Tips

Cara Menyimpan Ikan Di Kulkas yang Aman Dan Tidak Berbau

Cara menyimpan ikan di kulkas sangat berpengaruh terhadap kualitas ikan yang kamu beli. Jika ingin menyimpan ikan di dalam kulkas, pastikan ikan sudah dalam keadaan bersih. Sesudah itu, kamu dapat membaginya ke dalam beberapa porsi, masukkan ke dalam kotak dan letakkan di freezer. Cara ini juga dapat mempermudah dan mempercepat dalam proses memasak nantinya. Ikan yang disimpan di dalam freezer dapat bertahan 3-8 bulan. Namun jika kamu menyimpan di lemari pendingin biasa hanya dapat bertahan selama 1-2 hari. Ikan yang tidak disimpan secara benar bisa membuat daging ikan rusak, kualitas dan nutrisinya menurun, bahkan bisa sampai mengakibatkan keracunan makanan karena ikan sudah terkontaminasi dengan bakteri. Tunggu apa lagi, yuk simak cara menyimpan ikan di kulkas berikut ini.

Cara Menyimpan Ikan Di Kulkas

1. Cara Menyimpan Ikan Asin di Kulkas

cara menyimpan ikan asin di kulkas

Banyak orang Indonesia yang senang mengkonsumsi ikan asin karena rasanya yang nikmat. Tidak hanya nikmat, ikan asin juga bisa menjadi stok makanan di rumah karena masa simpannya yang lama. Hal tersebut karena ikan sudah diawetkan dan melalui proses penggaraman sehingga tidak akan mudah busuk. Proses pembuatan ikan asin sendiri memerlukan waktu kurang lebih 3 hari. Mulai dari pengawetan ikan menggunakan garam kemudian dijemur secara tradisional. Setelah itu, ikan asin dibersihkan dan dikemas untuk bisa dipasarkan. Berikut tips cara menyimpan ikan asin di kulkas.

  • Tidak langsung dicuci

Ikan asin yang dicuci bisa menjadi lembab dan membuat bakteri serta jamur muncul di ikan. Sebaiknya, mencuci atau membersihkan ikan asin dilakukan pada saat ingin memasak. Ada baiknya saat mencuci atau membersihkan ikan asin menggunakan air hangat supaya kotoran pada ikan asin hilang serta mengurangi kandungan garam pada ikan asin.

  • Jemur sebelum menyimpan

Untuk ikan asin jenis tertentu yang bertekstur basah yang masih memiliki cukup banyak kandungan air berlebih di dalamnya seperti teri medan dan teri jengki, sebaiknya dijemur terlebih dahulu sebelum disimpan. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi kadar air yang ada di dalam ikan asin yang dapat menimbulkan bakteri serta jamur juga mengurangi bau apek pada ikan asin tersebut. Saat menjemur, anda bisa meletakkan ikan asin di wadah yang besar seperti tampah bambu. 

  • Bungkus ikan asin dengan kertas roti

Membungkus ikan asin menggunakan kertas roti juga dapat membantu menyerap air yang ada pada ikan asin dan juga dapat mengurangi resiko tumbuhnya jamur pada ikan asin. Tidak hanya kertas roti, kertas buram dan kertas polos juga bisa digunakan untuk membungkus ikan asin. Agar ikan asin tetap kering dan terjaga kualitasnya, kamu dapat membungkusnya dengan lebih dari 2 kertas roti. Bagaimana dengan kertas koran? Membungkus ikan asin dengan kertas koran sangat tidak disarankan karena dapat merusak kesegaran ikan asin. 

  • Perhatikan tempat  menyimpan ikan

Setelah ikan asin dibungkus dengan  kertas roti, tempatkan ikan pada wadah kedap udara yang terbuat dari bahan kaca atau stainless. Hal ini dimaksudkan agar ikan asin berumur lebih panjang dengan kualitas yang tetap terjaga. Ikan asin bisa disimpan pada suhu 7-15 derajat celcius. Apabila ingin lebih lama dalam menyimpan ikan asin, anda bisa menyimpan ikan asin di bagian freezer dengan suhu 4-7 derajat celcius. Apabila tidak ada kulkas, ikan asin tetap bisa disimpan pada suhu ruang namun tetap harus dijemur, dibungkus dengan kertas roti dan dimasukkan ke dalam wadah kedap udara. 

  • Gunakan sarung tangan atau alat saat menyentuh ikan asin

Tips terakhir cara menyimpan ikan asin yaitu jangan pernah menyentuh ikan asin langsung menggunakan tangan. Gunakanlah alat bantu seperti sarung tangan plastik atau tisu agar ikan asin tidak menjadi lembab dan berjamur karena kondisi tangan terkadang tetap membawa bakteri dan kelembaban yang berlebih meski sudah dicuci dan dikeringkan.  

Baca juga: 7 Manfaat Ikan Gindara dan Resep Mudah Mengolahnya!

2. Cara menyimpan ikan lele di kulkas

Menyimpan ikan pada lemari pendingin atau kulkas begitu saja bisa menjadikan ikan cepat busuk. Jika tidak mengikuti cara penyimpanan ikan di kulkas yang benar bisa jadi ikan sudah tidak segar lagi saat diolah. Berikut beberapa tips cara menyimpan ikan lele di kulkas.

  • Pilih ikan yang segar dengan kualitas terbaik

Tips pertama cara menyimpan ikan di kulkas yaitu pilihkan ikan yang segar sejak awal karena ikan yang masih segar memiliki kualitas yang baik dan kemungkinan adanya bahan pengawet pada ikan maupun bakteri dan parasit masih kecil. Untuk menjaga kesegaran ikan, sebaiknya ikan dibeli pada saat akan memasak ikan dalam waktu dekat dan jangan lupa untuk meminta tambahan es agar ikan tetap segar selama dalam perjalanan. Ikan yang masih segar biasanya ditandai dengan bola mata ikan yang masih bening, tidak berbau amis, insang ikan berwarna kemerahan dan lain sebagainya.

  • Bersihkan ikan terlebih dahulu

Membersihkan ikan sebelum disimpan ke dalam kulkas dapat mengurangi resiko pertumbuhan mikroorganisme. Bagian pada ikan yang wajib dibersihkan yaitu jeroan seperti insang dan bagian perutnya. Cuci hingga semua bersih kemudian jangan lupa tambahkan perasan jeruk nipis atau lemon agar bau amis pada ikan tidak terlalu tercium. 

  • Bumbui ikan

Tips selanjutnya yaitu bumbui ikan setelah ikan dicuci bersih. Kamu dapat menggunakan bahan-bahan seperti sereh, daun salam, gula, garam, kunyit, dan juga penyedap. 

  • Simpan ikan di wadah tertutup atau kedap udara

Setelah ikan dibersihkan dan dibumbui, simpan ikan pada wadah kedap udara sebelum dimasukkan ke dalam kulkas. Ikan bisa disimpan di dalam food container, kotak makan ataupun wadah plastik lainnya. Penyimpanan ikan pada wadah kedap udara bertujuan agar kualitas dan rasa ikan tetap terjaga serta tidak terkontaminasi dengan bau makanan lainnya di dalam kulkas. 

  • Simpan ikan di kulkas dengan suhu yang rendah

Untuk menjaga kesegaran ikan, tempatkan ikan dibagian kulkas yang paling dingin. Sebaiknya dibagian bawah dan paling dalam agar suhu penyimpanan tidak mudah terpengaruh oleh pencahayaan lampu kulkas saat pintu kulkas dibuka tutup. Suhu kulkas yang baik untuk menyimpan ikan yaitu pada suhu 4,4 derajat celcius atau kurang. Alasan suhu rendah sangat penting dalam penyimpanan ikan adalah agar dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme dan reaksi kimia pada makanan mentah. 

Baca juga: Bikin Ngiler, Kumpulan Resep Sayur Asem Nusantara Penggugah Selera

3. Cara Menyimpan Ikan Tongkol di Kulkas  

Mengkonsumsi ikan tidak harus ikan yang mahal. Ikan dengan harga terjangkau seperti ikan tongkol juga bagus  untuk dikonsumsi. Ikan tongkol memiliki ukuran yang cukup besar dan rasa yang gurih serta tekstur yang pas, tidak alot atau terlalu lembek. Menyimpan ikan tongkol tidak bisa sembarangan karena jika disimpan pada tempat yang salah ikan ini justru dapat membuat keracunan. Berikut tips cara menyimpan ikan tongkol di kulkas. 

  • Bersihkan ikan terlebih dahulu 

Tips pertama cara menyimpan ikan di kulkas yaitu bersihkan ikan terlebih dahulu terutama bagian dalam ikan seperti isi perut dan juga insang karena bagian inilah yang mempercepat proses pembusukan

  • Gunakan perasan jeruk nipis

Untuk menghilangkan bau amis pada ikan, anda dapat menggunakan perasan jeruk nipis

  • Simpan ikan pada wadah yang tertutup

Ikan sebaiknya disimpan pada wadah yang tertutup dan kedap udara karena hal ini bertujuan agar aroma ikan tidak tercampur dengan bahan makanan lain di dalam kulkas

  • Simpan dalam freezer

Tips terakhir cara menyimpan ikan di kulkas yaitu dengan cara menyimpan ikan di dalam freezer. Namun, sebelum disimpan di dalam freezer terlebih dahulu anda dapat memotong dan menyimpan ikan dibeberapa wadah yang berbeda. Tujuannya adalah agar lebih praktis dan lebih higienis ketika nantinya akan memasak ikan tersebut. Menyimpan ikan di dalam freezer juga membuat ikan tahan lebih lama bahkan sampai berbulan-bulan. 

Demikian tips cara menyimpan ikan di kulkas yang bisa anda praktekkan di rumah. Secara garis besar cara penyimpanan ikan di kulkas relatif sama, mulai dari dibersihkan terlebih dahulu, diberi perasan jeruk nipis, disimpan pada wadah kedap udara sampai disimpan pada lemari pendingin atau freezer. Namun terkadang meskipun sudah disimpan dengan baik masih tercium aroma bau amis ikan di dalam kulkas. Masih ingin tau tips cara menyimpan ikan agar tidak bau di dalam kulkas? Yuk, simak tipsnya.

Cara Menyimpan Ikan Agar Tidak Bau Di Kulkas

Cara menyimpan ikan agar tidak bau di kulkas sebagai berikut:

1. Bersihkan ikan terlebih dahulu

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bagian ikan yang wajib dibersihkan yaitu bagian dalam ikan seperti isi perut dan insang. Jika ikan yang anda beli masih memiliki sisik, jangan lupa juga untuk membersihkan sisiknya.

2. Taburkan garam dan gunakan perasan jeruk nipis

Jika ikan sudah selesai dibersihkan sisik, lendir, serta kotorannya jangan lupa berikan taburan garam dan juga perasan jeruk nipis sebelum disimpan. Hal ini bertujuan agar ikan yang dibeli tetap segar untuk beberapa waktu. Perasan jeruk nipis juga membantu mengurangi aroma amis pada ikan.

3. Simpan ikan pada wadah tertutup

Ikan mentah harus disimpan di dalam wadah yang tertutup rapat sebelum dimasukkan ke dalam freezer. Hal ini untuk menghindari bau amis ikan yang mudah menyebar. Jika anda hanya menyimpannya di dalam plastik, ada kemungkinan plastik dapat rusak ketika ikan mulai membeku sehingga bau ikan tetap menyebar yang menyebabkan kulkas menjadi bau.

4. Pisahkan tempatnya dalam freezer

Anda bisa membagi ruangan freezer menjadi dua bagian yaitu bagian makanan mentah dan makanan beku. Pastikan semua bahan makanan disimpan dalam wadah tertutup agar tidak saling mengeluarkan atau menyerap bau. 

Baca juga: 3 Varian Resep Gurame Asam Manis Sederhana untuk Dicoba

Itu dia 4 tips cara menyimpan ikan agar tidak bau di kulkas. Hal terpenting dan paling utama dalam cara menyimpan ikan di kulkas yaitu pemilihan ikan yang segar di awal karena ikan yang segar dan berkualitas sangat berpengaruh dalam proses memasak dan hasilnya. Untuk mendapatkan ikan yang segar setiap harinya sangat mudah yaitu dengan cara berbelanja pada aplikasi AlloFresh. Di aplikasi AlloFresh tidak hanya menjual ikan segar saja, ada juga sayuran, buah dan bahan-bahan kebutuhan pokok lainnya. Tunggu apalagi, buruan download aplikasi AlloFresh sekarang!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button