Resep

5 Resep dan Cara Membuat Popcorn agar Bisa Mengembang!

Kalau kamu suka dengan popcorn yang dijual saat nonton di bioskop dan ingin tahu cara membuat popcorn di rumah, kamu berada di artikel yang tepat!

Popcorn, atau dalam bahasa Indonesia disebut berondong jagung, adalah camilan yang terbuat dari biji jagung kering yang dimasak hingga teksturnya berubah menjadi berkembang. Camilan satu ini memang identik sebagai camilan pendamping saat nonton film di bioskop. Bahkan, sudah jadi kebiasaan banyak orang untuk membelinya ketika hendak menonton.

Namun, kini juga tidak kalah populer sebagai camilan saat di rumah. Sehingga, banyak orang yang ingin tahu cara membuat popcorn di rumah sendiri. Tapi, tidak sedikit yang kesusahan membuatnya karena hasil yang didapat popcorn tidak mengembang dan malah gosong.

Nah, apakah kamu termasuk yang ingin tahu cara membuatnya agar bisa mengembang sempurna, renyah, dan tidak gosong? Yuk, baca artikel ini sampai habis untuk tahu tips cara membuat popcorn dan resep kreasi yang bisa kamu buat di rumah!

Beberapa Tips Cara Membuat Popcorn Agar Bisa Mengembang

Kalau popcorn yang kamu buat masih suka tidak mekar mengembang dan gosong, yuk simak beberapa tips dalam cara membuat di bawah ini!

membuat popcorn mengembang

1. Memilih Biji Jagung Kering yang Berkualitas

Yap, tentu kualitas akan menentukan hasil akhir yang kamu dapatkan. Biji jagung kering yang berkualitas dapat memberikan tekstur yang mengembang sempurna lho. Memang agak susah untuk memilih biji jagung yang bagus, tapi kamu bisa mengikuti tips berikut ini.

Saat kamu membeli biji jagung kering di pasaran, pastikan kamu memilih biji jagung yang kulitnya keras. Hal ini karena biji jagung yang berkulit keras mampu menahan jagung saat dimasak sehingga popcorn yang dihasilkan bisa mengembang.

Baca juga: 8 Cara Membuat Sale Pisang Sederhana, Enak, dan Renyah

2. Menggunakan Panci dengan Tutup yang Memiliki Ventilasi

Tips dalam cara membuat popcorn yang selanjutnya adalah memilih panci dan tutup panci yang memiliki ventilasi. Hal ini berguna agar uap yang dihasilkan ketika memasak dapat keluar. Jika uap tersebut tertahan di dalam panci, popcorn yang dihasilkan dapat terkena uap air sehingga tidak mampu bertekstur renyah.

Selain itu, perhatikan bahan panci yang kamu gunakan. Kalau bisa gunakan panci yang anti lengket agar nantinya bumbunya tidak akan menempel di lapisan panci. Jangan lupa untuk memakai api kecil ya.

3. Melakukan Tes Sebelum Memasukkan Semua Biji Jagung

Sebaiknya kamu tidak perlu terburu-buru untuk membuat berondong jagung. Cara membuat popcorn agar dapat matang cepat dan merata adalah melakukan tes terlebih dahulu. Hal ini untuk meminimalisir agar tidak cepat gosong dan terlalu lama dimasak.

Coba ambil beberapa biji jagung dan taruh ke dalam panci. Kalau biji jagung tersebut sudah mengembang, kamu bisa menambahkan semua sisa biji jagung ke dalam panci.

4. Menggoyang Panci Saat Memasak Popcorn

Tips dalam cara membuat popcorn agar tidak cepat gosong adalah dengan menggoyang panci secara perlahan ketika memasaknya. Kamu bisa angkat sedikit gagang panci dari kompor dan menggoyangnya perlahan. Lalu, letakkan kembali ke atas kompor setelah beberapa waktu.

Ketika dari panci sudah terdengar bunyi ‘Pop’, maka itu tandanya biji jagung sudah mulai berubah menjadi popcorn. Terus goyang panci perlahan agar dapat matang secara merata.

Beberapa Resep Kreasi Popcorn yang Bisa Kamu Buat di Rumah

popcorn ala bioskop

1. Cara Membuat Popcorn Asin

Bahan:

  • Biji jagung kering
  • Mentega atau margarin
  • Minyak goreng

Langkah-langkah:

  1. Ambil dua sendok makan margarin dan satu sendok makan minyak. Lelehkan kedua bahan tersebut ke dalam panci dengan api kecil.
  2. Masukkan biji jagung ke dalam panci dan aduk hingga merata.
  3. Tutup panci tersebut dan tetap masak dengan api yang kecil.
  4. Tunggu hingga semua biji jagung meletup dan berubah. Kalau sudah tidak terdengar lagi suara letupan, itu berarti semua biji jagung sudah menjadi popcorn.
  5. Matikan kompor dan sajikan ke dalam wadah deh!

2. Cara Membuat Popcorn Caramel ala Bioskop

Bahan:

  • Biji jagung kering
  • Gula aren
  • Gula halus
  • Salted butter
  • Garam
  • Susu kental manis

Langkah-langkah:

  1. Buat popcorn terlebih dahulu dengan melelehkan dua sendok makan salted butter di panci. Kalau sudah, masukkan biji jagung.
  2. Tutup panci tersebut dan goyang wajan untuk menghindari kegosongan. Masak hingga semua biji jagung mengembang.
  3. Lalu, untuk membuat caramel, campurkan satu sendok salted butter, 3 sendok makan gula aren, 3 sendok makan gula halus, sejumput garam, dan satu sendok makan susu kental manis ke dalam panci.
  4. Masak dengan api kecil dan tunggu agar campuran tersebut menjadi caramel.
  5. Kalau saus tersebut sudah kental dan terdapat buih, goyang panci perlahan agar tidak gosong.
  6. Matikan kompor. Lalu, tuang caramel tersebut ke berondong jagung deh! Jangan lupa untuk mengaduknya agar tidak mengeras.

Baca juga: Ini Dia 3 Resep Kastengel Premium, Enak, dan Renyah!

3. Cara Membuat Popcorn Coklat

Bahan:

  • Biji jagung kering
  • Gula pasir
  • Margarin
  • Cokelat batang
  • Minyak goreng
  • Air

Langkah-langkah:

  1. Sama seperti cara membuat sebelumnya, kamu bisa membuat popcorn terlebih dahulu dengan melelehkan margarin dan memasukkan biji jagung. Masak dengan api kecil, tutup panci, dan tunggu hingga semua biji jagung mengembang merata. Angkat dan taruh ke dalam wadah.
  2. Nah, lalu kamu bisa membuat saus coklat. Untuk membuatnya, lelehkan setengah bungkus coklat batangan, bersama dengan sedikit minyak goreng, gula pasir, dan air.
  3. Kalau campuran tersebut sudah menjadi pasta, tambahkan berondong jagung yang sudah jadi. 
  4. Aduk merata dengan cepat, dan popcorn coklat pun siap dihidangkan!

4. Cara Membuat Popcorn Warna-Warni ala Rainbow

Bahan:

  • Biji jagung
  • Margarin
  • Pewarna makanan merah, kuning, hijau, dan biru
  • Gula pasir
  • Minyak goreng
  • Air

Langkah-langkah:

  1. Pertama, kamu juga harus menyiapkan popcorn terlebih dahulu. Buat dengan melelehkan margarin dan memasukkan biji jagung, lalu masak dengan api kecil hingga matang merata.
  2. Bagi popcorn tersebut menjadi beberapa bagian sesuai dengan banyaknya warna yang kamu inginkan.
  3. Untuk membuat pasta warna, larutkan satu sendok makan gula, 3 sendok makan air, dan sedikit tetesan pewarna makanan. Masak dengan api kecil hingga gula terkaramelisasi dan kental. Lakukan langkah yang sama untuk membuat pasta warna lainnya.
  4. Kalau sudah, campurkan pasta warna masing-masing ke dalam berondong jagung yang kamu bagi tadi.
  5. Aduk dengan cepat agar tidak lengket.
  6. Popcorn warna-warni ala rainbow pun sudah jadi!

Mudah kan cara membuat popcorn dan ide kreasi resepnya di atas? Dengan mengikuti resep dan cara membuat popcorn tersebut, kamu bisa menikmati camilan pendamping nonton film ini di rumah! Resep mana yang ingin kamu buat nih?
Mana pun resep yang kamu pilih, jangan lupa untuk membeli biji jagung yang berkualitas agar popcorn-mu renyah dan dapat mengembang. Untuk mendapatkan bahan-bahan makanan berkualitas, kamu bisa coba cari di aplikasi AlloFresh! Di aplikasi ini, kamu bisa menemukan berbagai bahan makanan dan minuman lho. Yuk, download dan pakai AlloFresh sekarang!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button