Inspirasi

10 Manfaat Penting Minyak Canola Untuk Kesehatanmu

Zaman sekarang, banyak hal yang dapat kamu konsumsi untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan. Mulai dari mengkonsumsi sayuran, buah-buahan, ataupun berbagai bahan-bahan dapur alami yang dapat didapatkan secara mudah di pasar-pasar tradisional.

Hal ini dilakukan oleh orang-orang pada umumnya untuk tetap merasa bugar dan sehat meskipun banyak penyakit yang dapat muncul karena satu alasan dan lain hal seperti kecapekan, kurang tidur dan faktor-faktor lainnya yang sering terjadi karena aktivitas kita sehari-hari.

Salah satu bahan dapur alami yang dapat digunakan adalah minyak canola. Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari menggunakan minyak canola. Namun, sebelum membahas berbagai manfaat penting dan berguna dari minyak ini untuk kesehatan, yuk simak lebih lanjut apa itu minyak canola di artikel AlloFresh kali ini!

Apa itu Minyak Canola?

Untuk kamu yang mungkin jarang melakukan aktivitas di dapur seperti memasak dan lainnya, kamu mungkin agak sedikit tidak familiar dengan minyak canola. Hal ini juga karena minyak ini kurang sering dipakai atau digunakan untuk memasak dibanding minyak-minyak lainnya, seperti minyak zaitun atau minyak kelapa.

Jadi untuk kamu yang masih belum familiar dengan minyak canola, atau dalam Bahasa Inggris berarti canola oil, merupakan minyak nabati (yang didapatkan dari tumbuhan) yang diolah dari biji tanaman kanola. Namun, perlu diketahui kalau tanaman kanola ini bukanlah tanaman yang tumbuh secara alami, namun merupakan memiliki asal-usul dari tanaman lobak yang diproses lebih lanjut.

Baca juga: 8 Cara Membuat Sale Pisang Sederhana, Enak, dan Renyah

kandungan minyak canola

Lalu, mengapa tanaman kanola yang dapat menghasilkan minyak ini disebut dapat menjadi alternatif minyak-minyak lainnya sangat ramai dibicarakan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatanmu?

Mari kita bahas kandungan yang ada di minyak canola untuk memahami manfaat-manfaatnya lebih lanjut.

Kandungan dalam Minyak Canola

Minyak canola memiliki banyak nutrisi dalam kandungannya. Satu sendoknya mengandung 123 kalori dan 15% vitamin E. Minyak ini juga mengandung 63% lemak tak jenuh tunggal dan 27% lemak tak jenuh ganda (omega-3 dan omega-6). Kelebihan lain dari minyak yang terbuat dari bahan alami ini yaitu kadar lemak jenuh yang rendah sekitar 6%. 

Setelah mengetahui beberapa kandungan yang ada di dalamnya, mari kita bahas apa saja manfaat-manfaat penting yang dapat diberikan oleh minyak nabati satu ini.

Manfaat-Manfaat Minyak Canola

1. Mengurangi Kolesterol Jahat

Salah satu manfaat terpenting dari minyak canola adalah minyak ini mampu mengurangi kadar kolesterol jahat (low density lipoprotein/LDL) dalam darah kita. Hal ini karena rendahnya kadar lemak jenuh yang terkandung di dalamnya.

Tidak hanya itu, kandungan lemak tak jenuh yang tinggi dalam mampu meningkatkan kadar kolesterol baik (high density lipoprotein/HDL) dalam darah kita juga.

2. Menyehatkan Jantung

Minyak canola juga bagus untuk menjaga kesehatan jantung kita. Pasalnya, kandungan omega-3 dan omega-6 di dalamnya mampu meningkatkan kadar kolesterol baik yang ada di dalam tubuh kita agar dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Menjaga Gula Darah Tetap Stabil

Kadar lemak tak jenuh bukan hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung kita lho. Hal tersebut juga mampu membantu mengontrol kadar gula darah kita. Dengan begitu, risiko penyakit gula darah, seperti diabetes, akan lebih kecil pula.

Di samping itu, jika dikonsumsi secara teratur, minyak ini juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin hingga 9%. Manfaat ini tentu sangat berguna bagi orang-orang yang memiliki kadar gula darah tinggi yang berisiko terpapar diabetes.

4. Mencegah Kerusakan Sel

Vitamin E yang terkandung di dalam minyak ini bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel-sel tubuh kita. Vitamin E sendiri mempunyai sifat antioksidan yang dapat mencegah rusaknya sel-sel tubuh kita yang disebabkan oleh radikal bebas.

5. Mengurangi Peradangan

Sebuah studi menemukan bahwa kandungan lemak tak jenuh dalam minyak ini bisa mengurangi risiko terjadinya peradangan. Oleh karena itu, risiko munculnya berbagai penyakit kronis juga akan menurun.

6. Menurunkan Risiko Sindrom Metabolik

Manfaat dari minyak nabati ini juga mampu membantu menurunkan tekanan darah dan massa lemak perut. Dengan begitu, risiko sindrom metabolik pun juga akan lebih kecil.

Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu harus menggunakan minyak ini dengan benar. Kalau tidak, kandungan nutrisi yang terkandung pun juga berkurang. Untuk itu, kamu bisa mengakalinya agar saat memasak dengan minyak canola tidak melebihi titik asapnya, yaitu pada suhu 200 derajat Celcius. 

Baca juga: Kenali Isi Sembako Lengkap Yang Harus Ada Di Rumah Beserta Harganya Saat Ini

Nah, tips buatmu nih, kamu bisa pakai minyak canola ketika menumis atau bisa juga ditaburkan langsung sebagai saus untuk salad. Kalau bisa, hindari penggunaannya  dengan metode deep frying, karena menggoreng dengan metode tersebut dapat meningkatkan kadar lemak. 

Beragam nutrisi dan manfaat dari minyak ini dapat menjadi pertimbangan pemilihan minyak ini untuk mengolah makanan keluarga yang lebih sehat.

manfaat minyak canola

7. Mencegah Jerawat dan Menunda Penuaan

Siapa nih yang sangat memperhatikan kesehatan wajah? Mengkonsumsi minyak ini juga berfungsi dalam pencegahan jerawat dan penuaan dini karena kandungan vitamin E yang ada di dalamnya.

Minyak canola yang kaya akan vitamin ini, sehingga berpotensi dapat mengobati kondisi dermatologis tersebut. Khasiat vitamin E mampu menetralisir radikal bebas yang menyebabkan kerusakan kulit. Selain itu, manfaat lain untuk kesehatan wajah, antara lain dapat membantu menghilangkan bintik-bintik, dark circles, dan noda-noda lain pada wajah.

8. Mencegah Rambut Rontok

Apakah kamu mengalami rambut rontok yang berlebihan? Nah, minyak canola bisa menyelamatkan kamu dari kerontokan. Kandungan yang terdapat dalam minyak ini juga mampu pertumbuhan rambut dan memberikan kelembaban pada rambut. Manfaat ini tentu dapat membantu kamu yang memiliki masalah rambut, seperti rambut yang kering dan rusak, atau ujung rambut yang bercabang.

Untuk dapat merasakan manfaatnya, kamu bisa mencampur minyak canola dengan bahan alami lain, seperti minyak lavender, minyak almond, dan olive oil. Lalu, pijat kulit kepala dengan campuran tersebut kurang lebih sekitar 20 menit. Setelah itu, tinggal bilas rambutmu dengan shampoo deh!

9. Mengatasi Ketombe

Untuk kesehatan rambut lainnya, minyak canola juga mampu membantu untuk membasmi ketombe sekaligus dapat membuat rambut lebih kuat dan tebal. Caranya, kamu hanya perlu mencampurnya dengan minyak pohon teh dan panaskan campuran ini. Lalu, oleskan secara teratur pada kulit kepala selama 3-4 minggu sekali.

Jika tidak melihat perubahan positif, tambahkan minyak ini dengan jumlah yang sama dengan minyak almond atau olive oil. Untuk menambah aroma, kamu bisa menambahkan minyak lavender atau minyak alami wewangian lain ya.

10. Mengurangi Ujung Rambut Bercabang

Karena adanya senyawa yang disebut sterol, minyak nabati ini dapat merawat rambut rusak dan mengurangi ujung rambut bercabang. Vitamin K yang ada dalam minyak nabati ini juga membantu kamu menghilangkan rambut kering dan rapuh secara efektif.

Caranya, kamu perlu memijat kepala dengan minyak dan menutupinya dengan handuk setidaknya selama 10-15 menit. Selanjutnya, lepaskan handuk tersebut dan jangan membilasnya. Cuci rambut dengan shampoo pada keesokan harinya.

manfaat canola oil untuk rambut

Begitulah beberapa manfaat yang dapat kamu peroleh dari minyak canola! Tidak hanya untuk memasak, namun minyak ini dapat kamu manfaatkan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit dan rambutmu juga. Menarik bukan?

Nah, kamu juga bisa mendapatkan produk minyak canola di aplikasi AlloFresh! Di aplikasi ini, kamu dapat menemukan produk-produk dan bahan makanan yang lengkap hanya dalam satu aplikasi saja. Yuk, download dan pakai AlloFresh sekarang!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button