Resep

Resep Gurame Asam Manis Pedas Mudah untuk Menu Rumahan

Suka makan pedas? Nah, mungkin kamu bisa cobain resep ikan gurame asam manis pedas yang akan dibahas dalam artikel ini!

Ikan gurame memang merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang jadi kegemaran dan santapan favorit masyarakat. Salah satu variasi masakannya, yaitu gurame asam manis pedas, juga masuk dalam variasi masakan ikan gurame yang jadi favorit banyak orang.

Nggak heran, rasanya memang enak dan cocok jadi pilihan menu makan, baik saat makan di restoran maupun di rumah. Selain itu, salah satu nilai plus dari pilihan menu ikan yang satu ini adalah dagingnya yang tebal tapi duri tulangnya kecil jika kalian bandingkan dengan ikan lainnya, yang memudahkan orang untuk menyantapnya.

Karena kelebihan dan manfaat inilah yang membuat menu ikan gurame, termasuk varian menu gurame asam manis pedas, menjadi idaman oleh banyak orang. Apalagi orang Indonesia memang banyak yang suka makan pedas, tentu ikan gurame asam manis pedas pun sangat dinikmati oleh masyarakat. Bisa dibilang menu gurame masuk dalam sajian masakan nusantara.

Selain itu, walau harganya sedikit lebih mahal dari ikan air tawar lainnya, ikan gurame juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat. Misalnya, kandungan omega 3 yang dapat membantu perkembangan otak, dan juga kandungan protein yang bisa bermanfaat bagi tubuh.

Dengan menggunakan berbagai bahan, ikan gurame memang bisa kamu olah jadi berbagai variasi menu masakan yang lezat, mulai dari gurame bakar, gurame goreng, gurame bakar, gurame saus tiram, hingga gurame asam manis pedas yang akan kita bahas lebih lanjut di dalam artikel ini.

resep gurame asam manis

Gurame asam manis pedas memang nikmat dan cocok jadi menu pendamping nasi hangat untuk kamu hidangkan dan santap bersama dengan keluarga tercinta.

Kualitas rasa dari gurame asam manis pedas dipengaruhi oleh beberapa hal, mulai dari jenis bahan yang digunakan, pemilihan bahan segar, cara mengolah, dan cara menghidangkannya.

Dengan bahan dan bumbu masakan yang tepat, kamu pun bisa membuat masakan ikan gurame asam manis pedas juga di rumah, lho. Dalam artikel ini kamu bisa simak resep gurame asam manis pedas mudah untuk dicoba.

Tapi, sebelum membuat masakan, tentu kamu harus tahu terlebih dulu nih resep masakannya seperti apa. Yuk, kita mulai dari cara membersihkan ikan guramenya setelah kamu beli bahannya.

Cara Membersihkan Ikan yang Benar

Kalau ingin menikmati masakan gurame asam manis pedas dengan rasa yang menggiurkan, maka kamu perlu memerhatikan proses membersihkan ikannya terlebih dulu. Mendapatkan rasa ikan yang lezat bukan cuma bergantung dari bahan dan bumbu masakannya saja, tapi juga pemilihan ikan gurame yang segar.

Selain itu, kamu juga perlu periksa kembali apakah masih ada sisa kotoran ikan yang tertinggal di dalam isi perutnya dan juga apakah masih ada sisik ikan yang masih menempel.

Baca juga: 12 Ciri-Ciri Ikan Segar, Sehat, dan Siap untuk Dimasak

Cara Membersihkan Ikan yang Benar

Berikut adalah langkah-langkah membersihkan ikan yang bisa kamu coba di rumah:

  1. Pilih ikan gurame yang masih segar. Ada beberapa bagian yang perlu kamu perhatikan, seperti:
  • Pastikan insangnya berwarna merah hati dan nggak pucat.
  • Tekan bagian tengah dagingnya, kalau kembali ke bentuk semula dengan cepat berarti ikannya masih segar.
  • Lihat bagian perut, ada baiknya untuk nggak memilih ikan yang bagian perutnya sudah sobek.
  • Lihat bagian mata, kalau matanya menonjol keluar berarti ikannya masih segar.
  1. Untuk mencuci kamu bisa melakukannya sebanyak dua kali, yaitu sebelum membersihkan bagian dalam perut dan setelah selesai membersihkan seluruh bagian ikan. 
  2. Untuk membersihkan sisik dari badan ikan, pegang ikan di bawah air mengalir, lalu gunakan punggung pisau untuk menghilangkan sisiknya dengan gerakan satu arah, yaitu ke arah kepala. Untuk memastikan apakah sisiknya benar-benar sudah bersih, gosokkan jari-jarimu ke atas dan ke bawah.
  3. Buka bagian perut ikan dengan pisau tajam, lalu keluarkan sisa kotoran yang ada.
  4. Supaya daging ikan tetap utuh dan nggak hancur saat membersihkan tulangnya, gunakan gunting untuk memotong tulang yang tersambung pada bagian ekor dan kepala.
  5. Bagi yang nggak menyukai bagian kepala, kamu juga bisa memotong bagian kepalanya dan nggak menggunakannya dalam masakanmu.
  6. Setelah menyelesaikan langkah-langkah di atas, cucilah ikan dengan menggunakan perasan buah jeruk nipis atau lemon untuk menghilangkan bau amis. Bilas ikan, lalu kamu bisa mulai menggoreng atau membumbui ikan.
cara membuat gurame asam manis pedas

Nah, setelah tahu langkah-langkah membersihkan ikannya, maka kamu sudah bisa mencoba untuk memasak menu ini di rumah. Spesial untuk kamu, berikut adalah resep ikan gurame asam manis pedas fillet-nya.

Baca juga: Yuk Simak Teknik-Teknik Grilling dan Contoh Makanan yang Dihasilkan

Resep Gurame Asam Manis Pedas Fillet

Bahan:

  • 1 ekor ikan gurame 600-750 gr

Bumbu 1:

  • 2 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 1 siung bawang bombay
  • 1 buah tomat
  • 5 buah cabe merah

Bumbu 2:

  • 1 bungkus tepung bumbu instan
  • 2 sdm tepung terigu
  • 1 sdm maizena
  • 1 butir telur
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 1 buah jeruk nipis atau lemon
  • 4 sdm saus sambal
  • 2 sdm saus tomat
  • 1 sdt gula
  • 100 ml air
  • Minyak goreng secukupnya

Cara memasaknya:

  1. Cuci bersih ikan gurame, lalu tiriskan.
  2. Potong daging ikan menjadi fillet, lalu lumuri dengan air perasan jeruk nipis. Diamkan selama 10 menit, lalu celupkan ke dalam kocokan telur yang diaduk rata.
  3. Masukkan fillet ikan ke dalam campuran tepung yang sudah diaduk rata sebelumnya hingga ikan tertutup rata dengan tepung.
  4. Goreng ikan hingga matang berwarna kuning kecoklatan, lalu angkat dan sisihkan.
  5. Untuk saus bumbu, panaskan minyak, lalu tumis irisan bawang putih, bawang merah, dan bawang bombay hingga layu. Masukkan tomat dan cabe merah, lalu masak hingga layu.
  6. Tambahkan semua saus, garam, gula, serta kaldu bubuk ke dalam campuran bumbu, lalu tambahkan sedikit air, kemudian aduk rata.
  7. Setelah saus mendidih, tambahkan larutan maizena lalu aduk rata hingga kuah mengental dan terlihat meletup-letup, kemudian angkat.
  8. Siramkan saus di atas ikan yang sudah kamu goreng, lalu tata ikan di atas piring, dan sajikan.

Itulah tadi resep gurame asam manis pedas yang bisa kamu coba masak di rumah dan nikmati bersama keluarga. Bagaimana, mudah bukan?

Untuk hasil masakan terbaik, kamu juga bisa mendapatkan bahan-bahan segar berkualitas untuk resepnya dengan belanja praktis menggunakan aplikasi Allofresh.id.

Tinggal pilih bahannya dari genggaman tanganmu dalam satu klik, dan semua akan dikirimkan ke rumahmu. Nikmati juga berbagai promo menarik harian yang ditawarkannya untuk lebih berhemat lagi.

Yuk, ikuti resepnya sekarang!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button