Resep

Serba-Serbi Kaldu Ayam: Manfaat, Bahan, dan Cara Buat

Kaldu ayam merupakan salah satu bahan masakan yang sering digunakan dalam kebanyakan hidangan khas Indonesia. Yap, bagi orang Indonesia, kaldu ayam sudah tidak asing lagi untuk digunakan sehari-hari sebagai penyedap rasa.

Selain mampu menambah rasa ke dalam masakan, memakai kaldu melalui proses merebus tulang ayam ini juga dapat menambah aroma pada masakan tersebut lebih wangi. Tapi, siapa sangka selain kelezatannya, kaldu ayam juga menyimpan kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kita lho. Kira-kira apa saja ya manfaat dari kaldu ayam?

Tenang aja! Untuk menjawab pertanyaan tersebut, AlloFresh sudah merangkum berbagai informasi mengenai kaldu ayam, mulai dari kandungan nutrisi, manfaat, bahan, dan tentunya cara membuat kaldu ayam buat kamu yang ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah!

Kandungan Nutrisi dalam Kaldu Ayam

Tidak heran kalau kaldu ayam sering digunakan dalam dapur masyarakat Indonesia. Hal ini karena kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya sangat banyak lho. Berikut ini adalah kandungan nutrisi dalam porsi 1 gelas berukuran 240 ml (2 kalori):

  • Lemak: 0,29 gram
  • Karbohidrat: 1,51 gram
  • Protein: 0,95 gram
  • Mineral-mineral, seperti fosfor, kalium, kalsium, magnesium, zat besi, zinc, dan selenium
  • Asam amino
  • Vitamin A
  • Vitamin K2
  • Omega 3 dan omega 6

Baca juga: 4 Resep Kaldu Ayam yang Lezat dan Gurih di Rumah

Beberapa Manfaat Penting Kaldu Ayam

Dengan berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya, kaldu ini dapat memberikan tubuhmu berbagai manfaat penting ketika rutin mengonsumsinya. Berikut ini adalah daftar dari beberapa manfaatnya!

1. Bagus untuk Kesehatan Sendi

Salah satu kandungan yang terdapat dalam kaldu ayam adalah kolagen. Dalam proses perebusan tulang ayam, kolagen ini akan terpecah secara natural bersamaan dengan gelatin yang diproduksinya. Nah, gelatin dalam tulang ayam ini memiliki kandungan asam amino yang bagus untuk menjaga kesehatan pada sendi kita.

Selain itu, terdapat senyawa lain, seperti glukosamin serta kondroitin yang mampu memperkuat sendi, membantu mengurangi rasa nyeri dan meminimalisir risiko penyakit osteoarthritis.

2. Memperbaiki Kualitas Tidurmu

Kamu belakangan ini susah tidur? Mungkin kamu bisa mencoba mengonsumsi makanan yang berbahan dasar kaldu ini. Pasalnya, terdapat kandungan asam amino, yaitu glisina, yang mampu membantu kerja otak agar lebih relaxed

Selain kandungan tersebut, terdapat juga mineral, seperti magnesium yang salah satu kegunaannya dalam proses relaksasi otot tubuh. Dengan manfaat yang terkandung di dalamnya, konsumsi kaldu yang terbuat dari tulang ayam ini dapat membantu memperbaiki kualitas tidur agar lebih lelap.

3. Memperkuat Imun Tubuh

Ketika kamu sakit, pernah dianjurkan untuk mengonsumsi sop ayam? Nah, ini tentu bukan tanpa alasan lho. Di samping mengonsumsi yang hangat-hangat seperti sop ayam itu enak saat badan tidak dalam keadaan fit, ternyata hidangan yang mengandung kaldu ayam mampu meningkatkan imunitas tubuh lho. Tidak heran, sop yang berbahan dasar kaldu ini dijadikan menu untuk orang sakit.

Kaldu ini mengandung asam amino yang bersifat anti radang untuk pernafasan dan pencernaan. Hal ini yang membuatnya pas sekali disantap ketika kamu sedang sakit.

4. Memelihara Kesehatan Pencernaan

Kadar gelatin yang terdapat di dalam kaldu ini juga baik untuk sistem pencernaan lho. Pasalnya, di dalam gelatin tersebut terdapat asam amino glutamin yang dapat menjaga kesehatan lapisan dinding-dinding usus. Nah, oleh karena itu, mengonsumsi kaldu ini juga bagus untuk pemulihan penyakit usus bocor sekaligus untuk mencegahnya.

manfaat kaldu ayam

5. Tinggi Protein

Yap, makanan yang berbahan dasar kaldu ayam disebut memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Makanan yang mengandung protein tentu bagus untuk pertumbuhan sel-sel baru tubuh, terutama kalau dikonsumsi oleh anak-anak, bayi, hingga balita. 

Sehingga tidak heran kalau kaldu ini dijadikan sebagai salah satu bahan dasar Makanan Pendamping ASI atau MPASI. Protein dapat membantu pertumbuhan rambut dan gigi bayi dan anak-anak.

Baca juga: Resep Sop Ayam Pak Min, Ini Tips dan Cara Masaknya

6. Tinggi Kalsium 

Manfaat selanjutnya yang dapat kamu rasakan adalah asupan kalsium harian yang dapat terpenuhi karena kandungan kalsium yang cukup tinggi pula. Selain bagus untuk persendian, kalsium juga tidak kalah pentingnya untuk kesehatan tulang kita lho. 

Kandungan kalsium ini dapat memperkuat tulang dan mencegah tulang dari pengeroposan. Jadi, baik itu kalangan orang tua, dewasa, muda, dan anak-anak, semua orang disarankan untuk mengonsumsi hidangan yang mengandung kaldu ayam!

7. Rendah Kalori

Dalam satu porsi gelas ukuran 240 ml, kaldu ayam memiliki jumlah 12 kalori. Jumlah ini termasuk rendah, tapi tentu ini sebelum kamu menggunakannya dengan bahan lain untuk dijadikan sebuah hidangan. Tapi, terlepas dari hal tersebut, memang memasak dengan kaldu ini dapat membantumu pemeliharaan berat badan.

Nah, hal ini karena kandungan gelatin dalam kaldu ini dapat memberikan rasa cepat kenyang. Dengan begitu, otak kita pun akan secara tidak sadar membuat kita mengurangi asupan makanan yang masuk karena rasa kenyang tersebut.

Banyak bukan manfaat yang bisa kamu dapatkan? Mengonsumsinya secara rutin dapat membuat tubuh jadi lebih sehat dan bugar!

resep kaldu ayam

Resep dan Cara Membuat Kaldu Ayam

Tertarik untuk membuat kaldu ini di rumah? Kamu pun bisa membuat kaldu ini dengan cita rasa yang tidak kalah dengan yang restoran punya lho. Yuk, simak baik-baik!

1. Kaldu Ayam Rumahan

Alat dan Bahan:

  • Tulang ayam
  • Air
  • Bawang putih
  • Bawang bombai
  • Wortel
  • Daun bawang
  • Seledri
  • Minyak sayur
  • Daun salam
  • Garam
  • Gula
  • Panci rebus
  • Saringan

Langkah-langkah:

  1. Pertama cuci bersih sekitar 500 gram tulang ayam yang sudah kamu siapkan. Jangan lupa untuk memotongnya ke beberapa bagian hingga muat masuk ke dalam panci.
  2. Selanjutnya potong semua bahan. Kamu membutuhkan bawang bombai 1 buah, bawang putih sebanyak 3 siung, 1 wortel besar, 1 batang daun bawang besar, dan 1 batang seledri.
  3. Lalu tumis bawang bombai, bawang putih, dan wortel di dalam panci
  4. Kemudian masukkan tulang ayam. Lalu, tumis hingga wangi.
  5. Masukkan 2 liter air ke dalam panci. Kemudian, masukkan irisan daun bawang, seledri, dan 1 lembar daun salam ukuran besar
  6. Lalu icip kaldu yang kamu buat. Kalau rasanya masih kurang di lidahmu, kamu bisa menambahkan sejumput garam dan gula.
  7. Kalau sudah, rebus dengan api tingkat kecil selama kurang lebih 1 jam.
  8. Setelah matang, saring bahan-bahan tersebut dan kaldu bisa kamu gunakan deh!

Nah, kamu bisa juga menyimpan kaldu ayam yang sudah jadi ke dalam botol kaca atau plastik makanan dan membekukannya ke dalam freezer agar bisa digunakan untuk beberapa waktu ke depan, baik itu untuk membuat hidangan sop ayam, soto ayam, bubur ayam, atau hidangan MPASI.

Itulah resep membuat kaldu ayam yang bisa kamu coba! Kalau kamu ingin mencari bahan-bahan untuk membuatnya dengan cara yang lebih praktis dan mudah, coba aja pakai aplikasi AlloFresh! Di aplikasi ini, kamu dapat menemukan berbagai jenis bahan makanan dan minuman lho! Yuk, download AlloFresh sekarang!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button