Tips

Lebih Awet Dan Tahan Lama! Begini Cara Membersihkan Kompor Gas Yang Benar

Cara membersihkan kompor gas dari noda yang membandel bermacam macam. Bisa menggunakan cuka, soda kue, produk pembersih yang mengandung lemon, dan kombinasi cuka makan dengan soda kue. Pada saat memasak, disadari atau tidak biasanya ada cipratan minyak atau kuah yang menempel di bagian kompor gas. Jika noda tersebut dibiarkan menempel di kompor gas, maka akan memicu perkembangbiakan jamur dan juga bakteri di kompor gas. Hal ini menyebabkan kompor gas mudah berkarat dan bau. Noda atau kotoran yang menempel di sela-sela kompor gas seringkali sulit untuk dibersihkan. Hal ini yang biasanya membuat malas untuk membersihkan kompor gas. Tapi jangan khawatir, berikut tips cara membersihkan kompor gas yang bisa dicoba di rumah.

Cara Membersihkan Tungku Kompor Gas

Cara Membersihkan Tungku Kompor Gas

Cara membersihkan tungku kompor gas bermacam-macam. Salah satunya dengan cara disikat bersama baking soda dan juga cuka atau bisa juga direndam dengan air biasa agar kerak melunak. Cara lain yang lebih efektif membersihkan tungku kompor yaitu dengan merendam tungku kompor menggunakan air panas ditambah dengan bahan lain seperti sabun cuci piring dan baking soda. Untuk proses membersihkannya sebagai berikut:

  1. Letakkan tungku kompor di dalam ember besar 
  2. Siram menggunakan air panas sampai tungku kompor terendam
  3. Tuang sabun cuci piring secukupnya
  4. Taburi dengan baking soda
  5. Aduk-aduk cairan tersebut hingga menimbulkan buih
  6. Rendam tungku kompor kurang lebih selama lima jam
  7. Gosok-gosok tungku kompor menggunakan sikat kawat kasar setelah lima jam
  8. Bersihkan sisa kotoran yang berminyak menggunakan pisau lipat atau silet
  9. Jika semua kotoran sudah terangkat, siram tungku kompor pada air mengalir
  10. Terakhir, lap atau keringkan tungku kompor menggunakan kain atau tisu

Selain cara di atas, ada cara lain untuk membersihkan tungku kompor gas tanpa harus direndam menggunakan air yaitu dengan menggunakan krim khusus. Krim atau pasta khusus ini terdiri dari campuran tiga bagian soda kue dengan satu bagian air. Cara ini ditempuh karena jika membersihkan tungku kompor gas menggunakan air sabun bisa menyebabkan tungku basah dan lembab sehingga akan mempengaruhi kualitas api dan nyala api tidak bisa maksimal. Pasta khusus tersebut digunakan dengan cara dioleskan pada tungku kompor kemudian didiamkan beberapa saat lalu digosok dengan halus menggunakan spon atau sikat gigi untuk membersihkan kerak pada kompor. Itu dia cara membersihkan tungku kompor gas, mudah bukan? Selanjutkan kita akan bahas mengenai cara membersihkan kompor gas agar apinya biru. Yuk, simak lagi tipsnya.

Baca juga: Cara Menyimpan Ikan Di Kulkas yang Aman Dan Tidak Berbau

Cara Membersihkan Kompor Gas Agar Apinya Biru

Cara Membersihkan Kompor Gas Agar Apinya Biru

Cara membersihkan kompor gas agar apinya biru cukup mudah. Namun, sebelum itu yuk kita cari tahu dulu kenapa sih warna api pada kompor gas bisa berubah? Pada dasarnya api ideal untuk memasak adalah api biru. Lalu bagaimana dengan api merah? Api merah memiliki suhu yang rendah sehingga pembakarannya kurang sempurna dan cenderung membuat bagian bawah panci atau wajan menjadi mudah gosong dan berwarna hitam. Penyebab api pada kompor gas yang tadinya biru menjadi merah kemungkinan karena:

1. Burner kotor

membersihkan kompor gas

Burner merupakan bagian dari kompor gas yang berfungsi mempertemukan gas dan oksigen sehingga menghasilkan nyala api. Sedangkan bentuk bulat burner sendiri secara khusus mampu menentukan tingkat efisiensi dari kompor gas sehingga rancangan atau pola desainnya memang dibuat tidak sembarangan

2. Gas habis

Penyebab kedua api pada kompor gas berwarna merah yaitu karena kemungkinan gas sudah hampir habis. Untuk lebih memastikan, anda bisa coba mengecek tanda di regulator apakah sudah berada di bagian yang berwarna merah atau belum

Itu dia dua kemungkinan penyebab api kompor gas berwarna merah. Lalu bagaimana caranya agar nyala api kembali biru? Cara membersihkan kompor gas agar apinya biru yaitu dengan membersihkan burnernya. Cara membersihkan burner yaitu mencucinya sampai bersih. Berikut cara mencuci burner pada kompor gas yang benar.

Alat dan bahan:

  1. Cairan pembersih keramik
  2. Sabun cuci piring
  3. Mangkuk
  4. Serabut 
  5. Air bersih

Langkah-langkah:

  1. Lepaskan burner dari dudukannya di kompor gas
  2. Masukkan burner ke dalam mangkuk kemudian tuangkan cairan pembersih keramik sebanyak 3-5 tutup ke dalam mangkuk tersebut. Tambahkan air secukupnya supaya burner terendam sepenuhnya. Rendam burner kurang lebih selama 1-2 jam
  3. Setelah waktu perendaman selesai, keluarkan burner dari dalam mangkuk kemudian sikat bagian permukaan burner menggunakan serabut stainless. Gosok permukaan burner hingga merata sampai tidak ada lagi kotoran yang menempel
  4. Bilas burner dengan air sampai bersih kemudian rendam sekali lagi menggunakan rendaman air dan sabun cuci piring kurang lebih selama 20-30 menit lalu bilas kembali menggunakan air bersih
  5. Keringkan burner dengan cara menjemur burner di bawah sinar matahari secara langsung. Jemur hingga burner benar-benar kering pada kedua sisinya. Jika sudah kering, pasang kembali burner pada kompor gas  

Setelah ini kita akan membahas mengenai cara membersihkan kompor gas dengan cuka dan sunlight. Yuk, langsung simak tipsnya.

Baca juga: 3 Cara Merebus Telur Setengah Matang, Modal Alat Seadanya!

Cara Membersihkan Kompor Gas Dengan Sunlight Dan Cuka

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk membersihkan kompor gas. Salah satu cara mudah membersihkan kompor dengan bahan yang ada di rumah yaitu dengan menggunakan cuka dan juga sunlight. Cuka sangat efektif untuk membersihkan noda jenis apapun yang sering menempel di permukaan kompor atau di sela tungku yang susah dibersihkan. Caranya cukup mudah, cukup siapkan air 1 liter kemudian beri beberapa tetes cuka ke dalamnya kemudian masukkan ke dalam botol spray lalu kocok hingga tercampur merata. Jika sudah, semprotkan cairan tadi ke bagian kompor yang memiliki noda yang sulit hilang. Tunggu 15-30 menit, setelah 15-30 menit berlalu kemudian sikat bagian yang kotor tadi. Jangan lupa gunakan sarung tangan agar cuka tidak mengenai kulit karena cuka bisa menyebabkan luka bakar kimia.

Selain cuka, cara kedua yaitu menggunakan sunlight. Pertama-tama lepas ring kompor gas terlebih dahulu kemudian rendam ring menggunakan air panas yang dicampur sunlight. Diamkan kurang lebih selama 2 sampai 4 jam kemudian gosok hingga noda menghilang setelah itu bilas menggunakan air bersih. 

Nah, itu dia tiga tips cara membersihkan kompor gas yang benar agar lebih awet dan tahan lama. Hampir semua bahan yang dibutuhkan untuk membersihkan kompor ada di rumah. Jadi, jangan malas ya untuk sering-sering membersihkan kompor gas sendiri karena kalau terlalu lama dibiarkan kotor, kotoran atau noda yang ada pada kompor gas akan lebih sulit untuk dihilangkan. Jika persediaan bahan untuk membersihkan kompor gas di rumah habis, tidak perlu khawatir karena sekarang ada aplikasi AlloFresh dimana Anda dapat berbelanja barang-barang kebutuhan rumah tanpa harus ke luar rumah. Caranya mudah, download aplikasi AlloFresh, pilih barang yang ingin dibeli, lakukan transfer pembayaran, kemudian tunggu barangnya sampai. Simple bukan. Tunggu apalagi, buruan download aplikasi AlloFresh sekarang!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button