Resep

Resep Mie Ayam Bangka: Bahan serta Langkah Pembuatan

Mie ayam bangka adalah salah satu aneka mie ayam yang terdapat di Indonesia. Tidak hanya di daerah Bangka saja, tapi mie ayam bangka juga banyak ditemui di kota-kota besar. Mie ayam sendiri menjadi salah satu hidangan yang kerap dimakan oleh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas tentang mie bangka, serta bahan dan cara membuatnya.

Di Indonesia, banyak sekali makanan khas. Hal itu tak terlepas dari bagaimana luasnya wilayah Indonesia serta banyaknya suku bangsa. Setiap daerah mempunyai letak geografis, sejarah, serta kebiasaan yang berbeda. Karena itu makanan di Indonesia pun tak jarang bisa bertolak belakang antara satu daerah dan daerah lainnya.

Itulah yang membuat tiap daerah di Indonesia unik. Selain kekayaan alam yang bisa ditemui di daerah-daerah tertentu saja, kuliner yang ada di tiap daerah juga beraneka ragam. Hal tersebut juga menjadi alasan kenapa banyak orang yang gemar berwisata keliling Indonesia, bukan hanya karena menikmati pemandangannya saja.

Makanya tiap daerah biasanya mempunyai sajian tertentu yang secara otentik bisa ditemukan hanya di daerah tertentu. Biasanya, makanan yang sudah tersedia di daerah lain rasa dan bumbunya tidak seasli daerah asalnya karena disesuaikan dengan daerah tersebut. Padahal, keunikan sajian tersebut yang membuat tiap daerah mempunyai keunggulan berbeda

Sajian nasi tiap daerah saja bisa berbeda. Seperti nasi goreng misalnya. Ada suatu daerah yang menggunakan bumbu tertentu, sementara daerah lain tidak. Atau misalnya ayam goreng yang berbeda, ada daerah yang lebih menyukai rasa manis sementara ada daerah lain yang membuat ayam goreng segurih mungkin. Beberapa daerah di pulau tertentu juga ada yang lebih menyukai citarasa pedas. Begitu juga dengan mie ayam.

Asal Muasal Mie

Mie  sebenarnya berasal dari negeri China pada masa pemerintahan Dinasti Han. Setelah itu, mie menyebar melalui jalur perdagangan. Tidak heran jika beberapa negara Asia, terutama Asia Timur dan Tenggara mempunyai mie sebagai salah satu hidangan tradisional yang dimiliki, hal itu merupakan bagian dari sejarah dan latar belakang negara-negara tersebut.

Mie juga sebenarnya lebih sering menggunakan daging babi ketimbang daging ayam. Hal tersebut tak lepas dari negara asalnya yang kerap menggunakan daging babi untuk berbagai hidangan. Namun saat masuk Indonesia, hidangan disesuaikan. Hal itu tak lepas dari Indonesia yang mayoritas adalah pemeluk muslim. Hidangan yang termasuk adalah mie yang akhirnya menjadi mie ayam.

Mengenal Mie Ayam

Mie ayam sendiri adalah sajian yang sering kamu temui pada kehidupan sehari-hari. Baik di mal, restoran atau bahkan gerobak jualan mie ayam bisa kamu temui. Hal itu membuktikan bahwa mie ayam adalah hidangan yang dicintai oleh masyarakat Indonesia karena kelezatannya.

Mengenal mie ayam

Di Indonesia sendiri kamu bisa menemui beberapa jenis mie ayam, yakni: 

1. Mie Ayam Jakarta

Jenis mie ayam yang biasanya hanya ada di kota Jakarta dan sekitarnya. Pada mie ayam ini, biasanya mie dan ayamnya cukup kering. Mie yang satu ini biasanya diberi kuah bening terpisah untuk dinikmati. Biasanya juga disediakan bersama pangsit goreng untuk memberikan kerenyahan.

2. Mie Ayam Bandung

Mie ayam Bandung adalah mie ayam yang terkenal karena mie ayamnya tidak hanya menggunakan topping ayam, tapi juga baso. Berbeda dengan mie ayam Jakarta, mie ayam Bandung terasa lebih berminyak toppingnya dan biasanya langsung sedikit dikuahi ketika disajikan.

3. Mie Ayam Wonogiri

asal mie ayam bangka

Mie ayam Wonogiri cocok bagi kamu yang menyukai sajian yang terasa manis. Dengan topping yang dipotong lebih besar dari mie ayam dari daerah lain, ayam pada mie ayam Wonogiri juga lebih terasa manis. Hal tersebut mungkin dilatarbelakangi karena daerah Jawa biasanya lebih menyenangi rasa manis.

4. Mie Ayam Bangka

Mie ayam yang satu ini sedikit berbeda dengan mie ayam lainnya. Hal tersebut terlihat dari potongan dan bumbu ayam yang sedikit berbeda. Di asalnya, mie ayam bangka juga bisa ditambahkan dengan ikan ataupun bakso ikan. Rasa mie ayam Bangka juga cenderung asin dan gurih.

Mengenal Mie Ayam Bangka

Sesuai namanya, mie ayam yang satu ini merupakan mie ayam yang berasal dari daerah Bangka. Mie ayam ini disebut-sebut merupakan mie ayam yang asalnya dari negeri China yang dibawa oleh imigran yang bekerja atau mengunjungi daerah Bangka. Hal ini kerap terjadi pada masakan tradisional Indonesia karena sejak dahulu, banyak orang luar Indonesia baik imigran atau warga negara asing berkunjung ke daerah tertentu dan memberikan pengaruh negaranya.

Mie ayam Bangka sendiri ketika dijual di luar Bangka cenderung menyesuaikan. Di Jakarta, mie ayam Bangka tidak menggunakan ikan dan terlihat selayaknya mie ayam biasa lainnya yang terdapat di daerah Jakarta. Namun, mie ayam Bangka tentu punya cita rasa yang sangat khas. 

resep mie ayam bangka

Resep Mie Ayam Bangka

Mie ayam Bangka sendiri juga bukan mie ayam yang sulit untuk dibuat. Dengan bahan-bahan yang tepat, kamu bisa membuatnya sendiri di dapur milikmu.. Berikut adalah bahan-bahan dan langkah pembuatan mie ayam bangka:

Bahan-bahan:

  • Mie
  • Daging fillet ayam dan tulang ayam
  • Bawang putih
  • Kecap manis
  • Merica bubuk
  • Minyak wijen 
  • Daun bawang
  • Jamur
  • Air 
  • Garam 
  • Gula
  • Kaldu bubuk
  • Sawi 
  • Tauge

Langkah-langkah:

  1. Topping ayam
  2. Tumis bawang putih hingga wangi
  3. Masukkan ayam yang sudah dicincang
  4. Masukkan jamur secukupnya
  5. Taburkan garam, lada dan kecap secukupnya
  6. Jika sudah matang, tiriskan

Kuah:

  1. Tumis bawang putih sampai wangi
  2. Masukkan tulang ayam dan tunggu hingga berubah warna
  3. Masukkan air
  4. Tambahkan kaldu ayam, garam dan merica bubuk 
  5. Tunggu hingga air mendidih
  6. Masukkan daun bawang
  7. Matikan dan letakkan di wadah

Mie:

  1. Rebus air hingga mendidih
  2. Berikan minyak agar tidak lengket
  3. Taruh mie yang sudah disiapkan
  4. Jika sudah matang, angkat
  5. Letakkan pada wadah yang sudah disiapkan

Setelah itu, sajikan mie ayam lalu taburi dengan ayam yang sudah matang. Kamu bisa memberikan kuah sesuai yang kamu mau. Kamu juga bisa menghias dengan sawi dan tauge serta pangsit kuah ataupun goreng. Resep Mie ayam Bangka homemade ala kamu pun sudah siap untuk dinikmati.

Demikian adalah penjelasan singkat mengenai mie ayam, tepatnya resep mie ayam Bangka serta bahan dan langkah yang dibutuhkan untuk membuatnya. Apalagi kalau dekat tempat tinggal kamu tidak ada yang menjual mie ayam Bangka, resep ini bisa menjadi jawaban sehingga kamu bisa membuatnya sendiri.

Kamu dapat memesan bahan-bahan yang kamu butuhkan melalui AlloFresh. Bahan-bahan yang dimiliki pun segar dan siap diantar ke tempat kamu berada, hanya melalui aplikasi. Jadi, kamu tidak perlu repot mengeluarkan kendaraan untuk berbelanja kebutuhan dapur. Cukup dengan jemari kamu, bahan yang kamu butuhkan akan tiba di depan pintu. Rasakan sendiri kemudahan dengan AlloFresh!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button