Inspirasi

Konsumsi Lebih Sehat? Minyak Sayur Adalah Jawabannya!

Minyak sayur adalah nama yang tentu sudah sering didengar oleh orang pada umumnya. Seperti yang sudah diketahui, minyak adalah salah satu komponen penting di dapur yang digunakan sebagai bahan pelengkap dalam memasak. Memasak dengan minyak sayur adalah salah satu kegiatan yang memang sudah jadi kebiasaan sehari-hari banyak orang.

Ya, selain minyak goreng, minyak sayur adalah alternatif yang bisa digunakan untuk menggoreng masakan. Selain untuk meningkatkan tekstur dan rasa kenikmatan dalam makanan, minytak sayur juga baik untuk kesehatan tubuh. Ya, banyak yang mengklaim bahwa minyak sayur adalah bahan masakan yang lebih sehat dibandingkan minyak goreng.

Nah, bagi kamu yang ingin coba memasak dengan menggunakan minyak sayur, simak dulu pembahasan berikut ini untuk mengenalnya lebih jauh. Mulai dari perbedaannya dengan minyak goreng, rekomendasi jenis seperti apa yang baik untuk memasak, hingga manfaatnya.

Apa Itu Minyak Sayur?

Minyak sayur adalah minyak yang terbuat dari ekstrak biji-bijian dan berbagai bagian tertentu tumbuhan, seperti daun dan buahnya. Minyak nabati ini merupakan hasil ekstraksi menggunakan metode industri serta proses pelarut untuk membuat minyak.

Karena terbuat dari bagian tumbuhan, nutrisi dan manfaat yang dimilikinya pun berbeda-beda tergantung dari jenis tumbuhan yang digunakan sebagai bahan bakunya. Karena itu, nggak heran kalau jenis minyak sayur yang dijual di pasaran ada banyak.

Berbeda dengan minyak goreng, minyak sayur bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, bukan hanya untuk menggoreng saja. Mungkin kamu belum tahu, ternyata selain untuk menggoreng dan menumis masakan, minyak ini bisa digunakan sebagai bahan campuran dressing salad, saus, bahkan hingga campuran sabun atau pelembab untuk kecantikan kulit.

manfaat minyak sayur

Perbedaan Minyak Goreng dan Minyak Sayur

1. Asal Minyak

Minyak goreng pada dasarnya adalah lemak nabati, hewani, atau sintetis untuk memasak, menggoreng, menumis, dan memanggang. Biasanya, orang-orang memakai minyak goreng untuk membuat makanan karena memiliki rasa dan aroma yang berbeda.

Sedangkan, minyak sayur berasal dari ekstrak dari biji-bijian dan bagian tumbuhan dengan menggunakan metode industri dan proses pelarut untuk mengekstrak minyak.

2. Tampilan

Dari segi tampilan, keduanya memiliki tampilan yang berbeda-beda yang bergantung dari sumber bahannya.

Misalnya, minyak goreng sawit biasanya memiliki warna kuning keemasan hingga kuning kemerahan. Sedangkan, minyak zaitun biasanya memiliki warna sedikit hijau keruh dengan tekstur yang slimy. Beda lagi halnya dengan minyak kelapa yang biasanya berwarna kuning keruh atau bening.

3. Tekstur

Bukan cuma dari warna, perbedaan lainnya adalah kamu lihat dari teksturnya. Beberapa jenis minyak goreng, seperti minyak kelapa sawit, minyak kelapa, minyak jagung, dan minyak canola, memiliki tekstur yang ringan dan cair. Beda halnya dengan minyak sayur berjenis minyak zaitun yang memiliki konsistensi lebih pekat.

perbedaan minyak sayur dan minyak goreng

4. Rasa

Sebagian orang ada yang menggunakan minyak sayur sebagai pelengkap atau penambah rasa ke dalam masakan. Sedangkan minyak goreng hanya bisa kamu gunakan untuk memasak hidangan mentah dan nggak bisa untuk menambah rasa dan penyedap masakan.

Baca juga: Ini Dia Perbedaan Margarin Dan Mentega

5. Kegunaan

Selain untuk memasak, minyak sayur juga memiliki kegunaan lainnya. Misalnya, untuk dimanfaatkan sebagai minyak untuk memijat tubuh, kepala, dan wajah. Sedangkan minyak goreng tidak bisa menjadi minyak pijat. Minyak goreng hanya bisa untuk memasak berbagai macam hidangan.

6. Harga

Harga keduanya sebenarnya kurang lebih sama. Misalnya, minyak goreng atau sayur yang terbuat dari kelapa sawit punya harga yang paling terjangkau. Nah, tapi akan berbeda lagi untuk jenis minyak lainnya, misalnya minyak jagung atau minyak canola, harganya biasanya lebih mahal.

Olahan lainnya, seperti minyak biji anggur, minyak alpukat, dan minyak wortel juga memiliki harga yang lumayan mahal.

Baca juga: 10 Manfaat Penting Minyak Canola Untuk Kesehatanmu

Rekomendasi Minyak Sayur untuk Memasak dan Manfaatnya

Nah, berikut ini ada beberapa rekomendasi minyak sayur serta manfaatnya untuk membantu kamu dalam menentukan pilihan saat belanja nanti.

rekomendasi minyak sayur

1. Minyak Zaitun

Rekomendasi pertama adalah minyak zaitun. Minyak zaitun atau olive oil adalah minyak yang berasal dari hasil ekstraksi buah zaitun. Banyak yang menggunakan minyak zaitun untuk membuat pasta atau lasagna ini memiliki jenis extra virgin olive oil.

Minyak zaitun memiliki lima hingga 10 kali lemak sehat yang tubuh butuhkan. Minyak ini bermanfaat untuk mencegah gangguan hati, peradangan usus, penyakit kardiovaskular, radang pankreas akut, hingga menekan risiko kanker payudara.

2. Minyak Kelapa Sawit

Rekomendasi kedua adalah minyak kelapa sawit. Minyak kelapa sawit atau palm oil adalah minyak yang olahan dari buah sawit.

Kandungan minyak kelapa sawit memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti kandungan asam oleat dan linoleatnya yang tergolong asam lemak tidak jenuh, serta vitamin A dan E sebagai antioksidan. Kandungan tocotrienol di dalam vitamin E-nya juga berfungsi untuk mencegah kerja dari enzim pembentukan kolesterol.

3. Minyak Kelapa

Rekomendasi ketiga adalah minyak kelapa. Minyak kelapa atau coconut oil adalah jenis minyak sayur yang memiliki aroma khas yang biasanya sering jadi bahan untuk membuat kue. Coconut oil juga memiliki jenis murni yang yakni virgin coconut oil, mirip seperti olive oil.

Minyak ini memiliki kandungan antioksidan yang bisa mencegah pembentukan plak di dinding pembuluh darah.

Baca juga: Kenali Isi Sembako Lengkap Yang Harus Ada Di Rumah Beserta Harganya Saat Ini

4. Minyak Wijen

Rekomendasi keempat adalah minyak wijen. Minyak wijen atau yang dikenal sebagai sesame oil ini memiliki manfaat untuk kesehatan juga. Misalnya, untuk mencegah penyakit jantung, menurunkan tekanan darah, mempercepat penyembuhan luka, melindungi kulit dari paparan sinar UV, dan mencegah kerontokan rambut.

5. Minyak Biji Bunga Matahari

Rekomendasi kelima adalah minyak biji bunga matahari. Minyak yang satu ini banyak yang mengklaim memiliki manfaat kesehatan juga. Kandungan lemak jenuh sangat kecil, yaitu sekitar 1 persen, karena itu minyak ini bisa bermanfaat untuk merawat kesehatan jantung.

6. Minyak Kacang Kedelai

Rekomendasi keenam adalah minyak kacang kedelai. Jenis yang satu ini bisa kamu gunakan untuk memasak dalam suhu yang tinggi. Minnyak ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan, yaitu untuk merawat kesehatan kulit dan untuk mencegah penyakit jantung.

Nah, setelah lebih mengenal minyak sayur, sekarang kamu pasti jadi lebih percaya diri untuk menentukan mana yang ingin kamu beli, bukan? Supaya belanjamu jadi lebih praktis, kamu juga bisa beli produk minyak sayur dengan kualitas terbaik pakai aplikasi Allofresh, lho. Berbagai jenis yang bisa kamu pilih dan beli dalam satu klik, dan pesanan pun akan dikirimkan ke rumahmu!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button