Resep

Mie Tarempa: Makanan Khas Riau yang Gurih dan Lezat

Mie tarempa merupakan salah satu jenis mie Indonesia yang cukup populer karena rasa gurihnya yang khas. Indonesia memiliki banyak sekali jenis olahan mie yang berasal dari tiap daerah. Masing-masing memiliki ciri khas tersendiri yang membuat rasanya lezat dan nikmat. Tidak terkecuali dengan mie tarempa. Ciri khas rasa mie yang gurih dan pedas membuat mie ini menjadi favorit banyak masyarakat. Meskipun tidak banyak masyarakat Indonesia yang mengenali mie tarempa, tapi jenis mie ini memang sangat nikmat untuk dicoba.

Sejarah Mie Tarempa

Mie tarempa adalah makanan khas yang berasal dari Kepulauan Riau. Makanan ini umumnya bisa kamu temukan di wilayah Tarempa, Kabupaten Aanambas yang ada di Kepulauan Riau. mie ini juga bisa ditemukan di area lain seperti di Batam maupun di Tanjung Pinang. Banyak kedai makanan dan Kopitiam di area tersebut yang menyajikan menu mie tarempa sebagai salah satu hidangan untuk pengunjung. 

Tampilan dari mie tarempa sedikit mirip dengan mie aceh. Keduanya memang sekilas cukup mirip. Apalagi asal daerah yang cukup berdekatan membuat keduanya sering terlihat mirip baik dari sisi rasa dan tampilan. Tentunya pembeda yang sangat jelas adalah rasa gurih ikan tongkol yang ada di dalam mie tarempa. Tidak hanya itu saja, rasa mie tarempa yang gurih dengan tambahan pedas manis membuat rasa mie lebih khas dan unik.

Suwiran ikan tongkol bisa kamu tambahkan bersama mie membuat keunikan penyajian mie tarempa dan rasa gurih ikan yang menggugah selera. Kecambah dan telur juga disajikan bersama mie yang membuat rasa gurih menyatu di lidah. Dengan menggunakan mie pipih berwarna kuning, tekstur mie menjadi lebih kuat dibandingkan dengan menggunakan mie lurus. Selain itu, penyajian mie yang memiliki sedikit kuah membuat mie menjadi lebih lembab dan tetap lembut di lidah. Tambahan acar hijau sebagai pelengkap mie menjadi penetral rasa yang tepat saat mengonsumsi mie tarempa yang pedas, gurih, asam dan manis nikmat ini.

Mengunjungi Kepulauan Riau tidak akan lengkap tanpa menikmati mie tarempa. Rasanya yang khas dan unik membuat siapapun yang mencobanya akan merasa ketagihan dan ingin mencoba lagi. Apalagi variasi mie dapat kamu sajikan dengan dua pilihan, kering atau basah. Jadi kamu bisa menyesuaikan dengan seleramu. Kedai makan mie tarempa juga memiliki berbagai variasi isian dari mie. Tidak hanya ikan tongkol saja, tapi sudah ada topping seafood dan juga daging sapi. Variasi tersebut menarik lebih banyak perhatian masyarakat yang ingin mencoba mie tarempa sesuai selera mereka.

Baca juga: Kerak Telor, Makanan Khas Jakarta Yang Mudah Dimasak

resep mie tarempa sederhana

Baca juga: Cara Membuat Bakso Sapi Yang Kenyal, Gurih, Dan Tanpa Pengawet

Resep Memasak Mie Tarempa di Rumah

Membuat mie tarempa sendiri di rumah tidak memerlukan proses yang sulit. Kamu hanya perlu membeli bahan yang diperlukan di supermarket terdekat dan mengolahnya menjadi mie dengan mudah. Proses memasaknya juga tidak memerlukan waktu lama. Kamu hanya perlu mengikuti langkah berikut ini untuk memasak:

Bahan yang diperlukan:

  • 150 gram mie telur pipih atau gepeng
  • 250 gram ikan tongkol hilangkan durinya
  • 2 butir telur. Kocok lepas
  • 1 genggam tauge
  • 1 batang daun bawang. Iris tipis
  • 1 tangkai seledri. Iris halus
  • 2 siung bawang putih. Cincang halus
  • 3 buah cabe merah
  • 2 buah cabe rawit
  • 2 sendok makan saus tomat
  • 2 sendok makan saus tiram
  • 1 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok makan kecap asin
  • 500 ml air 
  • Minyak goreng
  • Bawang goreng
sejarah mie tarempa

Langkah memasak:

  • Cuci bersih ikan tongkol kemudian kukus hingga ikan matang. Selanjutnya potong kasar ikan tongkol dengan chopper.
  • Rebus mie telur pipih sampai setengah matang terlebih dahulu kemudian tiriskan.
  • Haluskan cabe merah dan cabe rawit. Selanjutnya tumis dengan bawang putih hingga harum. Sisihkan di sisi wajan terlebih dahulu.
  • Masukkan telur yang sudah dikocok lalu orak arik telur hingga matang.
  • Masukkan tongkol ke dalam wajan kemudian masukkan mie yang sudah direbus. Aduk hingga merata.
  • Sedikit demi sedikit masukkan air kaldu rebusan mie sesuai selera.
  • Masukkan saus tiram, saus tomat, kecap manis dan kecap asin. Aduk hingga merata.
  • Masak hingga semua matang. Koreksi rasa dan jika kurang kamu bisa menambahkan garam.
  • Jika mie sudah matang, sajikan dengan topping bawang goreng dan seledri sesuai selera.

Proses memasak mie tidak memerlukan waktu yang lama. Kamu juga bisa memasak resep di atas tanpa menggunakan ikan tongkol dan menggunakan topping yang kamu sukai. Misalnya jika kamu lebih suka tuna sebagai pengganti ikan tongkol, kamu bisa menggunakan tuna untuk memasak mie. Langkah yang dilakukan sama seperti resep di atas. Pastikan tuna dicuci bersih terlebih dahulu dan dihilangkan durinya. Selanjutnya kamu hanya perlu mengikuti langkah yang tertulis di dalam resep di atas.

Begitu juga jika kamu ingin mengganti ikan tongkol dengan daging sapi. Tentu saja kamu bisa membeli daging sapi saikoro atau yakiniku beef yang ada di supermarket atau e-groceries pilihan. Kamu juga bisa memilih jenis daging yang kamu sukai untuk memasak mie. Langkahnya tetap sama dengan saat menggunakan ikan tongkol. Cuci bersih daging terlebih dahulu lalu masak sesuai dengan yang ada di resep.

Baca juga: Ini Dia Resep Soto Mie Bogor Segar Dan Nikmat Dijamin Ketagihan

Tentu saja ketika memasak dengan menggunakan daging kamu tidak akan bisa mendapatkan rasa gurih khas seperti saat memasak dengan menggunakan tongkol. Kedua bahan tersebut berbeda dan memberikan rasa yang berbeda juga untuk hasil masakan. Hal ini bisa disesuaikan dengan menggunakan bubuk ikan seperti tuna powder atau anchovy powder untuk menambahkan sedikit rasa gurih pada mie. Jika kamu tidak suka dengan rasa gurih ikan pada mie, maka kamu tidak perlu menambahkan tuna powder ataupun anchovy powder. Tetap saja gunakan daging yang telah diolah sesuai seleramu.

resep mie tarempa seafood

Selanjutnya untuk isian khas dari mie adalah tauge sebagai sayuran yang ada di dalam mie. Tentunya kamu bisa membuat variasi sayuran sendiri sesuai dengan seleramu. Misalnya dengan menambahkan sawi hijau sebagai salah satu isian sayuran. Tauge memang sudah cukup bergizi dengan kandungan protein dan serat. Begitu juga isian lain seperti ikan tongkol yang kaya akan magnesium dan juga sodium, tapi tidak ada salahnya menambahkan variasi sayuran lain untuk penyeimbang gizi lebih baik dan tentunya menyesuaikan dengan seleramu.

Misalnya untuk sawi hijau yang memiliki kandungan potasium cukup tinggi dan kaya akan vitamin C yang diperlukan tubuh. Variasi lainnya adalah menggunakan irisan wortel yang dipotong kecil-kecil. Kandungan di dalam wortel adalah vitamin A dan K yang tinggi serta kandungan potassium yang cukup tinggi juga. Jadi dengan memberikan variasi sayuran, kamu bisa mendapatkan gizi seimbang saat mengonsumsi mie tarempa yang memiliki rasa pedas, gurih, dan asam manis nikmat. Jangan lupa untuk menyiapkan bahan-bahan berkualitas sebelum memasak di AlloFresh yang lengkap memenuhi kebutuhan belanjamu. Langsung saja cek AlloFresh sekarang!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button