack. Hal ini bertujuan untuk mengeluarkan uap panas dari kastengel.

Bahan, Cara Buat, dan Resep Kastengel Premium yang Bisa Kamu Coba

Sudah siap untuk menaikkan level kastengel yang biasa kamu buat dengan resep kastengel premium berikut ini? Yuk, siapkan catatanmu sekarang!

bahan resep kastangel premium

1. Resep Kastengel Premium

Bahan:

  • Mentega Wijsman
  • Margarin
  • Kuning telur
  • Keju edam
  • Kerju parmesan
  • Tepung protein rendah
  • Baking powder
  • Garam
  • Tepung maizena

Cara membuat:

  1. Dalam resep kastengel premium ini, kamu akan memakai mentega dan margarin. Campurkan 90 gram mentega wijsman dan margarin dengan menggunakan mixer hingga warnanya menjadi pucat dan teksturnya mengembang.
  2. Kalau campuran tersebut sudah mencapai tingkat tersebut, masukkan satu per satu kuning telur sambil mengaduknya perlahan.
  3. Siapkan campuran tepung. Masukkan 200 gram tepung protein rendah, 40 gram tepung maizena, 6 gram baking powder, sejumput garam, dan sedikit susu bubuk. Aduk merata.
  4. Masukkan campuran tepung ke dalam campuran mentega dengan mengayaknya. Lalu aduk perlahan sampai merata.
  5. Kamu bisa menambahkan parutan keju ke dalam adonan tersebut untuk membuat kastengel memiliki rasa yang lebih keju.
  6. Kalau sudah, cetak adonan sesuai dengan keinginanmu. Oleskan kuning telur ke atas adonan dan tambahkan taburan parutan keju di atasnya.
  7. Panggang ke dalam oven pada suhu 140 derajat Celcius selama kurang lebih 45 menit.

Baca juga: Cara Membuat Jasuke dengan Berbagai Resep Mudah

2. Resep Kastengel Premium Gluten Free

Bahan:

  • Mentega
  • Margarin
  • Keju edam
  • Keju cheddar
  • Tepung protein rendah
  • Tepung maizena
  • Coconut milk
  • Kuning telur

Cara membuat:

  1. Sama seperti resep kastengel premium sebelumnya, kamu akan memakai campuran mentega dan margarin. Aduk rata dengan mixer atau whisker. Tapi, pada resep ini kamu bisa menambahkan keju ke dalam campuran mentega ini.
  2. Campur semua bahan kering, yaitu 100 gram tepung, 1 sendok makan coconut milk, dan 25 gram tepung maizena.
  3. Masukkan campuran bahan kering ke dalam campuran mentega dengan mengayaknya juga.
  4. Aduk rata adonan tersebut.
  5. Setelah itu, kamu bisa mencetaknya sesuai dengan kebutuhanmu ke dalam loyang. Jangan lupa untuk mengoleskan kuning telur dan memberikan taburan keju di atasnya.
  6. Panggang adonan kastengel pada suhu 140 derajat Celcius selama 40 menit. Nah, agar setiap sisi kastengel matang merata, kamu bisa memutar loyang setiap 10 menit sekali.

3. Resep Kastengel Premium Coklat

Bahan:

  • Mentega
  • Margarin
  • Keju edam
  • Keju cheddar
  • Tepung protein rendah
  • Tepung maizena
  • Susu bubuk
  • Vanili
  • Coklat batangan

Cara membuat:

  1. Nah, dalam resep kastengel premium ini, kamu bisa mengayak bahan kering terlebih dahulu sebelum mencampurnya.
  2. Buat campuran mentega. Kocok mentega, margarin, dan vanili dengan mixer (speed rendah) atau memakai whisk. Lalu, campurkan keju parut ke dalamnya. Nah, agar kamu mendapatkan tekstur keju yang kering, kamu bisa menjemur atau mendiamkan parutan keju sebelumnya ya,
  3. Campukan bahan kering tadi ke dalam campuran mentega perlahan dengan mengayaknya. 
  4. Kalau adonan kastengel sudah tercampur rata, cetak ke dalam bentuk dan ukuran sesukamu. Olesi bagian atas kastengel dengan kuning telur dan beri taburan parutan keju.
  5. Panggang adonan kastengel pada suhu 140 derajat selama kurang lebih 40 menit. Kalau sudah, sisihkan ke cooling tray.
  6. Lalu, buatlah celupan coklatnya. Lelehkan coklat batangan dengan margarin secukupnya hingga mencair.
  7. Celupkan sebagian bagian kastengel ke dalam coklat. Letakkan kembali ke cooling tray dan dinginkan dalam suhu ruangan hingga coklat mengeras.
  8. Kastengel premium coklat pun siap kamu hidangkan deh!

Nah, itulah ketiga resep kastengel premium yang bisa kamu buat sendiri di rumah! Kamu bisa mengikuti resep kastengel premium di atas beserta tips agar tekstur kastengel terasa lebih premium dan lebih lezat untuk disantap bersama dengan orang-orang tercinta.

Untuk mendapatkan bahan dari resep kastengel premium di atas, kamu bisa mencari semua bahannya di aplikasi AlloFresh! AlloFresh menyediakanmu bahan-bahan yang berkualitas sehingga kamu bisa membuat makanan, seperti kastengel dengan tekstur renyah dan rasa yang mantap! Yuk. download dan pakai AlloFresh sekarang!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button